Cara Mudah Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN

Konten [Tampil]
Cara Mudah Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN - Sehubungan dengan adanya wabah Virus Corona atau bisa disebut juga Covid-19, Pemerintah Indonesia memberikan keringanan pembayaran tarif listrik untuk 3 bulan yaitu bulan April, Mei dan Juni 2020 yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir maret lalu.

Dan untuk pemberian keringan tarif listrik ini Pemerintah telah menyiapkan Anggaran Dana Rp3,5 Triliun. Selain itu, Pemerintah juga memberikan tarif listrik gratis selama tiga bulan kepada 24 juta pelanggan PLN yang menggunakan daya listrik 450 VA, sedangkan untuk pengguna daya listrik 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50% selama 3 bulan.

Namun berdasarkan informasi yang sudah disampaikan Dirjen Ketenagalistrikan kementrian ESDM Rida Mulyana, bawasannya mekanisme penggratisan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA kategori Pascabayar dan Prabayar berbeda.

Kategori Penggratisan Tarif Listrik 450 VA

  1. Untuk pengguna listrik 450 VA Pascabayar atau Reguler (pakai dulu baru bayar) akan digratiskan atau tidak perlu bayar apapun selama tiga bulan.
  2. Sedangkan untuk pengguna listrik 450 VA Prabayar (token/pulsa) akan dibebaskan biaya tarif listrik selama tiga bulan dengan mendapatkan token gratis. Dam untuk besaran token gratis dari PLN dihitung sesuai dengan pemakaian tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Selain penggratisan tarif listrik untuk 24 juta pelanggan 450 VA kategori Pascabayar dan Prabayar, Pemerintah juga akan memberikan diskon sebesar 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA. 

Kategori Diskon 50 Persen Tarif Listrik 900 VA

Kemudian untuk mekanisme pemberian tarif diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan PLN pengguna daya listrik 900 VA bersubsidi akan dibedakan untuk pelanggan Pascabayar (Reguler) dan Prabayar. Pemberian tarif diskon mekanismenya mirip dengan yang diberlakukan untuk pelanggam 450 VA, lalu bagaimana penerapan tarif diskon 50 persen pengguna 900 VA? Simak penjelasan berikut ini :
  1. Untuk Pelanggan 900 VA Reguler (Pascabayar) akan mendapatkan diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan biaya beban perbulan.
  2. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA Prabayar bisa memperoleh token listrik gratis sebesar 50 persen, dari pemakaian tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Namum penerapan diskon 50 persen tarif listrik hanya diberikan untuk pelanggan yang bukan termasuk Golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) jadi tidak semua pelanggan PLN yang menggunakan daya 900 VA dapat menikmati tarif diskon 50 persen dari PLN. Lalu bagaimana cara mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen?

Sebelum kepembahasan mengenai cara mendapatkan kode token listrik gratis dan diskon 50 persen, berikut ini penjelasan detail penerapan tarif gratis untuk pelanggan pascabayar. Jadi untuk pelanggan pascabayar untuk daya 450 VA akan secara otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik dan 900 VA akan diberikan diskon 50 persen untuk bulan April, Mei dan Juni.

Cara Mendapatkan Token Gratis dan Diskon

Untuk memperoleh token gratis pengguna daya 450 VA dengan mengirim ID pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau bisa juga mengakses melalui website Resmi PLN di www.pln.co.id. Dan untuk pengguna daya 900 VA untuk mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen selama tiga bulan kedepan bisa melalui no WA dan situs PLN.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi untuk mendapatkan token gratis dan diskon tarif biaya listrik 50 persen, pelanggan dapat mengikuti kedua cara tadi. Untuk langkah - langkahnya bisa langsung disimak tips mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen, sebagai berikut :

Tahapan Mendapatkan Token Gratis melalui WA

  • Pertama buka Aplikasi Whatshapp.
  • Kemudian chat ke nomor 08122-123-123.
  • Ikuti langkahnya salah satunya dengan memasukan nomor ID pelanggan.
  • Selanjutnya token gratis akan muncul.
  • Terakhir memasukan token gratis yang muncul ke meteran sesuai dengan nomor ID Pelanggan.

Tahapan Mendapatkan Token Gratis melalui situs PLN

  1. Buka website www.pln.co.id melalui chrome/ broswer denga ponsel atau laptop Anda.
  2. Kemudian masuk ke Menu Pelanggan dan pilih stimulus Covid-19.
  3. Selanjutnya masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran, maka secara otomatis token gratis akan ditampilkan.
  4. Terakhir masukkan token gratis yang sudah didapatkan tadi ke meteran sesuai ID Pelanggan yang di masukkan tadi.

Nah demikian penjelasan mengenai tarif gratis tagihan listrik dan penerapan diskon 50 persen biaya penggunaan listrik pln. Begitulah Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN, mudah bukan? Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel