5 Tips Memanfaatkan Uang THR Dengan Baik

Bagi karyawan perkantoran atau karyawan pabrik pasti menantikan uang Tunjagan Hari Raya (THR), biasanya perhitungan THR yang diberikan adalah 1 bulan gaji. Lalu kapan Uang THR diterima ? biasanya diberikan ke karyawan maksimal seminggu sebelum Hari Raya Idhul Fitri berdasarkan surat edaran Kementrian Keternagakerjaan.
cara Kelola dana THR
Cara Menggunakan Uang THR Dengan Baik
Uang THR anggap saja gaji ke 13 dan sebagai bonus yang diterima pegawai, namun pada saat memanfaatkan uang THR dengan bijak. Agar dikemudian hari tidak kesulitan keuangan, dikarenakan pada saat menjelang lebaran kebutuhan sangat besar. Terkadang uang THR yang kita terima biasanya digunakan untuk membeli pakaian, camilan untuk lebaran.

Oleh karena itu, kita harus merencanakan uang THR dan dikelola dengan baik dan benar. Cara mengelola uang THR dengan benar agar tepat saat memanfaat uang THR, berikut ini tips memanfaatkan uang THR yang baik :

1. Alokasikan 10-20 Persen Untuk Tabungan


Rencanakan uang tunjangan hari raya sama seperti gaji bulanan, alokasikan dana THR sekitar 10-20 persen untuk di tabung di rekening tabungan. Dengan begitu Anda ketika menerima dana THR, agar Anda tidak menghabiskan uang THR untuk keperluan lainnya.

2. Rencanakan Penggunaan Uang THR


Dengan cara merencanakan penggunaan uang THR, Anda dapat memenej uang THR dan mengatur penggunaan dana tunjangan hari raya dengan baik. Salah satunya memprioritaskan dana untuk membayar zakat, karena sebagai umat muslim membayar zakat adalah sebuah kewajiban.

Sedangkan besaran zakat yang harus dibayarkan pada lebaran tahun ini, dengan uang sebesar Rp. 40 Ribu per orang. Dan pembayaran zakat biasanya sebelum hari raya idul fitri, besaran zakat juga tergantung dari ketentuan Badan Amil Zakat di tempat Anda tingal.

Sedangkan mengatur uang THR agar tidak boros, uang tunjuangan hari raya untuk membeli pakaian baru dan perlengkapan ibadah. Alokasikan dana THR sebesar 10 persen hingga maksimal 20 persen dari uang THR yang diberikan oleh perusahaan.

Jika ingin membeli pakaian baru untuk digunakan pada saat idhul fitri, sebaiknya beli pakaian baru jauh-jauh hari sebelum lebaran. Agar harga untuk membeli pakaian baru dan perlengkapan ibadah tidak terlalu tinggi, dan Anda tidak perlu mengantri untuk waktu yang lama.

3. Jamuan Lebaran Dan Biaya Perjalanan Mudik


Belanjakan uang THR dengan bijak untuk jamuan lebaran termasuk kebutuhan yang perlu ada untuk saat Idul Fitri, karena hidangan pada saat lebaran menambah suka cita semua anggota keluarga di hari nan fitri. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan semua keperluan hidangan menjelang Lebaran.

Pada saat belanja kebutuhan lebaran berupa hidangan seperti kue, lauk pauk dan dekorasi ruangan. Sebaiknya hitung dan atur dengan cermat pada saat menggunakan uang THR, belilah barang yang diperlukan saja dan hindari belanja sesuatu yang tidak diperlukan agar tidak terkesan berlebihan.
Gambar Uang THR
Ilustrasi : Gambar Uang THR
Dan untuk keperluan mudik lebaran sebaiknya gunakan dana sendiri dari uang tabungan yang sudah Anda siapakan dan jangan menggunakan uang THR, pada saat membeli tiket transportasi, bahan bakar kendaraan dan persiapan lain saat berada dalam perjalan mudik.

4. Alokasikan Dana THR Untuk Angpao 


Dalam hal ini alokasikan uang THR sebesar 50-60 persen untuk semua kebutuhan dari semua uang tunjangan hari raya yang diterima, pada saat menerima uang THR sebaiknya Anda langsung masukan uang THR kebeberapa amplop secara terpisah untuk penerima angpao Lebaran. Dengan begitu Anda dapat memenej dan mengontrol uang THR, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan secara mendadak.

5. Gunakan Sisa Uang THR Untuk Melunasi Hutang Berjalan


Jika Anda mempuyai utang piutang, segera lunasi dengan dana THR misalnya untuk membayar cicilan kartu kredit di bulan sebelumnya. Dengan begitu pada saat perayaan Idul Fitri Anda tidak akan terganggu dengan masalah hutang, kemudian jika Anda tidak mempunyai hutang yang perlu segera dibayar.

Mengalokasikan sisa uang THR dengan baik seperti untuk Investasi, tabungan dan menambah dana darurat. Hal ini untuk berjaga-jaga jika uang gaji bulanan tidak mencukupi untuk keperluan sehari - hari setelah merayakan Lebaran, hal ini sering terjadi setelah Lebaran kita mendapati kekurangan uang pada saat kembali dari kampung halaman.

Demikian menggunakan uang THR yang baik dan bijak, Anda harus perhitungan dengan benar uang THR untuk keperluan apa saja yang harus di penuhi saat merayakan Lebaran. Itulah cara memanfaatka uang THR dengan bijak. Semoga bermanfaat cara kelola THR untuk keperluan Lebaran.

0 Response to "5 Tips Memanfaatkan Uang THR Dengan Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel