Cara Membuat Baglog Sendiri Untuk Budidaya Jamur Tiram

Konten [Tampil]
Membuat Baglog
Membuat baglog sendiri bagi petani jamur adalah hal yang mudah, karena berdasarkan pengalaman Anda bisa mengetahui kualitas baglog yang digunakan untuk media tanam bididaya jamur yang berkualitas baik. Lalu bagaimana cara membuat baglog bagi pemula yang baru memulai tata cara budidaya jamur tiram putih ?

Untuk pemula yang baru memulai bisnis budidaya jamur dan ingin serius terjun dalam dunia bisnia yang satu ini, bpflash akan memberikan tips gimana cara membuat baglog sendiri. Cara mudah untuk membuat baglog, hal pertama Anda harus mengetahui dahulu bahan apa saja yang digunakan untuk membuat baglog. Baca juga Cara Budidaya Jamur Tiram Putih.

Sebelum ke pembahasan lebih dalam mengenai cara sederhana membuat baglog sendiri, Anda pastinya sudah tahu dong apa itu baglog ? Lebih jelasnya apa itu baglog, maka Anda bisa simak ulasannya berikut ini dan bisa simak juga dibaca Cara Budidaya Jamur Tiram Coklat.

Baglog adalah Media tanam dan tempat untuk budidaya jamur, yang terbuat dari serbuk gergaji. Lalu bahan yang bisa untuk membuat baglog yang sederhana, Anda bisa simak daftarnya sebagai berikut.

Bahan Membuat Baglog

  • Serbuk Gergaji 1 Kg
  • Bekatul 30 Kg
  • Tepung Jagung 2 Kg
  • Kapur Bagunan 2 Kg
  • Air 60 - 70 %
Dalam membuat baglog perlu Anda ketahui pada saat memilih bahan dasar untuk membuat baglog, yakni pada serbuk gergaji Anda bisa menggunakan jenis kayu apa saja. Tetapi yang paling bagus dari serbuk gergaji dari kayu yang mudah lapuk, tidak mengandung minyak, tidak banyak mengandung getah, dan tidak bercampur dengan oli atau minyak bekas penggergajian.
Bahan Membuat Baglog
Dalam penggunaan kayu yang mudah lapuk karena nanti akan menjadi media tanam jamur, yang berfungsi sebagai perambatan milesium agar dapat berlangsung dengan mudah. Dalam pembuatan baglog sebaiknya hindari hal - hal berikut ini :

  1. Tidak menggunakan tekstur kayu yang keras, karena membutuhkan waktu yang agak lama selama proses pelapukan. Selain itu, dapat menghambat proses perambatan milesium.
  2. Tidak menggunakan kayu yang banyak mengandung banyak getah dan berminyak, karena dapat menghambat pertumbuhan milesium jamur Anda.
  3. Tidak menggunaka serbuk gergaji yang terkena oli atau minyak gergaji, karena hal ini dapat mempengaruhi proses seterilisasi dan presentasi keberhasilan budidaya jamur.

Langkah Membuat Baglog

Setelah mengetahui serbuk gergaji dari jenis kayu untuk membuat baglog sendiri, tentunya Anda ingin mrngetahui proses untuk membuat baglog. Nah sebaiknya Anda simak pembahasan tips sederhana membuat baglog dengan mudah berikut ini :
  1. Campur menjadi satu bahan untuk membuat baglog tadi, campur perlahan sampai menjadi satu.
  2. Ayak bahan untuk membuat baglog yang sudah dicampur tadi menggunakan ayakan yang mempuntai ukuran lubang 0,5 Cm, hal ini dimaksut saat proses pengayakan agar menjadi homogen dan kotoran terpisah dari bahan untuk membuat baglog.
  3. Setelah selesai di ayak, langkah berikutnya adalah mencampurkan air dengan kadar sekitar 60 - 70%, untuk mengeceknya Anda bisa genggam serbuk campuran tadi yang sudah diberikan air jika masih pecah dan tidak membentuk gumpalan berarti kadar air kurang.
  4. Selanjutnya, Mencampur kembali serbuk hingga merata, dan tutup campuran untuk membuat baglog dengan terpal atau karung. Dan diamkan untuk melakukan proses pengomposan selama seminggu, apabila pengomposan baglog untuk budidaya jamur sudah mencapai suhu 50°C, maka proses pengomposan telah selesai dan baglog siap di packing.

Setelah pengomposan serbuk gergaji selesai selanjutnya adalah mempacking media tanam budidaya jamur dengan menggunakan plastik yang tahan panas (Plastik Polyprophilen). Biasanya ukuran plastik yang digunakan mempunyai tebal 0,5 dan berukuran 20 X 35.

Demikian pembahasa mengenai tata cara membuat baglog dengan cara yang sederhana, bagi petani jamur membuat baglog adalah hal yang mudah. Tapi bagi pemula dengan pengalaman yang minim cara membuat baglog yang berkualitas tentunya bukan hal yang mudah. Baca juga 8 Siasat Budidaya Jamur Tiram Putih Di Daerah Panas.

0 Response to "Cara Membuat Baglog Sendiri Untuk Budidaya Jamur Tiram"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel