4 Cara Memoles Mesin Motor Sendiri Agar Kinclong Seperti Chrome

Konten [Tampil]
Cara Memoles Mesin Motor Sendiri Seperti Chrome - Dunia Modifikasi semakin beragam dan berkembang, banyak jenis modifikasi dengan karya menakjubkan. Namun dari sekian banyak trend modifikasi yang masih bertahan dan banyak digunakan para Builder/ Modifikator adalah jenis Chrome dan Poles.
Cara Memoles Mesin dengan Benar
Cara Poles Mesin
Memang trend modifikasi yang mengkilapkan dengan chrome atau poles pada bagian kendaraan bermotor lebih disukai banyak orang, karena Motor Modifikasi akan lebih terlihat menarik dan bersih. Biasanya bagian motor yang akan dipoles atau dichrome adalah bagian blok mesin, kalter, dan postep. Baca juga Cara Poles dan Merawat Mesin Mengkilap.

Pada pembahasan kali ini bpflash akan memberikan tips cara mengkilapkan mesin motor dengan bahan sederhana, agar mesin mengkilap seperti chrome ada teknik tertentu supaya cara memoles mesin biar kinclong bisa berhasil. Lalu bagaimana cara memoles mesin motor agar mengkilap seperti chrome ?

Cara memoles mesin motor sendiri agar mengkilap, Anda hanya membutuhkan alat yang sederhana. Lalu apa saja bahan yang diperlukan agar cara mengkilapkan mesin tanpa crom berhasil ? Maka anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini, supaya cara memoles mesin seperti chrome bisa langsung diterapkan :

Bahan Mengkilapkan Mesin

  1. Paint Remover 
  2. Amplas
  3. Larutan Cintrun
  4. Watu Ijo/ Longsol/ Autosol

Setelah bahan bahan terkumpul untuk melakukan cara memoles mesin motor agar mengkilap, anda bisa mengikuti panduan mengkilapkan mesin motor dengan cara yang sederhana. Namun saat melakukan proses memoles mesin agar mengkilap harus melewati beberapa tahap, proses tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Cara Memoles Mesin Secara Manual

Memoles mesin seperti chrome yaitu dengan teknik poles, cara ini berbeda dengan chrome. Namun dengan teknil poles ini bisa membuat mesin tampak kinclong seperti halnya chrome, lalu bagaimana cara memoles mesin agar mengkilap ? Nah untuk mengetahuinya bisa simak tata cara memoles mesin biar kinclong, berikut ini :

  • Pertama adalah membersihkan cat yang menempel pada mesin dengan menggunakan Soda Api atau Remover. Cara mengkilapkan mesin tanpa crom dengan cara mengoleskan Remover ke seluruh bagian mesin yang ingin di bikin kinclong, dan diamkan beberapa menit. Kemudian sikatlah mesin yang dioleskan Remover tadi menggunakan Sikat Kawat, tetapi saat melakukan hal ini sebaiknya berhati - hati jangan sampai mengenai kulit, karena akan menyebabkan alergi, gatal dan terasa panas.
  • Kedua, Setelah proses pembersihan cat dengan remover selesai. Langkah selanjutnya adalah meratakan permukaan blok / mesin yang terkena goresan, caranya dengan menggunakan Amplas dengan ukuran 100, 400, 600, 800, 1000, dan 2000. Apabila permukaan mesin banyak goresan maka sebaiknya gunakan Amplas yang berukuran 1000 atau 2000.
  • Ketiga, Jika permukaan mesin sudah rata maka Anda masuk ke tahap ketiga yaitu merendam bagian mesin yang akan di kinclongkan dengan menggunakan Larutan Cintrun selama satu malam. Pada tahap ini boleh dilakukan boleh juga tidak, namun supaya hasilnya maksimal seperti chrome sebaiknya proses ini perlu dilakukan. Setelah semalan direndam, langkah selanjutnya yaitu mencucinya dengan sabun pencuci piring seperti Sunlight dan sejenisnya.
  • Keempat, Setelah dicuci Anda bisa mengikuti tahap selanjutnya yaitu cara memoles mesin menggunakan watu ijo / Langisol. Caranya yaitu dengan memarut Langisol atau watu ijo kedalam larutan bensin dan aduk sampe merata, kemudian oleskan ke seluruh bagian mesin yang akan dipoles dan tunggu hingga setengah kering. Selanjutnya gosok dengan kertas berwarna putih hingga mesin mengkilap.

Nah itulah 4 Cara Memoles Mesin Motor Sendiri agar kinclong seperti chrome, demikan pembahasan tentang cara memoles mesin biar kinclong seperti chrome. Semoga bermanfaat, dan baca juga tips lainnya di bpflash berikut ini :

0 Response to "4 Cara Memoles Mesin Motor Sendiri Agar Kinclong Seperti Chrome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close