5 Cara Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah

Konten [Tampil]
Tips Mengatasi bsn depan yang habis sebelah
Ban Depan Habis Sebelah
Penyebab ban depan motor makan sebelah bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari cara mengendarai seperti action frestyle dan ada bagian kendaraan yang tidak seimbang. Namun, terkadang banyak yang bingung kenapa ban depan motor bisa habis sebelah.

Baca juga :
Penyeban Ban Depan Motor Matic Habis Sebelah
Cara Mengukur dan Mengetahui Tekanan Ban

Ban Motor yang habis sebelah ini sering muncul pertanyaan kok bisa ya, mengapa ban depan sepeda motor matic bisa habis sebelah ? Nah, pada umumnya ban yang normal jika dilihat secara umum akan habis merata, dan apabila tekanan angin ban yang terlalu kencang bagian ban yang akan habis lebih dulu adalah bagian tengah.

Begitu pun sebaliknya jika tekanan angin di ban kurang, maka bagian ban yang akan habis lebih dulu adalah bagian samping. Dan yang masih menjadi misteri yaitu untuk ban depan motor terkadang ada yang menjumpai bagian ban habis sebelah, lalu apa yang menyebabkan ban depan bisa habis sebelah ?

Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Banyak yang bisa menyebabkan ban depan bisa habis sebelah, dari banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ban depan kendaraan roda dua bisa makan sebelah diantarannya sebagai berikut :
  1. Bearing Oblak
  2. Piringan Cakram Seret
  3. Shock Depan Bocor Sebelah
  4. Oli Shock Tidak Sama
  5. Medan Jalan Tidak Rata

Itu beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ban motor bagian depan habis sebelah, lalu bagaiman cara mengatasi ban depan sepeda motor habis sebelah ? Nah simak baik - baik ya pembahasan kali ini yang akan membahas Ban Depan Motor Makan Sebelah.

Mengatasi Ban Depan Motor Habis Sebelah

Supaya kita tahu apa sebenarnya yang menyebabkan ban motor bisa makan sebelah, Anda harus cek dahulu beberapa aspek. Mulai dari kondisi Bearing/Klaher, Pirangan Cakram Seret atau Tidak, Periksa Shock Depan Bocor atau Tidak, Keseimbang Oli Shock dan Medan Jalan yang tidak rata. Nah berikut ini tutorial megatasi ban depan motor yang habis sebelah.

1. Cek Kondisi Bearing

Hal yang bisa menyebabkan ban depan bisa habis sebelah adalah kondisi bearing atau klaher ban depan yang sudah oblak atau rusak, dan jika oblak maka ban tidak akan berjalan dengan normal dan hal ini bisa menjadi salah satu penyebab ban depan bisa habis sebelah.

Lalu bagaimana cara mengecek kondisi bearing yang masih bagus atau rusak ? Untuk mengeceknya sebenarnya sangat mudah, Anda tinggal memposisikan kendaraan dengan standar tengah supaya bagian ban depan bisa diangkat. Kemudian untuk mengecek kondisi klahernya tinggal goyangkan ban secara horisontal ke kanan atau ke kiri, jika terasa oblak berarti bearing sudah rusak.

2. Periksa Piringan Cakram Seret / Tidak

Untuk kondisi normal piringan cakram tidak seret jika ban diputar dengan tangan, nah jika piringan cakram ini seret maka bisa menyebabkan motor jadi terasa berat dan kampas rem depan bisa cepat habis, dan bisa juga menyebabkan ban depan bisa makan sebelah. Nah Anda bisa cek kondisi piringan cakram apakah ban berputar normal dan lihat apakah kondisi piringan cakram sudah tidak rata (peang).

3. Shock Depan Bocor

Penyebab lainnya adalah salah satu shock depan mengalami kebocoran, dan hal ini bisa menyebabkan keseimbangan ban habis sebelah. Untuk memeriksanya anda bisa lihat pada tabung shock depan apakah ada oli atau cairan yang keluar dan membasahi tabung shock depan, jika ada kebocoran Anda harus mengganti Seal Shock dan Oli Shock Depan, atau bisa baca artikel Cara Memperbaiki Shock Depan.

4. Menganti Oli Shock Depan

Apabila Shock depan tidak ada yang bocor maka Anda perlu mengganti oli shock depannya saja, bisa saja ada perbedaan ukuran oli shock berbeda atara kanan dan kiri. Dan hal ini bisa menjadi penyebab ban depan motor makan sebelah, selain mengganti oli shock depan Anda perlu mengecek apakah per yanga digunakan tingginnya sama dan tidak simetris (berbeda).

5. Medan Yang Tidak Rata

Untuk penyebab ban depan sepeda motor habis sebelah, kemungkinannya kecil untuk penyebab ban makan sebelah. Namun, bisa juga menjadi penyebab ban depan habis sebelah, karena medan yang setiap hari dilewati jalannya tidak rata bisa juga menyebabkan ban depan makan sebelah.

Nah itulah pembahasan 5 Cara Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah, jika Anda masih penasaran dengan apa penyebab ban depan motor habis sebelah ? Anda bisa ikuti cara yang sudah jelaskan tadi untuk Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel