Cara Mudah Untuk Tracking Vinasat 1 Ku Band Menggunakan Dish PayTV

Konten [Tampil]
Tracking Vinasat 1 Ku Band sebenarnya mudah, apalagi buat Anda yang sudah pernah melakukan tracking satelit. Sebelumnya Admin sudah membahas bagaimana Cara Tracking Vinasat 1 C Band, dan kali ini Admin akan membagikan tips tracking satelit vinasat 1 ku band.
Tata cara tracking vinasat 1 ku band
Cara Tracking Vinasat 1 Ku Band
Seperti yang kita tahu bahwa Satelit Vinasat 1 adalah satelit dari negara Vietnam, dan posisi satelit vinasat berada di arah timur di garis bujur 132.0°E. Bila melihat posisi satelit vinasat 1, maka untuk satelit terdekat yaitu satelit Apstar 6. Jadi untuk tracking satelit Vinasat 1 tentunya sangat mudah, jika Anda pernah melakukan tracking Satelit Apstar 6.

Sebetulnya cara untuk tracking satelit vinasat 1 ku band sangat mudah, sama seperti tracking vinasat c band. Hanya saja untuk lock satelit vinasat ku band, Anda membutuhkan dish solid bukan yang jaring. Anda juga bisa melakukan tracking vinasat ku band dengan menggunakan dish bekas pay tv, seperti Telkomvion, Indovision dan lain sebagainya.

Frekuensi Terkuat Vinasat 1 Ku Band

Bagi Anda yang akan mencari satelit vinadat 1 ku band, sebaiknya sebagai langkah awal agar mudah dalam tracking vinasat 1. Sebaiknya tambah satelit baru dan berinama vinasat 1, untuk anda yang belum pernah lock satelit vinasat 1. Untuk frekuensi terkuat satelit vinasat 1, bisa anda masukan tp 11048 H 28800 atau 11589 H 28800.

Cara Tracking Vinasat 1 Ku Band

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan tracking vinasat 1 ku band dengan menggunakan dish bekas pay tv, Anda tentunya harus memodifikasinya terlebih dahulu. Untuk caranya Anda bisa baca Cara Modifikasi Dish Bekas PayTv, dan buat Anda yang sudah memodifikasi. Anda bisa langsung bisa mencari satelit vinasat 1 ku band, berikut ini :
  • Pasang Alat untuk tracking Vinasat 1 Ku Band, yakni Dish Solid atau Dish bekas PayTv, beserta tiang tegak lurusnya.
  • Kemudian pasang Breket dan LNB KU Band pada tiang fokus.
  • Selanjutnya untuk tracking Vinasat 1, bisa Arahkan Dish ke Arah Timur. Sebab posisi Satelit Vinasat di arah timur pada garis bujur 132.0°E.
  • Langkah selanjutnya pasangkan konektor LNB Ku Band dengan arah Utara atau Selatan, dan jangan lupa untuk menggunakan Receiver Digital yang sudah support DVD - S2/Mpeg4/HD.
  • Berikutnya masukkan Frekuensi Terkuat Vinasat 1 Ku Band 11048 H 28800 atau 11589 H 28800 di pengaturan dan Add TP.
  • Untuk settingan Freq Lokal LNB, bisa di setting Universal 9750/10600, 22Khz = Auto.
  • Setelah semua terpasang dan sudah memasukan frekuensi terkuat vinasat 1, langkah berikutnnya mencari sinyal vinasat 1.
  • Untuk mencari sinyal yaitu dengan cara mengangkat dish dan arahkan ke timur secara perlahan, saat mencari sinyal perhatikan intensitas sinyal yang tampil di monitor tv, apabila mengalami peningkatan berarti target satelit sudah dekat.
  • Setelah mendapatkan sinyal tetapi kualitasnya belum naik, coba putar dish ke kanan atau ke kiri dan naik atau turunkan secara perlahan. Karena sinyal untuk u band sangat sensitif dan hal ini perlu dilakukan secara berulang.
  • Apabila sinyal vinasat 1 sudah berhasil di lock bisa di kencangkan kembali baut pengikat dish.
  • Setelah itu lakukan blind scan atau scan otomatis, untuk membuka semua chanel yang ada di vinasat 1 ku band.
Baca juga artikel menarik lainnya :
Begitulah cara lock vinasat 1 ku band, memang dalam melakukan tracking satelit vinasat 1 ku band membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Karena sinyal ku band sangat sensitif dan sulit untuk di lock, namun tayangan pada satelit ku band lebih baik dibandingkan dengan satelit c band. Demikan pembahasan panduan Tracking Vinasat 1 Ku Band.

0 Response to "Cara Mudah Untuk Tracking Vinasat 1 Ku Band Menggunakan Dish PayTV"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel