6 Cara Pemasangan Instalasi Listrik Pada Atap Baja Ringan Supaya Aman

Konten [Tampil]
Trend kontruksi rumah dengan menggunakan baja ringan atau besi hellow kini memang tengah populer, atap baja ringan memang lebih praktis dalam pemasangannya dan terlihat lebih bagus jika dibandingkan dengan atap asbes. Selain lebih kuat atap baja ringan juga terbilang lebih awet dan jika dibongkar bisa dipasang lagi tanpa ada kerusakan, berbeda dengan asbes jika dibongkar maka asbes bisa bocor karena pada pemasangan atap menggunakan paku.
Namun, dalam penggunaan atap baja ringan ada kekurangan dan kelebihannya. Untuk kelebihannya penggunaan baja ringan bisa lebih elegan jika dipasang pada kontruksi rumah dan lebih tahan lama, untuk kekurangannya biaya yang dikeluarkan lebih mahal dan terdapat bahaya menggunakan baja ringan apa bila pemasangan instalasi listrik tidak benar.

Baru - baru ini beredar kabar adanya korban yang kesetrum atau tersengat aliran listrik saat berada diatas atap baja ringan, dan hal ini disebabkan pada saat memasang instalasi listrik pada atap baja ringan asal - asalan atau alakadarnya. Dan hal tersebut dapat menyebabkan jalur listrik atau kabel yang dipasang pada atap baja ringan ada yang terkelupas dan akhirnya menempel, kemudian atap baja ringan teraliri listrik. Lalu bagaimana cara pengamanan instalasi listrik pada atap baja ringan ?

Sebelum ke inti pembahasan mengenai tips pengamanan instalasi listrik pada atap baja ringan sebaiknya simak dahulu, apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan baja ringan untuk kontruksi rumah. Nah simak kelebihan dan kekuran penggunaan baja ringan sebagai atap rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan

Kelebihan penggunanaan atap baja ringan :

  • Ringan dan mudah dipasang
  • Kuat dan tahan lama
  • Mudah dibentuk dan disambung
  • Lebih lentur
  • Dapat didaur ulang
  • Dan lain sebagainya
Kekurangan Atap Baja Ringan
  • Harga lebih mahal
  • Mudah terbawa angini
  • Tampilan tidak rapi
  • Rentan roboh
  • Dapat dialiri listrik
  • Dan lain sebagainya

6 Cara Aman Memasang Instalasi Listrik Pada Baja Ringan

  1. Pasang instalasi listrik di tempat yang aman, sebaiknya pasang instalasi listrik paa area yang tidak bersetuhan langsung dengan baja ringan atau bisa juga ditempelkan pada dinding. Tetapi jika terpaksa ditaruh pada besi, maka instalasi listrik bisa digantung.
  2. Pilih material instalasi listrik dengan kualitas terbaik, meski harganya mahal tetapi untuk segi keamanan pasti sudah terjamin. Contohnya seperti penggunaan kabel yang pembukusnya dilapisi dengan bahan tertentu, supaya terhindar dari gigitan tikus atau memakai stop kontak yang tidak mudah terbakar.
  3. Pengamanan intalasi listrik agar aman yang ketiga adalah dengan membungkus semua kabel dengan pipa conduit, dengan memasang pipa conduit dapat mencegah apabila kabel ada yang terkelupas tidak langsung menyentuh atap baja ringan.
  4. Langkah keempat menyembunyikan sambungan pada kabel dengan pipa T Dus.
  5. Kelima bungkus sambungan kabel dengan isolasi hitam yang berkualitas terbaik.
  6. Terakhir mengamankan kabel yang rawan tergores oleh besi dengan pipa.
Nah itulah 6 cara pemasangan instalasi listrik pada atap baja ringan supaya aman dan terhidar dari konsleting arus listrik, dengan melakukan 6 langkah pengamanan instalasi listrik di atap baja ringan yang baik dan benar bisa mencegah jatuhnya korban tersengat arus listrik saat berada di atas atap baja ringan atau menyentuh kontruksi rumah yang menggunakan baja ringan. Baca artikel lainnya : Kekurangan Penggunaan Atap Baja Ringan

0 Response to "6 Cara Pemasangan Instalasi Listrik Pada Atap Baja Ringan Supaya Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close