Memperbaiki Receiver Gagal Upgrade Dan Cara Flashing

Konten [Tampil]
Akhir - akhir ini banyak user parabola yang mencoba melakukan upgrade sendiri Receiver Parabola dengan software terbaru, karena pada software di receiver ada yang bisa membuka sebuah acakan PowerVu atau sistem acakan Tandberg. Selain itu, dengan melakukan upgrade dengan software terbaru terdapat juga fitur menarik yang sebelumnya tidak ada pada software receiver lama, yakni fitur yang bisa membuka acakan PowerVu dan Tandberg. Baca juga Server dan Receiver Bisa Auto Biss.
Cara Flashing Receiver Digital
Cara Flashing Receiver
Namun dalam proses upgrade sendiri tidak selamanya mulus, dikarenakan kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal. Receiver yang gagal upgrade biasanya gagal melakukan Booting atau sering disebut dengan Mata Merah, ada banyak jenis kerusakan lain pada receiver gagal upgrade yakni Receiver parabola hanya Mode On (Standby). Pastinya Anda menanyakan apa saja yang bisa menyebabkan Receiver Gagal Upgrade ?

Penyebab Receiver Gagal Upgrade

Ada dua hal yang bisa mengakibatkan Receiver gagal melakukan upgrade, dan yang paling umum terjadi kegagalan dan beresiko saat melakukan upgrade receiver adalah :
  1. Update Software terputus karena matinya aliran listrik.
  2. Software tidak sesuai.
Kedua hal diatas memang sering menjadi akibat receiver yang gagal upgrade, untuk teknisi parabola kedua hal diatas mungkin sudah tidak kaget dengan ciri-ciri receiver yang mengalami kerusakan karena kegagalan upgrade software. Namun bagi user parabola hal ini menjadi masalah tersendiri, karena tidak bisa memperbaiki sendiri tentunya harus memanggil tukang servis parabola atau malah membeli perangkat receiver baru. Baca juga Reciever Yang Bisa Lock CBS Group.

Lalu bagaimana cara memperbaiki receiver digital yang rusak karena gagal upgrade ?

Untuk proses melakukan upgrade receiver digital biasanya menggunakan USB Flashdisk yang dihubungkan ke Receiver Digital, dan apabila terjadi gagal upgrade software maka diharus menyiapkan beberapa peralatan untuk memperbaiki Receiver Digital Gagal Upgrade.

Alat Untuk Memperbaiki Receiver Digital Gagal Upgrade

  • Laptop atau PC.
  • USB To RS232, Kabel RS232, RS232 To TTL, gunakan kabel/usb PC/Laptop yang digunakan.
  • Tools Upgrade STB sesuai Receiver yang Gagal Upgrade.
  • Frimware yang sama dengan Receiver Digital yang akan diperbaiki, untuk Firmware bisa cari di internet dan pilih yang sesuai dengan type Receiver Anda.
  • Untuk Tolols bisa di melalui link Download Tools Upgrade STB.

Cara Perbaiki Receiver Digital Gagal Upgrade

Untuk memperbaiki Receiver Digital langkah pertama adalah mempersiapkan kabel yang cocok dengan RX Anda, dan jangan lupa untuk melakukan Instal drivernya. Jika Anda menggunakan USB to TTL, bisa Download melalui link Driver USB to TTL. Sesudah itu pastikan PC/Laptop sudah terinstal Microsoft Visual C++ 2008, jika belum bisa instal dahulu filenya berada di Folder Tools Upgrade STB yang bernama file VCREDITS.

Setelah semua alat untuk perbaiki receiver rusak karena gagal upgrade sudah siap, Anda masuk ke tahap memperbaiki receiver gagal upgrade, atau sering disebut dengan Cara Flashing Receiver Matrix.

Cara Flashing Receiver Yang Gagal Upgrade

1. Colokan kabel yang sesuai dengan PC/Laptop ke Receiver, kemudian buka Tools Upgrade STB, perhatikan gambar berikut :
Perhatikan yang bertanda panah merah diatas, tanda panah adalah petunjuk untuk menyesuaikan dengan port com yang digunakan untuk terhubung antara PC/Laptop dengan Receiver Digital. Supaya tidak ada kesalahan sebaiknya buka Drive Manager, lalu pada bagian port com lihat alat yang terkoneksi berada pada port berapa. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini contoh menggunakan USB to TTL dengan port com 6.
2. Pilih UPG pada Tools Upgrade STB, kemudian sesuaikan setelan seperti contoh langkah flashing dibawah ini :

Langkah - langkah Flashing Receiver Digital

  1. Memulai setelan Upgrade.
  2. Pilih project dan sesuaikan dengan type chip receiver.
  3. Pilihlah Software yang sesuai dengan Receiver Anda.
  4. Klik Star untuk memulai Flashing.
Nah nanti akan tampil sebuah perintah untuk melakukan Reset Receiver Digital, silakan nyalakan Receiver maka proses flashing akan segera dijalankan. Dan tunggu hingga proses flashing selesai, nanti proses flashing Receiver selesai akan ditandai dengan Receiver akan Restart atau booting sendiri.
Apabila belum cara memperbaiki receiver rusak karena gagal upgrade tidak berhasil, bisa di ulangi lagi dan pilih project type yang cocok dengan chip memori receiver digital yang akan diperbaiki. Tools Upgrade STB ini sudah berhasil di uji dan cocok untuk beberapa receiver seperti :
  1. Tanaka T21 Samurai
  2. Tanaka T22 Jurasic
  3. Skybox A1
  4. Burget S2
  5. Dan lainnya
Begitulah Memperbaiki Receiver Gagal Upgrade Dan Cara Flashing. Semoga cara diatas bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki Receiver Digital yang gagal upgrade.

0 Response to "Memperbaiki Receiver Gagal Upgrade Dan Cara Flashing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close