Tips Mempersiakan Tubuh Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadhan

Sebentar lagi Bulan Ramadhan akan tiba, tentunya agar saat melaksanakan puasa berjalan lancar diperlukan berbagai macam persiapan. Salah satu hal penting saat menjalankan puasa agar lancar adalah menjaga daya tubuh sebelum melakukan puasa. Dikarenakan saat menjalankan ibadah puasa, terkadang ketahanan tubuh pada saat melakukan puasa daya tahan tubuh kita cenderung menurun.
Mempersiapkan tubuh agar tetap bugar di bulan puasa
Tips mempersiapkan tubuh agar puasa lancar
Selain itu, faktor lain juga dapat mempengaruhui tubuh kita rentan terhadap penyakit, diantaranya adalah faktor cuaca dan pulusi. Belum lagi saat melaksanakan puasa di minggu pertama, tubuh kita perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu.

Sebaiknya sebelum memasuki bulan ramadhan kita melakukan latihan berpuasa terlebih dahulu, agar nanti saat masuk bulan ramadhan dan melasanakan puasa tubuh kita sudah beradaptasi. Bisa dilakukan selang seling dan tidak perlu setiap hari, bisa juga saat memasuki Nisfu Sya'ban atau mendekati bulan Suci Ramadhan.

Tak hanya itu saja agar lancar pada saat melakukan puasa agar daya tahan tubuh tidak rentan penyakit, pola makan juga harus diatur dengan baik. Misalkan dengan cara mengurangi makanan yang berlemak, sehingga saat bulan ramadhan kita tidak terpicu untuk mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Selain itu, komposisi makanan juga harus diperhatikan mulai dari asupan protein, lemak dan karbohidrat harus seimbang. Dengan cara kita atur komposisi makananya mulai dari nasi dikurangi kemudian buah - buahan dan sayuran lebih banyak.

Tidak ada salahnya kita mencoba merencanakan dahulu menu yang akan kita nikmati selama bulan puasa. Selain itu, cara ini dapat mengontrol makanan yang kita makan agar lebih sehat. Terkadang kita melupakan hal ini, pada saat puasa dan tiba waktu sahur dan berbuka makanan apa saja kita lahap dan nanti tubuh kita rentan terhadap penyakit dan puasa jadi berantakan.

Jadi pola makan yang penerapannya diatur dengan baik dan sehat akan membuat kita lebih mudah pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Agar bisa menjalankan ibadah dan berpuasa lebih baik, sebaiknya mempersiapan tubuh kita lebih dahulu. Agar saat menjalankan ibadah puasa lebih semangat selama sebulan penuh.

Selain mengazamkan niat ibadah yang kuat, ada baiknya mempersiapkan diri dengan baik. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya bisa bersemangat saat menjalankan di bulan puasa.

1. Kurangi Asupan Kafein

Bagi kamu yang kecanduan minum kopi, mulai sekarang ada baiknya coba mengurangi konsumsi kafein dan memperbanyak minum air putih. Agar membantu sistem pencernaan dan memaksimalkan proses ditoksifikasi, agar lebih ringan saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, atur juga pola tidur yang lebih baik, karena nanti kita bangun lebih pagi untuk makan sahur dan memulai aktivitas lebih awal.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Kadar Gula Tinggi

Dengan mengurangi menkonsumsi makanan manis seperti permem, coklat, biskuit manis dan minuman berpemanis pun perlu dikurangi. Ganti camilan bergula dengan banyak mengkomsumsi buah yang kaya serat, diantaranya buah apel dan buah pir. Dengan cara ini akan membantu kita akan tidak mudah lapar saat menjalankan puasa.

3. Lakukan Olahraga Ringan Di Sore Hari

Di sore hari luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga ringan, seperti membiasakan jalan kaki santai atau melakukan gerakan yoga sederhana beberapa menit. Agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan pada saat berbuka puasa lebih semangat, serta tubuh pun tidak mudah terasa lemas.

4. Kurangi Ngemil

Jika anda sering ngemil di siang hari, mulai sekarang saatnya menahan diri. Atur pola makan yang teratur dan lebih baik, agar saat menjalankan puasa perut tidak kaget dan merasakan lapar disiang hari.

5. Hindari Konsumsi Makanan Instan

Makanan instan seperti mie memang nikmat jika disantap apalagi harganya terjangkau, namun ada baikmya dibatasi dahulu makanan isntan yang terlalu pedas dan asam. Dan perbanyak konsumsi makanan serat seperti sup daging ayam serta olahan brokoli yang dapat meningkatkan daya tahan kekebalan tubuh.

Itulah beberapa tips mempersiapkan tubuh agar kuat saat menjalankan ibadah puasa, supaya puasa berjalan lancar sebulan penuh. Dan jangan lupa untuk mengazamkan niat puasa secara baik, agar pahala puasa bisa kita dapatkan sempurna.

0 Response to "Tips Mempersiakan Tubuh Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel