Cara Mengatasi Sepeda Motor Kompresi Hilang

Konten [Tampil]
Untuk pengguna sepeda motor baik yang lama dan yang baru, pastinya akan dibuat bingung ketika Kompresi hilang secara tiba - tiba. Masalah yang timbulkan ketika kompresi di kendaraan menghilang, yang paling umum sering terjadi yaitu kendaraan baik motor maupun mobil tidak akan menyala, dan untuk sepeda motor bila dinyalakan dengan di engkol atau kick stater akan terasa enteng.
Namun pada kasus ini, bpflash akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara mengatasi kompresi mesin sepeda motor yang hilang? Kebetulan admin baru saja motor admin mengalami los kompresi atau kompresinnya hilang. Lalu gimana cara mengatasi kompresi yang hilang?

Baiklah, sebelum mengetahui cara mengatasi kompresi hilang pada sepeda motor, sebaiknya kita bahas dahulu ciri - ciri, penyebab dan cara memperbaiki sepeda motor yang hilang kompresi. Maka dari itu, simak baik - baik penjelasan berikut ini mengenai masalah kompresi yang hilang.

Ciri - ciri Kompresi Hilang di Sepeda Motor

  1. Mesin tidak bisa menyala padahal pada komponen sepeda motor normal seperti Karburasi, Pengapian dan lainnya.
  2. Pada saat dinyalakan dengan engkol atau kick stater akan terasa ringan, hal ini disebabkan oleh tidak ada proses kompresi didalam mesin.

Penyebab Kompresi Hilang pada Mesin Bermotor

Klep Mesin

Klep Mesin atau katup adalah komponen penting di dalam mesin, dikarenakan klep yang berada di dalam silinder kop bekerja bersamaan dengan komponen lainnya, seperti piston. Dan kerja dari klep ini sendiri bekerja dengan akurat dan ontime, tidak boleh salah dan lelet.

Oleh sebab itu, kinerja dari klep dituntut selalu baik, jika tidak bekerja dengan baik maka bisa mengakibatkan hilangnya kompresi di sepeda motor. Pada umumnya pada kendaraan sepeda motor teedapat dua buah klep, yaitu in (masuk) dan out (keluar), dan sistem kerja dari klep ini bekerja secara bergantian antara in dan out, sebab jika bersamaan akan terjadi tabrakan dan hal ini menyebabkan klep menjadi bengkok dan bisa mengakibatkan hilang kompresi mesin.

Kemudian untuk proses kerja dari klep yaitu ketika piston bergerak kebawah maka klep in akan membuka, kemudian piston bergerak keatas dan pada proses ini kedua katup akan tertutup. Nah apabila piston sudah berada di Top atau TMA (Titik Mati Atas), akan terjadi kompresi mesin, setelah itu busi akan memercikan api untuk proses pembakaran dan mendorong piston ke bawah hingga TMB (Titik Mati Bawah).

Setelah itu piston akan bergerak kembali ke atas dan klep out, kemudian sisa - sisa pembakaran akan terbuang melalui klep out diteruskan ke kenalpot. Dan proses ini akan terjadi berulang - ulang, hingga menciptakan putaran mesin dan menghasilkan tenaga.

Jika klep tidak bekerja dengan baik atau terganjal dan kondisinya sudah waktunya diganti, hal ini bisa menyebabkan turunnya daya kompresi dan bila dibiarkan bisa mengakibatkan hilang kompresi. 

Untuk mengatasi hilang kompresi yang disebabkan oleh klep, yaitu dengan membongkar silinder kop dan priksa apakah ada kotoran yang menggajal pada lubang klep atau klep sudah rusak. Jika sudah rusak sebaiknya ganti dengan yang baru. Pada saat pemasangan klep sebaiknya diperhatikan dengan baik, jangan sampai terbalik.

Packing Mesin

Packing atau perpak mesin juga bisa menjadi penyebab kompresi motor hilang, terutama packing mesin yang berada diantara silinder kop dan cilinder blok yang biasanya terbuat dari tembaga/almunium. Nah bila packing silinder kop sudah rusak bisa menyebabkan hilangnya daya tekan karena kebocoran kompresi.

Kemudian untuk memperbaiki kompresi hilang yang disebabkan oleh packing silinder kop yaitu dengan cara menggantinnya. Untuk mengganti packing silinder kop dengan cara membongkar silinder kop atau dengan turun mesin.

Ring Piston

Bila ring piston sudah aus/melar/rusak bisa juga mengakibatkan terjadinya motor hilang kompresi, sebab pembakaran di dalam mesin yang bertekanan tinggi akan bocor melalui ring piston. Sehingga tekanan daya mesin akan ngempos dan hilang kompresi.

Dan untuk mengatasi ring piston yang sudah aus yang menyebabkan hilang kompresi adalah mengganti ring piston, dengan cara turun mesin. Pada saat mengganti ring piston sebaiknya lihat juga kondisi liner dan piston apakah sudah baret atau belum, jika sudah sebaiknya lakukan over zise sekalian dengan mengganti ring dan piston dengan ukuran yang lebih besar.

Cara Mudah Mengatasi Kompresi Hilang

Untuk pertolongan di kondisi darurat jika motor mengalami hilang kompresi sangat mudah, dan tidak memerlukan biaya yang banyak seperti turun mesin. Dan cara ampuh untuk mengatasi hilang kompresi pada sepeda motor sebagai berikut:
  • Lepaskan busi dari lubangnya
  • Kemudian masukan oli sedikit saja melalui lubang busi, dengan cara memasukan oli melalui lubang busi ini dimaksud untuk melumasi ring piston di dalam ruang bakar supaya kompresi bisa kembali lagi dan tidak mengecil.
  • Selanjutnya adalah mengekol dengan kick stater secara berulang hingga kompresi kembali normal.

Namun, apabila dengan cara memasukan oli melalui lubang busi tidak berhasil mengembalikan sepada motor hilang kompresi, kemungkinan Klep, Ring Piston dan Packing sudah rusak. Dan untuk mengetahui apa penyebab hilangnya kompresi pada motor caranya adalah dengan turun mesin untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

0 Response to "Cara Mengatasi Sepeda Motor Kompresi Hilang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel