Penyebab Ban Depan Motor Matic Habis Sebelah Dan Tidak Rata

Konten [Tampil]
Penyebab ban depan habis sebelah
Penyebab Ban Habis Sebelah
Penyebab Ban Depan Motor Matic Habis Sebelah mungkin sudah Anda jumpai atau Anda alami sendiri, pada ban yang sering terjadi yaitu ban mengalami ke Ausan yang tidak merata, sebagian masih tebal dan sebagian lagi sudah habis, bahkan sudah kelihatan benangnya. Dan hal ini sebenarnya bisa saja terjadi pada ban sepeda motor ataupun mobil.

Pasti Anda akan menayakan apa yang menjadi penyebab ban depan motor bisa habis sebelah ? Bila diteliti lebih jauh banyak hal yang bisa menyebabkan ban depan tidak rata, bahkan bagian yang habis lebih dulu bisa bagian sebelahnya saja. Pada Sepeda Motor bagian yang bisa meyebabkan ban habis sebelah yaitu Masalah Segitiga, Swing Arm, Saksis, Shockbreaker, Bearing, Velg, dan Ban yang kualitasnya tidak bagus.

Tapi, bagaimana dengan motor baru seperi Vario, Mio dan Motor Matic kenapa ban depan bisa habis sebelah ? Selain ban depan motor matic bisa makan sebelah, terkadang ban habis tidak merata, bahkan bergelombang.

Kenapa ban depan motor matic habis sebelah ?

Penyebab ban depan habis sebelah untuk motor matic bisa jadi karena faktor lamanya penggunaan atau bisa juga karena motor pernah jatuh, dan hal tersebut bisa jadi penyebab kenapa ban motor matic bisa habis sebelah dan habis secara tidak merata bahkan bisa bergelombang.

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan ban depan habis sebelah yaitu seperti Segitiga sudah tidak center, Shockbreaker mati sebelah, Kurang oli, Saksis Miring, Bagian Bearing sudah Oblak atau goyang - goyang. Hal tersebut bisa menjadi penyebab ban depan motor habis tidak merata, bergelombang dan makan sebelah.

Numun hal diatas cukup aneh apabila terjadi untuk kendaraan baru atau yang kondisinya masih bagus, yang belum pernah jatuh, tetapi ban depan habis sebelah dan ban habis tidak merata bahkan bergelombang.

Penyebab Ban Motor Matic Habis Sebelah

Untuk ban depan motor matic sudah umum terjadi jika ban yang habis tidak rata, bergelombang dan makan sebelah. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk sepeda motor lain, selain sepeda motor matic.


Penyebab ban motor matic habis sebelah ini bisa terjadi disebabkan oleh Shockbreaker belakangnya cuma ada satu, dan berada pada posisi sebelah kiri bukan ditengah. Maka pada saat motor membawa beban, berat kendaraan ciderung miring kebagian sebelah kanan dan belum lagi tekanan udara pada ban yang kurang.

Maka bagian sebelah kanan sepeda motor matic akan menerima lebih banyak beban, dan coba saja Anda perhatikan ban depan motor matic akan habis lebih dulu dibagian sebelah kanan dan bisa juga bergelombang. Kumudian untuk motor bebek atau bukan motor matic mempunyai 2 Shockbreaker belakang, dan monoshock yang posisinya dibagian tengah. Sehinga ban makan sebelah dan habis tidak merata jarang terjadi pada motor bebek.

Setelah mengetahui hal diatas tadi yang sudah dijelaskan, mulai sekarang Anda harus lebih berhati - hati dan teliti apabila ban motor sudah terasa tidak nyaman. Karena, bisa saja menjadi masalah apabila menerjang lubang dijalan dengan kecepatan tinggi, sepeda motor akan susah dikendalikan dan berbahaya.

Baca juga artikel menarik lainnya :
Oleh karena itu, Anda harus menjaga tekanan angin untuk ban depan sekitar 30psi, dan pada saat membeli ban baru perhatikan juga kualitas, pastikan untuk membeli ban berstandar SNI. Dan jangan mengganti ban dengan kanisiran atau ban bekas, dan hal lainnya yaitu kondisi dari Shockbreaker jika ada yang bocor segera diganti. Jika tidak tahu cara menggantinya bisa ke bengkel atau ikuti tips yang bpflash akan berikan tentang Cara Memperbaiki Shock Depan Bocor.

Nah itulah pembahasan mengenai ban depan motor matic yang habis tidak rata, bergelombang dan habis sebelah serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedan mengalami Ban Depan Motor Matic Makan Sebelah, bergelombang dan makan tidak rata pada sepeda motor.

0 Response to "Penyebab Ban Depan Motor Matic Habis Sebelah Dan Tidak Rata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close