Mudah Banget Begini Cara Download Jurnal Berbayar Dengan Gratis

Download Jurnal - Bagi anda yang sedang hendak melakukan Riset, Penelitian dan menambah Pengetahuan, apalagi anda seorang mahasiswa pastinya akan mencari sebuah Jurnal Internasional. Tetapi cara untuk mencari jurnal internasional kebanyakan berbayar, dari situs jurnal internasional terkadang mematok harga yang mahal.
Cara mendownload jurnal berbayar secara gratis
Cara Download Jurnal Biar Gratis 
Dan sebagai mahasiswa uang untuk membeli jurnal yang berbayar, pasti akan berpikir dua kali untuk membeli jurnal tersebut. Namun untuk mendownload jurnal yang berbayar, ada cara untuk download jurnal internasional dengan gratis. Lalu bagaimana cara download jurnal berbayar agar gratis ?

Ada 3 (tiga) cara, agar anda dapat mendownload jurnal berbayar, yakni :
  1. Pertama, dengan cara membeli jurnal berbayar dengan harga yang mahal. 
  2. Kedua, memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus atau universitas.
  3. Ketiga, dengan cara download jurnal berbayar tanpa bayar. 
Situs Jurnal Online

Berikut ini beberapa web jurnal internasional yang menyediakan jurnal gratis yang open acces, yang dimaksud open acces adalah situs jurnal internasional yang dapat di akses secara gratis. Website jurnal gratis diantaranya adalah :
  1. Emerald Insight. 
  2. Science Direct.
  3. Directory of Open Access Journal, dan. 
  4. Elsevier. 
Di situs jurnal internasional diatas tersedia berbagai macam jurnal dari berbagai negara dengan macam disiplin ilmu pengetahuan, jurnal kesehatan internasional dan jurnal ilmiah. Alamat situs jurnal internasional diatas merupakan penyedia situs jurnal yang open acces, anda dapat mendownload jurnal dengan gratis.

Kemudian untuk jurnal yang berbahasa indonesia, anda bisa mencari jurnal tersebut di perpustakaan milik badan pemerintahan seperti LIPI, Balai Besar Keramik, Balai Besar Tekstil, BATAN, atau baca aja di perpustakaan kampus, bisa juga melalui Perpustakaan Nasional. Tetapi untuk mendownload jurnal melalui Perpustakaan Nasional, anda harus mendaftar menjadi member.

Untuk Download jurnal internasional agar gratis, anda bisa mencari jurnal yang anda inginkan dengan mencarinya di situs Emerald Insight, Science Direct, Directory of Open Access Journal dan Elsevier. Kemudian salin DOInya lalu salin pada kolom search di situs - situs dibawah ini. 

Cara Download Jurnal Berbayar Menjadi Gratis

Dengan cara download jurnal yang berbayar secara gratis, anda bisa memanfaatkan untuk beberapa situs yang menyediakan jurnal berbayar menjadi gratis, diantaranya adalah : 
  • SCI-HUB.
  • Library Genesis.
  • E-Perpusnas (Perpustakaan Nasional).
Cara Download Jurnal Internasional Berbayar Secara Gratis

1. Download Jurnal Internasional Via SCI-HUB
Download Jurnal berbayar dengan gratis melalui SCI-HUB
Download Jurnal internasional dengan SCI-HUB
Buat anda mahasiswa yang low budget dan ingin mendownload jurnal berbayar dengan gratis, SCI-HUB adalah solusinya, lalu bagaimana cara download jurnal berbayar dengan sci hub? Simak baik-baik cara download jurnal berbayar di sci hub berikut ini :
  • Setiap jurnal pasti punya Digital Object Identifier (DOI). DOI itu gampangnya kaya alamat unik yang bersifat permanen.
Salin link situs DOI kemudian download jurnal internasional berbayar agar gratis
Alamat situs jurnal internasional 
  • Copy DOI jurnal yg diinginkan.
  • Kunjungi alamat sci-hub.tw atau sci-hub.se
  • Masukkan DOI/Alamat yang jurnal yang anda cari tadi.
  • Klik open. 
  • Jurnal akan kebuka. bisa diliat, dibaca, dan disimpan. 
NB: kadang alamat scihub itu tidak bisa diakses, alias keblokir. Terus caranya gimana dong? scihub punya alamat yang banyak nanti kalian google aja "alamat scihub sekarang" atau "where is scihub now". 
Untuk mendownload jurnal berbayar ada juga cara download jurnal berbayar selain sci hub, yakni Library Genesis. Cara download jurnal internasional menggunakan Library Genesis, caranya tidak jauh berbeda dengan sci hub. Jadi anda tidak perlu bingung untuk cara download jurnal berbayar tanpa bayar.

2. Download Jurnal Internasional Via Scimagjor
Solusi bila sci hub terlock untuk download jurnal internasional
Scimagjor
Buat anda yang sedang mencari jurnal tapi mengeluarkan sedikit biaya, anda bisa mengandalkan Scimagjor untuk cara download jurnal yang berbayar menjadi gratis. Berikut langkah - langkahnya :
  • Kunjungi website jurnal Scimagjor melalui link jurnal internasional di gen.lib.scimag atau Scimagojr.
  • Kemudian paste no DOI  pada kolom pencarian (search). Maka laman akan menampilkan beberapa link untuk mendownload paper secara gratis. 
  • Libgen contohnya, website Scimagjor nanti akan diarahkan ke laman Libgen.
Situs jurnal internasional Scimagjor solusi buat yang ingin download jurnal secara gratis.
Download Jurnal
  • Kemudian klik Get yang berada pada samping kanan, maka jurnal berbayar otomatis terdownload. 
Jika anda ragu dengan situs - situs diatas, mungkin ada yang bilang bahwa mendownload jurnal internasional menggunakan situs tersebut adalah tindakan ilegal. Anda bisa menggunakan e-resources perpustakaan kampus anda, jika universitas anda menyediakan e-resources.

3. Download Jurnal Internasional Via e-resources
Solusi bust mahasiswa untuk mendownload jurnal berbayar dengan gratis
E - Resources
Atau bisa juga menjadi member e-resources perpustakaan nasional, agar bisa mendownload jurnal internasional secara resmi (legal) dari pemerintah. Lalu bagaimana cara download jurnal melalui e-resources ? Caranya sebagai berikut :
  • Pertama buka dahulu website Perpustakaan Nasional bisa anda kunjungi disini.
  • Selanjutnya, Daftar menjadi anggota perpustakaan agar bisa login.
  • Setelah login, akan terlihat beberapa terbitan elektronik yang bisa anda telusuri.
Situs download jurnal berbayar menjadi gratis
Cara download jurnal internasional di e resources
  • Pada kolom search, tuliskan kata kunci jurnal yang anda cari. Sebagai contoh : FP Growth, maka akan keluar beberapa jurnal seperti Jurnal Of Information Technology Research (JITR).
  • Selanjutnya klik full text online, untuk menuju laman jurnal. 
  • Terakhir klik download Pdf untuk mendownload jurnal.
Note: tetapi e-resources sendiri tidak berlangganan semua penyedia jurnal, seperti IEE, ACM Digital Library.
Demikian tata cara download jurnal berbayar dengan gratis, banyak cara untuk mendownload jurnal yang berbayar secara gratis, yakni dengan membuka situs yang menyediakan jurnal-jurnal internasional dengan gratis, caranya sangat mudah cari jurnal yang anda inginkan, kemudian copy no DOI - nya, kemudian download jurnal berbayar dengan situs diatas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mudah Banget Begini Cara Download Jurnal Berbayar Dengan Gratis"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel