Penyebab Dan Cara Mengatasi Shock Depan Amblas Atau Macet Dengan Mudah

Konten [Tampil]
Shock depan sepeda motor jika tidak diperhatikan dan diservis sering kali mengalami kerusakan, salah satunya yakni shock depan sepeda motor macet atau tidak bisa kembali ke posisi semula. Shock depan yang macet atau amblas ini bisa terjadi karena seal shockbreaker sudah bocor, dan menyebabkan kehabisan oli shock depan. Selain hal tersebut, shockbreaker amblas bisa juga disebabkan oleh faktor lain.
Shock Depan Amblas
Pada umumnya shockbreaker depan sepeda motor masalah yang sering kita dijumpai adalah seal shock bocor, seal shock yang sudah tidak baik maka pada tabung shock akan mengeluarkan cairan berupa oli. Jika seal tidak segera di ganti maka bisa berakibat shock depan bisa aus, dan menyebabkan amblas atau tidak bisa kembali ke posisi semula, dan untuk pembahasan memperbaiki shock depan sepeda motor bocor bisa dibaca tips Cara Memperbaiki Shock Depan Bocor.

Tak hanya itu saja yang bisa menyebabkan shock depan sepeda motor bisa amblas. Sebelum ke pembahasan mari kita simak sedikit informasi mengenai Shock depan sepeda motor. Shock depan atau sering disebut shockbreaker ini mempunyai banyak tipe, namun shock depan sepeda motor yang paling umum digunakan oleh sepeda motor bebek atau matic yaitu shock tipe telskopik. Shock tipe telskopik ini terdapat as shock breaker dan tabung, yang dilengkapi dengan per pada bagian dalam shock.

Banyak pengguna sepeda motor yang tidak mengetahui apa yang penyebab shock depan amblas alias tidak kembali saat ditekan ? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penyebab kenapa shock depan bisa macet. Simak baik - baik ya.

Penyebab Shock Depan Amblas

  • As Shock Bengkok

Penyebab as shock breaker depan bengkok disebabkan benturan atau tabrakan roda depan dengan objek lain, atau bisa juga disebabkan pada saat motor melewati lubang dengan kecepatan tinggi. Dan as shock depan yang bengkok ini membuat as shock breaker menjadi terkunci dan tidak bisa kembali pada saat ditekan, hal itulah yang bisa menyebabkan kenapa shockbreaker depan bisa amblas.
  • As Shock Depan Penuh Karat atau Kerak

Pada As Shock Breaker yang mengkilap yang bisa masuk kedalam tabung besar, apabila motor jarang dipakai maka pada bagian tersebut bisa berkarat. Dan karat tersebut dapat menghambat pergerakan shockbreaker, dan hal ini bisa menjadi penyebab shockbreaker depan berbunyi, dan yang paling parah bisa menyebabkan shockbreaker amblas.
  • Oli Shock Depan Habis

Oli Shock tidak hanya berfungsi sebagai Fluida Hidrolik tapi juga sebagai Pelumas, nah maka dari itu bila oli shockbreaker bocor dan sampai habis bisa menghambat pergerakan shockbreaker. Apabila oli shock habis dan dibiarkan maka bisa menimbulkan masalah pada shockbreaker terasa keras, bahkan bisa macet.
  • Per Shockbreaker Patah

Per merupakan komponen yang ada pada shockbreaker, Fungsi dari Per shock ini berfungsi untuk menahan shockbreaker tetap naik. Dan jika per shock patah maka otomatis shockbreaker tidak bisa kembali ke posisi semula (amblas). Selain itu, jika per shock patah juga akan mengeluarkan bunyi.

Setelah mengetahui penyebab shock depan amblas, lalu bagaimana cara mengatasi masalah shockbreaker depan yang macet ? Baiklah mungkin saja pembahasan kali ini bisa menjawab pertanyaan Anda. Simak baik - baik ya.

Cara Mengatasi Shockbreaker Depan Amblas

  • As Shock Bengkok

Untuk memperbaiki shock depan amblas yang disebabkan oleh As Shockbreker bengkok yaitu bila kondis bengkok tidak parah bisa dengan melakukan press terhadap As Shockbreaker, jika kondisinya parah sebaiknya ganti As Shock dengan yang baru dengan kualitas yang terbaik.
  • As Shock Depan Penuh Karat atau Kerak

Untuk mengatasi shock breaker depan yang macet atau amblas yang disebabkan oleh karat atau gores - goresan kecil pada permukaannya, bisa dengan membersihkannya dengan amplas yang paling halus hingga terlihat mengkilap.
  • Oli Shock Depan Habis

Kemudian untuk mengatasi shock breaker depan amblas yang disebabkan kehabisan oli, cara memperbaikinya cukup dengan mengganti atau menyuntikan oli shock dengan takaran volume yang sama. Namun, untuk cara yang ini sebaiknya lihat dulu sumber permasalahan yang menyebabkan oli shock depan bisa habis, apakah dikarenakan seal shock yang sudah rusak atau hal lainnya, apabila disebabkan oleh seal yang bocor sebaiknya ganti seal yang baru.
  • Per Shockbreaker Depan Patah

Nah untuk solusi shock depan macet yang disebabkan oleh per shockbreaker patah, Anda bisa mengganti dengan per shock yang baru. Dengan mengganti per shock baru, masalah shockbreaker depan amblas bisa langsung teratasi dengan mudah.

Nah itulah tips cara mengatasi shockbreaker depan amblas, tentunya dengan informasi yang bpflash berikan tentang penyebab shock depan amblas, Anda bisa dengan mudah memperbaiki shock breaker depan macet atau amblas sendiri pada saat santai dirumah. Semoga tips yang bpflas berikan bermanfaat buat Anda. Dan baca juga artikel lainnya :

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Shock Depan Amblas Atau Macet Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel