8 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak

Konten [Tampil]
Begini cara memperbaiki aki kering
Cara Memperbaiki Aki Kering
Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau yang sudah Ngedrop sebenarnya sangat mudah, hanya saja banyak orang tidak tahu caranya saja. Karena banyak mengira bahwa aki kering tidak bisa diperbaiki jika aki kering sudah mulai ngedrop (tegangan listrik pada aki sudah berkurang), nah pada kali ini bpflash akan memberikan Tips Memperbaiki Accu Kering Yang Drop dengan mudah. Baca juga Cara Service Sepeda Motor.

Aki atau Accu adalah salah satu bagian terpenting dalam kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor, karena aki sumber arus DC untuk menyalakan komponen elektronik yang ada pada kendaraan bermotor. Untuk karena itu aki diharuskan dalam kondisi yang baik, agar perangkat seperti Audio, Lampu dan fungsi utama pada Aki berfungsi dengan baik. Baca juga Cara Memperbaiki Aki Basah Menggunakan Bodrek.

Dalam Industri Otomotif sekarang banyak Pabrikan Otomotif banyak menggunakan Aki Kering untuk menjadi sumber Arus Listrik DC untuk kendaraan bermotor, sebab Ukuran Aki bisa lebih kecil (tidak memakan banyak ruang) dengan tegangan arus listrik DC sama dengan Aki Basah.

Ciri - ciri Aki Kering Rusak

Namun Aki Kering pada kendaraan bermotor harus dalam kondisi prima, supaya komponen elektronik berfungsi dengan normal. Nah berikut ini beberapa ciri - ciri Aki Kering sudah mulai Rusak (Soak) :
  • Aki terlihat kembung
  • Tidak kuat untuk stater
  • Tidak lama menyimpan Arus
  • Arus listrik pada Aki sudah berkurang
  • Bunyi komponen elektronik seperti klakson pelan

Itulah beberapa ciri - ciri umum aki sudah mulai rusak atau soak, selain itu, umur aki yang sudah usang atau lama digunakan terkadang menjadi salah satu penyebab aki rusak dan dalam penggunaan sehari - hari juga bisa mempengaruhi aki menjadi rusak, misalnya saat menyalakan mesin dengan menstater terlalu lama dan lupa mematikan kontak. Baca juga Cara Meperbaiki Aki Basah Menggunakan Garam.

Cara Mengatasi Aki Kering Yang Ngedrop

Seperti yang telah bpflash sampaikan, sebenarnya dalam merawat aki kering sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan aki basah. Selain itu, apabila kita lupa mengecek kondisi aki tidak menjadi masalah, karena aki kering tidak perlu mengisi cairan seperti aki basah. Akan tetapi harga aki kering lebih mahal daripada aki basah, oleh karena itu Anda perlu simak bagaimana cara memperbaiki aki kering dibawah ini.

Alat Memperbaiki Aki Kering

Sebelum mengetahui tips bagaimana cara memperbaiki aki kering, sebaiknya siapkan dahulu perlengkapan agar dalam memperbaiki aki berjalan dengan cepat dan baik. Dan berikut ini beberapa alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki aki kering :
  1. Supaya dalam memperbaiki aki kering ini bisa berhasil, sebaiknya siapkan Air Aki (zuur) yang berwarna merah atau Air aki khusus untuk mengisi Aki baru bukan yang untuk mengisi cairan aki.
  2. Obeng Minus (-) nantinya akan digunakan untuk membuka cover bagian atas aki.
  3. Kain Lap untuk membersihkan air aki yang mengenai bagian yang tidak diinginkan.
  4. Sealent/Lem Plastik/Lem Tembak untuk merekatkan kembali bagian penutup aki.
  5. Suntikan Tinta atau alat yang bisa untuk mengisikan cairan Zuur ke dalam box Aki Kering.

Setelah perlengkapan untuk memperbaiki aki kering sudah tersedia, kini waktunya membongkar dan memperbaiki aki kering yang rusak. Simak tata caranya sebagai berikut :

Proses Memperbaiki Aki Kering

  • Pertama, Sebelum melakukan perbaikan aki langkah pertama adalah dengan melepas Aki dari Motor/Mobil. Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada saat melepas aki, Anda harus melepas terlebih dahulu kutub plus (+). Hal ini bertujuan saat kunci tidak sengaja menempel bagian kutub min (-) terkena body kendaraan dengan kondisi kutub (+) masih menempel dibagian aki, maka akan menimbulkan percikan listrik tentunya akan membuat Anda kaget.
  • Kedua, Membersihkan bagian body Aki yang akan diperbaiki, hal ini supaya saat membongkar bagian atas aki kering tidak ada kotoran yang jatuh ke dalam bagian aki. Caranya Anda tinggal mengelap bagian Aki dengan kain.
  • Ketiga, Membongkar Penutup Aki supaya bateray kendaraan bisa diperbaiki. Cara membongkar cover penutup aki kering tinggal mencongkel dengan obeng, namun dalam membongkar penutup aki kering Anda harus berhati - hati apabila terjadi kesalahan sedikit saja bisa memperparah kondisi aki. Selain itu, pada bagian aki kering jika terjadi kerusakan tidak bisa diganti mengingat tidak ada yang menjual sparepart aki.
  • Kelima, Dan untuk cara memperbaiki Aki kering yang ngedrop bisa dilakukan dengan mengisi Air Zuur. Akan tetapi periksa dahulu kondisi Aki Anda dan pastikan lubang tidak tertutup karet, biasanya tersedia 3 sampai 10 lubang karet sesuai dengan kapasitas ampere aki. Lalu bagaimana cara pengisian air aki kering ? Dalam mengisi cairan aki kering sama dengan cara mengisi aki basah, dengan cara menggunakan suntikan ke lubang karet aki. Setelah terisi kemudian tutup kambali lubang tadi dengan karet yang dilepas tadi.
  • Dan untuk cara memperbaiki Aki kering yang ngedrop bisa dilakukan dengan mengisi Air Zuur. Akan tetapi periksa dahulu kondisi Aki Anda dan pastikan lubang tidak tertutup karet, biasanya tersedia 3 sampai 10 lubang karet sesuai dengan kapasitas ampere aki. Lalu bagaimana cara pengisian air aki kering ? Dalam mengisi cairan aki kering sama dengan cara mengisi aki basah, dengan cara menggunakan suntikan ke lubang karet aki. Setelah terisi kemudian tutup kambali lubang tadi dengan karet yang dilepas tadi.
  • Keenam, Memasang cover penutup aki, tapi pastikan dulu lubang sudah tertutup semua dengan karet. Untuk cara memasang cover penutup aki, bisa menggunakan lem dan tekan dengan obeng bagian atas serta pastikan tertutup rapat supaya tidak ada udara masuk ataupun keluar.
  • Ketujuh, Untuk proses memperbaiki aki kering selanjutnya adalah mengisi daya aki dengan cara di setrum atah dicharger Adaptor dan sesuaikan dengan daya aki supaya cepat dalam proses pengisian. Tetapi jika tidak memiliki Adaptor bisa dengan cara jemper, namun cara ini membutuhkan dua buah aki yang sehat. Cara menjemper aki tinggal menghubungkan kutub (+) dengan kutub (+) aki yang diperbaiki, serta kutub (-) dengan kutub (-) aki yang diperbaiki tadi. Dan nyalakan mesin, kemudian untuk lamanya pengisian kira - kira 30 menit hingga 1 jam. Untuk pengisian aki di Motor tinggal pasang aki kering yang sudah diperbaiki tadi dan nyalakan motor untuk mengisi daya aki, dan nyalakan mesin selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Terakhir, Melakukan pengecekan dengan menggunakan sebuah alat yang bernama Ampere Meter, Hidrometer dan lain sebagainya. Namun untuk cara pengecekan arus aki hubungkan alat tadi saat kondisi mesin menyala, nah jika tegangan arus aki berada di 12,3 V hingga 14,2 V berarti aki kering berhasil diperbaiki.
Demikian cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, apabila cara diatas tidak berhasil berarti sel aki sudah ada yang rusak atau terputus dan Anda diharuskan membeli Aki baru. Baca juga Cara memperbaiki rem cakram motor blong.

0 Response to "8 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close