Trik Mengukur Dan Mengetahui Tekanan Ban Mobil Dengan Tepat

Konten [Tampil]
Ban merupakan komponen penting untuk kendaraan, tanpa menggunakan ban kendaraan yang kita kendarai akan susah dikendalikan. Fungsi utama dari semua jenis ban kendaraan pada dasarnya sama, yaitu untuk menahan beban, dalan hal menahan beban yang paling berpengaruh adalah tekan angin. Oleh sebab itu, sesuai dengan bentuk, ukuran, bobot dan fungsinya berbeda.
Cek Tekanan Ban Mobil
Selain itu, setiap jenis kendaraan mempunyai tekanan ban yang berbeda. Fungsi lain dari ban untuk meneruskan tenaga dari mesin, yang berfungsi guns meneruskan gaya gerak dan pengeremab ke permukaan jalan. Nah setelah mengetahui fungsi dari ban kendaraan, selain untuk menjaga performa kendaraan agar tetap maksimal. Dalam mengukur tekanan ban adalah syarat penting saat akan berkendara, supaya dalam berkendara bisa aman dan nyaman. Lalu bagaimana cara mengukur tekanan ban yang baik ?

Nah, pada saat mengisi tekanan angin pada ban tidak diperbolehkan mengisi tekanan ban terlalu tinggi atau berlebihan. Sebab, apabila tekanan ban terlalu tinggi akan mengganggu kenyamanan saat berkendara, karena dengan kondisi tekanan ban yang keras sangat sensitif terhadap jalan yang dilalui.

Selain itu, tekanan angin ban yang terlalu tinggi dan tidak sesuai ukuran akan mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian dari kendaraan akibat getaran yang terlalu keras. Efek lainnya jika tekanan ban terlalu tinggi juga akan berdampak pada kondisi ban cepat aus atau habis, terutama bagian ban bagian tengah.

Dampak tekanan ban yang terlalu rendah juga tidak baik untuk kondisi ban, sebab ban juga akan cepat habis pada bagian pinggir atau tepi. Kondisi ban seperti ini mengakibatkan kendaraan menjadi lebih berat untuk dikendalikan, dan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros, sebab memaksa power streering bekerja lebih keras. Lalu bagaimana cara mengetahui tekanan ban yang tepat ?

Cara Mengetahui Tekanan Ban Standar

Untuk mengetahui tekanan ban yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit, sebab hal ini sudah dijelaskan dengan jelas oleh setiap produsen kendaraan maupun produsen ban yang Anda gunakan. Kemudian gimana cara mengetahui tekanan ban yang tepat ? Baiklah simak penjelasan berikut ini :
  • Melihat Buku Manual, untuk mengetahui berapa ukuran tekanan yang tepat adalah dengan membaca petunjuk pada buku manual yang disertakan pada saat membeli kendaraan. Pada umumnya setiap produsen kendaraan mencantumkan informasi dengan lengkap ukuran tekanan ban untuk panduan bagi pemilik kendaraan.
  • Mencari Kode Tersembunyi pada Ban, untuk cara lain mengetahui berapa ukuran tekanan angin pada ban yang pas adalah dengan mengamati kode angka pada stiker, biasanya terletak pada pilar pintu sisi pengemudi.
  • Mencocokan Load Index dan Tabel, kedua cara diatas tidak belaku lagi apabila ban sudah diganti dengan ukuran yang berbeda dari versi standar. Dari pencapaian beban maksimum harus disesuaikan dari ban yang baru ke ban yang sebelumnya, nah untuk melakukan hal tersebut Anda harus mengetahui kode load index atau indeks beban, dari ban standar yang Anda gunakan sebelumnya, kemudian mencocokan dengan tabel load index. Baru Anda bisa mengetahui berapa tekanan angin yang tepat untuk ban kendaraan Anda.

Cara Mengukur Tekanan Angin Ban

Jika sudah mengetahui ukuran tekanan angin di ban dengan tepat, selanjutnya Anda bisa mengukur tekanan angin pada ban. Bagaimana cara mengukur tekanan pada ban? Ada dua cara untuk mengukur tekanan yang ada pada ban, pertama mengukur tekanan ban dengan alat, kedua menggunakan panca indra untuk mengukur tekanan angin yang ada didalam ban.

Cara Mengukur Tekanan Ban dengan Alat

Alat pengukur tekanan angin ban ini sudah banyak beredar dipasaran, dengan alat pengukur tekanan ban Anda akan dengan mudah mengetahui ukuran tekanan angin pada ban dengan mudah. Untuk mengukur tekanan ban menggunakan alat, dan alat pengukur tekanan ban ada dua jenis yaitu pengukur tekanan ban Analog dan Digital.
  1. Pengukur Tekanan Ban Analog, biasanya berbentuk silinder disertai jarum. Lingkaran pada jarum terdapat satuan tekanan PSI, BAR dan sebagainya yang mempunyai tanda masing-masing.
  2. Pengukur Tekanan Ban Digital, bisa dikatakan pengukur tekanan ban versi modern. Sebab menampilkan angka numerik satuan tekanan PSI, Bar, dan Kpa. Dengan menggunakan Pengukur Tekanan Ban Digital bisa dipastikan lebih akurat dibandingkan Pengukur Tekanan Ban Analog. Lalu bagaimana cara menggunakan alat pengukur tekanan ban dengan benar?

Cara Menggunakan Alat Pengukur Tekanan Ban

  • Pertama, pada saat akan mengecek tekanan angin pada ban sebaiknya dilakukan pada saat kondisi ban dingin, sebab jika ban di cek pada kondisi panas tekanan ban cinderung meningkat.
  • Kedua, pastikan Anda sudah menyiapkan alat pengukur tekanan ban.
  • Ketiga, buka tutup pentil.
  • Keempat, arahkan ujung alat ke ujung pentil dan tekan dengan kuat (pastikan posisinya tepat dan udara tidak keluar sia-sia, sehingga alat dapat mengukur dengan tepat)
  • Kelima, perhatikan alat ukur dan alat pengukur akan menujukan angka tekanan pada saat itu.
  • Keenam, perhatikan apakah tekanan angin pada ban sudah sesuai atau belum, jika angka yang keluar menujukan tekanan ban terlalu rendah, segera tambahkan. Begitu pun sebaliknya jika, tekanan ban terlalu tinggi bisa langsung dikurangi secara perlahan hingga sesuai dengan tekanan angin pada ban yang sudah dianjurkan.
  • Ketujuh, apabila Anda sudah terlanjur mengecek tekanan ban dalam kondisi panas, sebaiknya tambah angin sebesar 1 psi, mengingat kondisi ban yamg sudah mengambang.

Cara Mengukur Tekanan Ban dengan Indra

Cara mengukur tekanan ban dengan indra ini dimaksut menggunakan indra dan perasaan, namun cara ini membutuhkan ketelitian dan pengalaman. Sebenarnya cara yang satu ini tidak dianjurkan, namun dalam kondisi terdesak tidak ada salahnya mencoba. Sebab cara ini untuk mengukur tekanan angin pada ban bisa menjadi solusi paling praktis. 

Lalu bagaimana cara mengecek tekanan ban menggunakan indra dan perasaan? Simak langsung penjelasan dibawah ini.
  1. Perhatikan Bentuk dari Ban, dengan melihat bentuk ban Anda bisa memperkirakan apakah tekanan angin pada ban sudah sesuai atau belum. Dan perhatikan dengan teliti bagaimana bentuk dan panjang bidang-bidang kotak antara ban dan jalan. Sebaiknya lakukan pengecekan dari depan, samping dan dalam kondisi yang terang. Jika Anda sudah terbiasa melakukan hal ini, maka anda bisa mengetahui apakah ban mempunyai tekanan yang berlebih dilihat dari bentuknya yang terlalu kembung atau justru kurang apabila bentuk ban yang mengkerut.
  2. Pukul Ban dan Perhatikan Reaksinya, trik mengecek tekanan ban yang satu ini memerlukan tambahan alat dengan balok kayu, palu atau menggunakan kaki Anda. Caranya pukul ban dengan kaki, palu atau balok kayu dan perhatikan bunyi dari hasil pantulan yang dihasilkan dan perhatikan juga pantulan yang dihasilkan apakah terlalu kuat atau enteng. Bila pantulan dan bunyi yang dihasilkan terlalu kuat bisa dipastikn tekanan angin pada ban berlebih, apabila sebaliknya pantulan dan bunyi telalu lirih dapat dipastikan tekanan angin pada ban terlalu rendah.

Nah begitulah cara mengukur dan mengetahui ukuran tekanan angin ban, mudah bukan jika Anda mengecek tekanan ban menggunakan alat. Dan untuk mengecek tekanan ban dengan indra membutuhkan pengalaman dan ketelitian untuk mengecek kondisi tekanan pada ban sudah sesuai yang dianjurkan. Semoga tips ini bermanfaat dan baca juga tips menarik lainnya :

0 Response to "Trik Mengukur Dan Mengetahui Tekanan Ban Mobil Dengan Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close