Home » » Aplikasi Absensi LinovHR Solusi Memonitor Program Absensi Karyawan Dengan Efektif

Aplikasi Absensi LinovHR Solusi Memonitor Program Absensi Karyawan Dengan Efektif

 Aplikasi Absensi LinovHR
Perusahaan tidak boleh meremehkan masalah pencatatan kehadiran karyawan alias absensi karyawan. Pasalnya, sistem ini mempengaruhi kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Sebagai contoh, apabila karyawan sering terlambat datang ke kantor, hal ini dapat menghambat proses produksi atau operasional perusahaan. Terutama untuk jenis perusahaan layanan jasa yang benar – benar menawarkan jasa kepada pelanggan. Jam operasional bisnis Anda harus berjalan tepat waktu dan tidak bisa membuat pelanggan menunggu atau kecewa.

Masalah lain yang muncul karena absensi yang tidak efektif adalah gaji dan titip absen. Kecurangan ini akan berdampak pada beban finansial yang besar. Tentunya, tidak ada perusahaan yang ingin dirugikan dari sisi finansial dan waktu kerja karyawan. Di sinilah peran penting memonitor absensi karyawan secara efektif dan efisien menggunakan aplikasi absensi LinovHR. Ada banyak keunggulan program absensi karyawan dari LinovHR, antara lain:

1. Mengurangi Peluang Error

Satu kesalahan kecil dalam mengelola data absensi karyawan bisa berpengaruh besar bahkan berakibat fatal. Dalam sejumlah kasus, ada perusahaan yang mengalami sanksi dan terkena denda besar karena salah dalam menghitung pajak. Meskipun sudah menggunakan tenaga akunting yang profesional dan komputer, tetap saja peluang kesalahan bisa terjadi akibat faktor manusia.

Dikutip dari laman Inc, menerapkan program absensi karyawan berupa software akan mengurangi kesalahan ini secara drastis hingga 80%. Semua pengelolaan data absensi karyawan dapat dilakukan secara otomatis. Bahkan, karyawan juga bisa absen secara mandiri (employee self service) tanpa perlu bantuan tim IT atau tim HR.

LinovHR menawarkan aplikasi absensi yang mudah digunakan dan otomatis untuk menghitung jam kehadiran karyawan secara efisien. Tugas tim HR akan jauh lebih sederhana dan cepat sehingga meningkatkan kepuasan karyawan.

2. Tingkat Akurasi

Menggunakan sistem absensi secara manual atau berbasis kertas, dianggap lebih murah dan mudah. Tetapi, yang tidak dipertimbangkan oleh perusahaan adalah kecurangan data yang bisa saja dilakukan oknum pegawai atau karyawan. Dengan program absensi karyawan dari LinovHR, data absensi karyawan disimpan secara otomatis dalam database. Selain jauh lebih aman, sistem juga lebih akurat karena memiliki program pencatatan berdasarkan waktu secara real-time yang tidak bisa diubah atau dimanipulasi. Alhasil, pencatatan jam kerja atau jam pulang karyawan menjadi lebih akurat dengan tingkat kredibilitas data mencapai 98,9%.

3. Kemudahan Payroll

Database absensi karyawan, nantinya dapat diolah untuk menghitung gaji atau tunjangan yang lain. Tim HR tidak perlu merepotkan tim IT untuk mengunduh data atau mengakses aplikasi absensi.

Akses data karyawan ini dapat diberikan kepada admin atau tim HR yang berkepentingan untuk menghitung payroll. Selanjutnya, jam kerja karyawan dapat tercatat secara pasti dalam bentuk dokumentasi digital dan diproses otomatis untuk mencegah kesalahan data.

LinovHR dilengkapi aplikasi absensi yang bisa dihubungkan dengan sistem payroll, lembur, cuti, iuran BPJS, pajak penghasilan, dan fasilitas karyawan. Memudahkan tim HR dalam menghitung payroll bulanan atau bulanan untuk setiap karyawan.

4. Efisiensi Budget

Tren di kalangan perusahaan milenial adalah turut mendukung program ramah lingkungan dan melestarikan bumi. Dengan menerapkan program absensi karyawan dari LinovHR, tidak perlu lagi dibutuhkan kertas, pena atau tinta printer.

Meskipun murah, tetapi bayangkan jika setiap bulan perusahaan harus merogoh kocek untuk membeli kertas, tinta printer, dan pulpen untuk mencatat dan mencetak data karyawan. Padahal, dengan database yang ada, dokumentasi data karyawan justru bisa disimpan dengan awet sepanjang masa dalam aplikasi absensi berbasis cloud.

Database karyawan ini memberikan fleksibilitas yang tinggi untuk diakses kapanpun dan dimanapun. Ketika tim HR harus bekerja secara remote, data karyawan yang dibutuhkan bisa diakses untuk diproses perhitungan payroll. Sehingga, pembayaran gaji karyawan akan selalu tepat waktu tanpa ada kendala apapun.
***
Sudah terbukti bahwa program absensi karyawan dari LinovHR mendukung perusahaan Anda untuk berkembang dan meningkatkan kepuasan karyawan.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...