Fungsi Dan Cara Mengaktifkan Google Smart Lock Di Android

Konten [Tampil]

Google Smart Lock bisa juga disebut dengan Android Smart Lock, adalah serangkaian fitur yang diberikan oleh google untuk pengguna ponsel cerdas yakni Android 5.0 Lolipop. 

Google Smart Lock
Google Smart Lock


Dimana fungsi dari Google Smart Lock yaitu mengunci ponsel setelah tidak digunakan dan mengatur ponsel tidak terkunci dengan aman untuk waktu yang lama. Dan untuk fitur tersebut terdapat di beberapa perangkat Android, Chromebook dan dibrowser Chrome.


Fungsi Google Smart Lock

Dari banyaknya fungsi dari Google Smart Lock diantaranya dapat mempermudah saat Anda menggunakan Ponsel Andoid mu, nah dari fungsi yang ada Anda juga bisa mengaturnya. Berikut ini beberapa fungsi Google Smart Lock yamg bisa anda pelajari.

  1. Deteksi Tubuh : Apabila ponsel Anda sedang berada di saku atau ditangan ponsel tidak akan terkunci, dan bila ponsel diletakan akan otomatis terkunci. Jadi anda tidak perlu khawatir saat ada orang menggunakan ponsel Anda secara diam - diam.
  2. Tempat Terpercaya : Fitur yang satu ini memerlukan pengaktifan GPS dan tentunya akan menguras baterai, namun dengan mengaktifkan fitur Tempat percaya Anda tidak perlu membuka atau mengaktifkan kunci secara manual, sebab jika fitur ini sudah aktif akan otomatis melakukan hal tersebut apabila sudah dilakukan penanda lokasi contohnya dirumah, kantor, dan lain - lain.
  3. Wajah Terpercaya : mungkin saja Anda pernah mendengar fitur Face Unlock bukan ? Nah untuk sekarang fitur tersebut bernama Wajah terpercaya untuk membuka kunci.
  4. Suara Terpercaya : Bila suka mengaktifkan fitur perintah suara Anda bisa mengaktifkan Suara Terpercaya setelah Anda melakukan pengaturan pada ponsel pintarmu. Namun fitur ini tidak sepenuhnya aman sebab seseorang yang memeliki suara yang mirip dapat membuka kunci, jadi berhati-hatilah saat mengaktifkan fitur ini.
  5. Perangkat terpercaya : Perangkat terpercaya merupakan perangkat yang memeliki fitur Bluetooth, yang biasanya terdapat pada Aksesoris sepert Speaker Bluetooth, Jam Tangan Bluetooth, Stereo Mobil dan lainnya. Jika Anda menghubungkan Bluetooth ke aksesoris tersebut maka akan muncul notifikasi sandingkan maka ponsel otomatis akan tidak terkunci.
  6. Kunci Cerdas Chromebook : Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan lanjutan dan jika sudah diaktifkan maka Anda dapat membuka kunci dengan satu ketukan.
  7. Menyimpan Kata Sandi Dengan Smart Lock : Pada fitur ini anda bisa mengatifkannya melalui pengaturan Google. Pada fitur ini Anda akan dimudahkan pada saat Log In pada platform dan Aplikasi tertentu yang memerlukan kata sandi, kemudian jika ada kata sandi tersimpan Anda tidak perlu memasukannya lagi sebab akan otomatis masuk jika ada kata samdi yang disimpan. Dan untuk keeaman Anda juga bisa memblokir Google agar tidak menyimpan kata sandi pada Aplikasi Perbankan atau Aplikasi yang berisi Data yang sensitif.

Cara Mengatur Google Smart Lock Di Android

  • Buka Pengaturan > Layar Kunci Dan Keamanan atau Keamanan dan Privacy > Agen Terpercaya dan pastikan fitur Smart Lock diaktifkan.
  • Kemudian ketuk Smart Lock dan Masukan Kata Sandi, Pola atau Sidik Jari.
  • Lalu Anda juga bisa menambahkan Deteksi Tubuh, Tempat Terpercaya, Perangkat Terpercaya dan Voice Macth.
  • Terakhir setelah Anda menyiapkan Smart Lock, Anda akan melihat lingkaran yang berkedip dibawah layar kunci.

Cara Mengatur Google Smart Lock Chromebook

  • Pertama untuk bisa mengatifkan Google smart lock di Chromebook yang menjalankan ChromeOS  71 atau lebih tinggi dan didekat Android Lolipop atau diatasnya.
  • Kemudian perangkat harus terhubung ke jaringan internet dan mengaktifkan Bluetooth serta masuk ke Akun Google yang sama.
  • Ketiga pada Chromebook masuk ke Pengaturan > Perangkat Terhubung > Siapkan.
  • Keempat pada saat terdapat dialog Sambungkan Ke Ponsel, dibawah Pilih Perangkat yang sudah Anda siapkan tadi.
  • Kelima pilih Terima dan Lanjutkan
  • Keenam masukan kata sandi dan selesai.
  • Ketujuh pilih Selesai untuk menyelesaikan penambahan perangkat.
  • Terakhir pilih Perangkat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat yang terhubung dengan Smart Lock.

Cara Mengatur Google Smart Lock Di Chrome

  • Pertama jika Anda membuka situs atau Aplikasi yang kompatibel maka akan muncul pertayaan akan muncul pertanyaan Apakah Anda ingin menyimpan kata sandi ?
  • Kedua jika tidak ada pertanyaan tadi anda bisa masuk ke Pengaturan Chrome yang terdapat pada pojok kanan atas pada titik tiga.
  • Ketiga pada tab pengaturan Anda akan melihat kotak Isi Otomatis dan pilih Kata Sandi didalamnya.
  • Keempat disini Anda dapat mengontrol apa saja yang dilakukan Chrome dengan kata sandi Anda. Pertama aktifkan dahulu Tawarakan Untuk Menyimpan Kata Sandi dan jika belum lakukan hal yang sama dengan Masuk Otomatis.
  • Kelima Anda bisa mengelola Sandi Anda dengan membuka password.google.com.

Nah begitulah cara untuk mengatur Google Smart Lock dan untuk cara menghapus fitur Google Smart Lock bisa dibaca disini.

0 Response to "Fungsi Dan Cara Mengaktifkan Google Smart Lock Di Android"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel