Home » , , » Cara Mudah Tracking Satelit Parabola Untuk Pemula

Cara Mudah Tracking Satelit Parabola Untuk Pemula

Panduan Cara Tracking Satelit - Bila membahas mengenai tracking satelit terutama satelit Indonesia seperti Palapa D dan Telkom 4, dapat dilakukan dengan mudah untuk mendapatkan siaran satelit parabola bila anda tau dasar - dasar pada saat melakukan lock Satelit Parabola.
Cara Tracking Satelit
Bpflash kali ini berkesempatan berbagi ilmu bagaimana cara mudah tracking satelit parabola yang baik dan benar untuk pemula, dengan mengetahui cara tracking satelit anda akan dengan mudah untuk menaklukkan satelit yang akan anda tuju.

Sebenarnya cara tracking satelit sangatlah mudah dilakukan pada saat mencari sinyal satelit parabola, akan tetapi terkadang bagi pemula tracking satelit mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan siaran satelit. Dimana para pemula pada saat tracking satelit tidak dibekali ilmu dan secara otodidak (seperti saya), hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan tracking satelit anda harus memperhatikan berbagai hal misalnya.

1. Perangkat Parabola

Perangkat parabola yang harus diperhatikan pertama adalah ukuran dish (feed) parabola, dimana dish parabola memiliki ukuran yang berbeda - beda. Untuk dish PayTv menggunakan ukuran dish mini sekitar 80 cm, sedangkan untuk dish parabola seperti Venus dan Matrix mempunyai ukuran yang lebih besar dari dish tv berbayar.
Cara tracking satelit intelsat 19 dengan dish indovision
Cara Tracking Satelit Intelsat 19 FijiTV
Modifikasi Parabola Bekas PayTv
Ukuran dish parabola Venus dan Matrix mempunyai ukuran mulai dari 6 feed hingga 12 feed, jadi semakin besar ukuran dish parabola dapat mempengaruhi kekuatan signal serta memudahkan pada saat lock satelit.

Kedua Receiver Parabola hal ini receiver parabola sangat penting saat tracking satelit, karena setiap receiver mempunyai fitur yang berbeda. Receiver parabola terdiri dari dua macam yaitu Mpeg 2 dan Mpeg 4, karena ada saluran pada satelit hanya bisa di akses melalui Receiver Mpeg 4. Selain itu pada Mpeg 4 terdapat channel dengan kualitas HD.

2. Lokasi Tracking Satelit Parabola

Lokasi tracking satelit anda harus memperhatikan lokasi tracking satelit, jangan sampai terhalang pepohonan atau bahkan bangunan. Karena bila parabola terhalang anda akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal satelit.

Jangkauan beam satelit juga harus diperhatikan misalnya pada saat tracking satelit NSS 6 Dengan Dish Ex PayTv di wilayah Jawa Tengah, anda akan kesulitan dan bahkan tidak bisa lock satelit pada saat tracking satelit NSS 6 dikarenakan jangkauan Beam hanya untuk wilayah Indonesia bagian barat.

Cara Pointing Satelit Parabola Untuk Pemula

Pointing satelit parabola (tracking satelit) sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah bahkan untuk anda para pemula asalkan kualitas perangkat bagus dan beam satelit masuk, dengan dasar cara tracking satelit parabola bagi pemula ini bisa menjadi panduan guna menaklukkan banyak satelit.

Sebenarnya cara lock satelit bisa dilakukan dengan metode apapun, selagi satelit yang di tuju dengan cara tracking satelit parabola yang benar. Bila anda ingin tahu cara tracking satelit parabola yang benar, bisa anda coba langsung untuk mencoba lock satelit. Untuk lebih jelasnya simak gambar parabola dibawah ini.
Bagian Parabola
1. Baut yang diberi nomor 1 berfungsi untuk menentukan sudut Azimut, peran dari baut tersebut sangat penting untuk pengguna actuator pada saat berpindah - pindah satelit dan menentukan titik 0 LNB  agar tidak berubah.

2. Baut Goestasioner Satellite yang berfungsi untuk mengatur kemiringan dish parabola Utara dan Selatan, dan biasanya untuk menentukan sudut satelit parabola dengan goestasioner satellite yang sejajar dengan garis kathulistiwa. Jadi untuk yang berada di selatan garis kathulistiwa dish parabola akan menjorok ke Utara dan sebaliknya.

3. Baut Penyangga Parabola berfungsi untuk menentukan sudut satelit parabola dan menentukan evelasi parabola, nah pada baut penyangga parabola tersebut bisa digeser untuk tracking satelit. Gambar di atas baut penyangga sudah di ganti dengan actuator jadi bila ingin berpindah pindah satelit secara otomatis dengan bantuan remote.

Cara mudah tracking satelit parabola untuk pemula, langsung saja ikuti langkah - langkahnya.

1. Tentukan satelit yang ingin anda lock, misalnya Apstar 6, Thaicom 5, Asiasat 5, Palapa dan Telkom. Cari info mengenai Satelit, mulai dari jangkauan Beam, Frekuensi Terkuat, Posisi Satelit Dari Barat ke Timur.

3. Siapkan perlengkapan untuk tracking satelit, Receiver, TV (Laptop atau Monitor), Kunci yang dibutuhkan untuk tracking satelit, Kompas dan Waterpass (kalau ada). Buka Menu Setting, Masukkan Satelit, Freq Terkuat, kemudian setting antena parabola sesuai dengan satelit yang akan di lock (Ku Band maupun C Band).

5. Perhatikan posisi satelit akan di lock, dimana hal ini akan memudahkan anda dalam tracking satelit. Misalnya anda ingin thaicom 5, maka posisi dish parabola dari satelit Palapa di geser ke atas secara perlahan ke arah Barat.

Dan perhatikan intensitas signal, bila mengalami kenaikan maka geser secara perlahan dan maksimalkan sinyal. Tetapi mendapati sinyal lemah dan posisi satelit sudah benar, anda bisa memutar dish parabola ke Utara atau Selatan hingga mendapatkan signal maksimal.
Tracking Asiasat 7
6. Setelah signal kuat dan sudah maksimal, maka kencangkan kembali baut penyangga agar posisi tidak berubah. Kemudian lakukan Blind Scan (Scan Otomatis), begitulah cara tracking satelit dan selamat anda sudah bisa lock satelit parabola bila poin poin di atas anda temui. Atau bisa simak video cara tracking satelit parabola dibawah ini. 
Panduan tracking satelit diatas adalah pembahasan mengenai cara tracking satelit parabola dengan baik dan benar sesuai pengalaman saya pribadi, semoga cara tracking satelit yang saya bagikan bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba tracking satelit.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...