Cara Mengatasi Receiver Digital Mata Merah Atau Tidak Bisa Booting

Konten [Tampil]
Cara memperbaiki Receiver Digital yang tidak bisa booting atau mata merah sebenarnya bisa diperbaiki dengan mudah, biasanya kerusakan receiver digital rusak seperti tidak bisa restart ini sering terjadi dikarenakan ada komponen yang rusak atau pada saat melakukan Upgrade Receiver mengalami kegagalan. Baca juga Server dan Receiver Bisa Auto Biss.
Mengatasi Receiver Tidak Bisa Booting
Cara Memperbaiki Receiver Mata Merah
Penyebab Receiver tidak bisa booting atau sering disebut oleh teknisi parabola dengan Mata Merah, hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya salah satu komponen pada Receiver Digital ada yang rusak atau saat melakukan upgrade terputus dan salah memasukan software. Nah lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Penyebab Receiver Digital Mata Merah

  1. Receiver Gagal Upgrade biasanya terjadi pada saat melakukan upgrade terputus dikarenakan aliran listrik terjadi pemadaman, bisa juga salah memasukan software dan hal ini masih bisa diatasi dengan Cara Flash Receiver untuk tata cara flashing bisa di baca Memperbaiki Receiver Gagal Upgrade Dan Cara Flashing.
  2. Kerusakan MPEG hal ini bisa terjadi oleh beberapa faktor, seperti usia receiver yang sudah lama dipakai, hetakan petir dan salah pemasang regulator dalam arusnya. Dan halnya hal ini sangat sulit untuk diperbaiki.
  3. Kerusakan pada power supply atau regulator, dan kerusakan ini bisa diperbaiki dengan mudah.

Dan pada kali ini Admin akan membahas Cara Memperbaiki Receiver Yang Gagal Booting atau Mata Merah yang diakibatkan oleh Kerusakan Power Supply atau Regulator, simak baik - baik caranya :

Cara Mengatasi Receiver Digital Mata Merah

  • Pertama, Buka penutup receiver maka akan terlihat beberapa bagian dalam Receiver yang terdiri dari MPEG dan Regulator. Dan perbedaannya sebagai berikut :
Perbedaan Regulator dan Mpeg
Perbedaan MPEG dan Regulator
MPEG berada pada Input Antena/Out Pun AV dan Regulator merupakan komponen yang terhubung dengan kabel power.
  • Kedua, Amati bagian regulator yang memiliki seri ELCO 10 V 1000uf, karena pada bagian ELCO ini sering terjadi kerusakan. Ciri - ciri kerusakan biasanya pada bagian atasnya cembung, untuk normalnya cekung kedalam atau rata.
ELCO 10v 1000uf
  • Ketiga, Lepaskan Regulator dari Receiver dan panaskan Solder.
  • Keempat, Lepas ELCO yang rusak tadi dengan solder lalu ganti ELCO tersebut.
  • Kelima, Dalam pergantian ELCO 10 V 1000uf, jika seri tersebut tidak anda temui dipasaran bisa diganti dengan ELCO 16 V 1000uf.
  • Keenam, Pada saat mengganti ELCO tadi perhatikan juga (-)(+) jangan sampai salah atau terbalik, setelah selesai mengganti ELCO bisa dipasang kembali dan hubungkan kembali.
  • Ketujuh, Nyalakan Receiver untuk mencoba berhasil diperbaiki atau tidak.

Apabila kerusakan bukan di ELCO 10 V 1000uf, biasanya Regulator tersebut sudah mati total dan bisa diganti dengan satu paket. Saat menggati Regulator sesuaikan dengan arusnya biasanya untuk Receiver MPEG2 dan MPEG4 mempunyai Output 20V 15V G 3,3. Dan untuk Receiver HD 20V, 15V, G, 5V dan yang lainnya.
Regulator Multi
Apabila tidak menemukan Regulator yang asli bisa diganti dengan Regulator Multi yang harganya sekitar 30 - 50 Ribu, dan Anda tinggal menyesuaikan dengan besar Arus yang sesuai dengan Receiver yang akan diperbaiki.

Nah itulah Cara Mengatasi Receiver Digital Mata Merah Atau Tidak Bisa Booting yang disebabkan oleh Regulator Rusak, demikian Tips Mengatasi Receiver Digital Mata Merah Atau Tidak Bisa Booting.

0 Response to "Cara Mengatasi Receiver Digital Mata Merah Atau Tidak Bisa Booting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close