Fungsi Dan Cara Membuat Google Forms Dengan Mudah

Konten [Tampil]
Fungsi Dan Cara Membuat Google Forms Dengan Mudah - Kali ini bpflash akan menjelaskan Fungsi dan tutorial membuat google form dengan cara yang mudah. Nah pada pembahasan sebelumnya admin sudah menjelaskan bagaimana membuat google form melalui hp dan komputer.

Dan pada kesempatan kali ini bpflash akan menjelaskan apa itu google form, fungsi dan bagaimana cara membuat google formulir. Sebelum membahas lebih dalam tentang google forms, sebaiknya simak pembahasan mengenai google forms dibawah ini.

Fungsi Google Form

Untuk fungsi dari google forms sebenarnya banyak, dan kali ini akan memberikan fungsi dari google form yang sering digunakan. Sebagai berikut :
  1. Membuat Google Form Quiz
  2. Membuat dan mengelola Formulir Pendaftaran Acara secara online.
  3. Membuat Kuesioner/ Survei/ Polling Quick Count Pendapat secara online.
  4. Mengajukan Pertanyaan, misalnya buat nembak gebetan.
  5. Dan masih banyak lagi.

Pengertian Google Forms

Google Forms adalah teknologi yang paling serbaguna di dunia internet, dengan google form Anda bisa mengelola pendaftaran acara dan membuat polling quick qount dengan cepat dan mudah. Selain itu, anda juga dapat membuat dan menganalisa survei melaui peramban seluler ( hp) atau peramban web di komputer.

Jadi untuk mengakses dan membuat Google Forms, Anda tidak membutuhkan perangkat lunak khusus. Anda dapat bisa melihat dan mencetaknya dengan hasil instan yang sudah masuk, lalu meringkas hasil survei dengan Diagram khusus. Baca juga : Cara Membuat dan Mengakses Hasil Google Form.

Google Forms awal mulanya dibuat dengan fitur Google Spreadsheet pada tahun 2008. Setelah dua tahun peluncuran asli Sheets, Anda dapat menambahkan formulir ke Spreadsheet kemudian memformatnya dalam lembar teepisah, dan melihat tanggapan formulir di lembar lain.

Pada awal tahun 2016 google banyak menambahkan fitur di google form, dan mengubahnya menjadi aplikasi mandiri. Nah, sekarang Anda dapat membuat dan mengelola formulir melalui docs.google.com/forms. Dengan akses cepat dan template pada satu tempat.

Untuk saat ini google forms adalah salah satu alat formulir berfitur lengkap dengan akses yang gratis. Dan bisa Anda buat melalui Akun Google Anda. Kemudian untuk cara membuatnya, bisa langsung disimak gimana tutorial membuat google forms. Dibawah ini :

Cara Membuat Google Form

Cara bust Google Formulir
Cara Membuat Google Form
Ada beberapa tutorial membuat google form, nah Anda bisa memilih menggunakan cara yang mana untuk membuat google forms sendiri. Berikut ulasannya :
  1. Dari docs.google.com/forms > klik blank > pilih template.
  2. Dari drive.google.com > klik New > lainnya. Kemudian pada google forms, arahkan ke panah kanan dan klik Blank Form atau Form a Template.
  3. Kemudian beri nama formulir Anda. Di pojok kiri Atas, klik Untitled Form ( nama formulir tamplate dan masukkan nama baru).
  4. Pada Opsional, isi Diskripsi dibawah nama form. Tuliskan teks yang anda inginkan.
  5. Kemudian untuk mengubah warna latar belakang atau tema, klik palet atau Palet Warna, kemudian pilih warna atau tema.

Pada Forms Editor cara penggunaannnya sangat mudah dipahami dan dipelajari. Karena Formulir Anda akan memenuhi bagian tengah layar, dengan ruang judul dan deskripsi di ikuti kolom formulir. Untuk mengedit formulir Anda bisa klik pada bidang formulir dan tambahkan sebuah pertanyaan.
Contoh Google Form
Selanjutnya gunakan kotak dropdown di sebelah lapangan untuk memilih jenis bidang, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat dan lain sebagainya. Fitur di Google Forms menawarkan beberapa opsi pilihan pengaturan, pada Toolbar yang ada di sebelah kanan memungkinkan Anda menambah lebih banyak bidang formulir.

Pada disebelah sebelah kanan atas, anda bisa mengubah skema warna form, melihat pertinjauan formulir, menggunakan tombol Send untuk mengirim formulir, dan akses opsi tambahan lainnya, termasuk menginstal add-on untuk Forms.

Setelah membahas tab pertanyaan mari beralih ke tab responses di editor formulir, untuk melihat tanggapan saat ini terhadap formulir Anda dan tautkan ke Spreadsheet. Dan yamg perlu dilakukan adalah dengan menambahkan pertanyaan dan mengirimkannya, jadi mari kita lihat opsi formulir apa saja yang bisa dilakukan denngan masing - masing.

Cara Menambah Pertayaan Di Google Forms

  • Pertama klik Untitled Question, kemudian masukkan pertanyaan Anda. Nanti akan muncul saran berdasarkan pertanyaan Anda.
  • Kedua, Untuk mengubah pertanyaan, klik pada panah kebawah.
  • Ketiga, tambahkan opsi respons, jika berlaku untuk jenis pertanyaan Anda.
  • Keempat, untuk memberikan opsi jawaban dari pertanyaan klik Required.
  • Kelima, untuk pertanyaan baru bisa di klik Add Question.
  • Keenam, untuk menambahkan salinan pertanyaan klik pada Duplicate.
Perubahan akan disimpan secara otomatis, jika ingin melihat perubahan bisa di klik kanan atas, klik Pertinjau.

Google Forms mempunyai 12 fitur diantaranya 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto dan video. Untuk membahkannya cukup dengan klik Ikon + pada sidebar kanan, untuk menambahkan pertanyaan baru atau dengan klik ikon teks / foto/ video untuk menambahkan media pada formulir.

Pada setiap fitur pertanyaan memiliki tombol salin, jadi untuk menduplicat pertanyaam bisa dengan cepat, sederhanannya Anda bisa dengan cepat menambahkan pertanyaan serupa ke formulir Anda. Selain itu, ada juga tombol hapus jadi untuk mengurangi jumlah pertanyaan Anda tinggal menggunakan tombol hapus.

Cara Membuat Link dan Mengirim Google Form

Mengirim Google Form
Nah jika Google Form sudah selesai dan Anda siap untuk mengirimkannya, Anda bisa mengirim Google Formulir melalui email, menyalin dan menempelkan tautan pada pesan chat atau email. Atau bisa juga menyematkannya di situs web atau berbagi di media sosial. Berikut caranya :
  • Klik kirim yang ada di kanan atas.
  • Jika responden formulir terbatas untuk organisasi bisa pilih alamat email mana saja yang akan menerima google formulir. Dengan cara mengisi Subjek dan Pesan kemudian Insert Link, kemudian klik salin dan tempel tautan ke obrolan, percakapan atau email.
  • Untuk mengirimkannya di Website atau Blog pribadi, klik kode Embeb. Kemudian copy dan paste di kode HTML.
  • Untuk mengirim di akun sosial media, Anda bisa pilih ikon sosial media untuk mengirim google forms.

Begitulah pembahasan mengenai cara membuat google forms, semoga tutorial tadi bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang ingin membuat google formulir. Bagi Anda yang ingin melihat melihat hasil google form, bisa di baca Cara Mencetak dan Melihat Hasil Google Form.

0 Response to "Fungsi Dan Cara Membuat Google Forms Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close