7 Cara Budidaya Tanaman Tembakau di Dataran Tinggi

Konten [Tampil]
Budidaya Tembakau - Kali ini bpflash akan memberikan Informasi mengenai Tata Cara Budidaya Tembakau di Dataran Tinggi, atau lebih dikenal dengan Budidaya Tanaman Tembakau Temanggung. Tananaman Tembakau Temanggung ini paling cocok di budidaya di tanam di daerah dengan ketinggian 400 M DPL sampai dengan 1500 M DPL, dengan curah hujan antara 2000 samapai 3000 MM/ pertahun dengan 8 hingga 9 bulan basah dan 3 sampai 4 kering.
Cara menanam tembakau di dataran tinggi
Cara Budidaya Tembakau
Selain itu, Tanah yang cocok untuk menanam tembakau diharuskan memiliki kriteria Tanah Gembur, Remah, Drainase baik, serta mudah mengikat Air dan Ph sekitar 5,5 hingga 6,5. Kemudian untuk Tahapan Budidaya Tembakau meliputi Persemaian, Pengolahan Tanah, Penanaman, Pendangiran, Pembumbunan dan Penyiangan, Pemupukan, Pemangkasan dan Pembuangan Sirung, serta Panen.

Agar Tembakau mempunyai kualitas baik sebagai petani dibidang ini, harus benar - benar memperhatikan beberapa aspek tadi supaya hasil panen memiliki kualitas yang bagus dan bernilai tinggi. Lalu bagaimana cara perawatan dan proses Budidaya Tembakau Temanggung ? Simak baik - baik penjelasan berikut ini :

1. Persemaian

Salah satu Faktor agar budidaya tembakau supaya berhasil dimulai dari Bibit yang sehat dan berkualitas. Nah untuk mendapatkan bibit tembakau yang seragam ada beberapa aspek penting dalam Persemaian, diataranya sebagai berikut :
  • Tempat penyebaran bibit dengan tanah subur, gembur dan drainase yang baik, usahakan memilih tempat pembibitan tembakua dengan kriteria tadi.
  • Dekat dengan sumber Air, agar mudah melakukan penyiraman bibit tembakau.
  • Memberi Bendengan dengan atap yang mudah dibuka tutup, seperti yang terbuat dari Jerami, Alang - alang, Daun Kelapa dan Plastik.
  • Pada saat melakukan penyiraman bibit usahakan dilakukan secara teratur setelah bibit tembakau di tabur.
  • Kemudian bila bibit tembakau sudah berumur 2 sampai 3 minggu atap perlu dibuka pada pagi hari dan ditutup kembali pada siang hari.
  • Setelah bibit memiliki daun dengan lebar 5 cm atap bendengan bisa dibuka setiap hari.

2. Pengolahan Tanah

Dalam pengolahan tanah lebih gembur sehingga lebih mudah ditembus akar tanaman dan bertujuan untuk memperbaiki aerasi. Lahan tembakau di Kabupaten Temanggung memiliki kondisi kemiringan tanah yang datar sampai terjal, pada lahan yang memiliki kemiringan datar dalam pengelolaan tanah dilakukan dengan dicangkul 1 sampai 2 hari.

Dan dilanjutkan dengan membuat guludan yang memiliki tinggi 25 hingga 30 cm, Guludan ini mempunyai fungsi meminimalkan jumlah tanaman mati akibat dari adanya genangan Air. Dan agara lebih mudah dalam membuang Air pada saat terjadi kelebihan debit Air maka buatlah Got keliling.

Bila memiliki kemiringan lahan > 15% mempunyai potensi terjadinya erosi, sehingga pengolahan lahan diperlukan guna mengurangi terjadinya kehilangan bahan organik pada tanah akibat terjadinya ter-erosi. Maka dari itu pengolahan tanah dengan cara memperbaiki alur erosi yang umum terjadi pada tanah Andisol.

3. Penanaman

Proses penanaman sebaiknya dilakukan di sore hari pada saat intensitas Cahaya Matahari sudah berkurang, kemudian dalam pemindahan Bibit ke lahan bisa dilakukan setelah berumur 40 sampai 45 hari dengan kriteria Bibit Sehat, Seragam dan Berakar banyak. Bibit ditanam di lubang tanan lalu untuk kedalaman penanaman sebatas batang atau leher akar, kemudian ditutup dengan tanah yang gembur.

Untuk proses penyulaman sebaiknya dilakukan tidak melebihi 10 hari setelah proses penanaman bibit tembakau pertama, agar memperoleh pertumbuhan dan panen yang seragam. Proses penyiraman bisa dilakukan menyesuaikan dengan kondisi kelembaban tanah ya.

4. Pendangiran, Pembumbunan dan Penyiangan

Periode Pendangiran dilakukan setelah 3 minggu proses tanam, agar terhindar dari tanaman pengganggu seperti Gulma tanah di siangi dan dibumbun. Proses ini dilakukan setelah tembakau berumur 5 minggu dan terakhir dilakukan tanaman tembakau telah berumur 7 minggu.

5. Pemupukan

Dalam proses pemupukan dilakukan dengaan cara ditunggal, dengan memperhatikan Dosis dan waktu pengaplikasinya. Kodisi tanah dapat mempengaruhi penggunanaan Dosis Pemupukan dimana tembakau ditanam, maka dari itu perlu adanya kerjasama dengan Ahli Pengadaan Balittas agar penggunaan pupuk bisa meningkatkan daun basah, produksi daun kering, dan meningkatkan nilai mutu.

Selain penggunaan pupuk dengan Dosis ysng sesuai demgan kondisi tanah, sebaiknya hindari Pupuk yamg mengandung klor (CI) tinggi. Karena kadar klor yang tinggi dalam daun tembakau dapat menyebabkan penurunan kualitas tembakau.

6. Pemangkasan dan Pembuangan Sirung

Pemangkasan dan Pembuangan Sirung ini bertujuan untuk memicu pertumbuhan dan memicu perkembangan daun, serta memenuhi kualitas dari kebutuhan pasar. Pemangkasan dapat dilakukan setelah munculnya bonggol bunga dengan cara memangkas dibawah daun bendera, setelah tembakau dipangkas akan mengeluarkan sirung (tunas ketiak daun). Agar perumbuhan tidak terkuras oleh sirung, maka sirung tersebut bisa dipotong atau dibuang, proses pembuangan sirung bisa dilakukan setiap 5 sampai 7 hari sekali.

7. Panen

Proses Panen dapat dilakukan apabila daun tembakau sudah memiliki ciri warna yang sudah berubah menjadi hijau kekuning - kuningan, dan saat di petik gagangnya mudah dipatahkan, jika daun tembakau memiliki ciri tadi berarti tembakau sudah siap dipanen. Dilakukan pagi hari setelah embun menguap, jangan melakukan panen disiang hari karena kondisi daun agak layu.

Dikarenakan pada saat proses Pemeraman membutuhkan kadar Air yang cukup, agar proses Kimia dapat berlangsung dengan baik. Selain itu, hindari memanen daun tembakau muda, karena krolofilnya madih stabil dan jika sudah kering menghasilkan warna hijau mati. Dan hindari tercampurnya barang - barang seperti rafia, potongan tali, bulu ayam, kertas dan lain sebagainya.

Demikian 7 Cara Budidaya Tanaman Tembakau di Dataran Tinggi, semogga bermanfaat dan meningkatkan kualitas dari tembakau serta miningkatkan mutu yang tinggi dan memiliki harga jual yang tinggi.

0 Response to "7 Cara Budidaya Tanaman Tembakau di Dataran Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close