Cara Tanam Hidroponik Dengan Teknik Sederhana Bagi Pemula

Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas apa itu hidroponik, dalam artikel tersebut sudah kami ulas dengan lengkap mulai dari pengertian, media tanam, nutrisi dan tanaman apa saja yang bisa di tanam dengan metode hidroponik. Dan kali ini akan kami bahas lebih dalam lagi cara menanam hidroponik untuk pemula, namun simak terlebih dahulu mengenai apa itu hidroponik secara singkat.
Bercocok tanam dengan metode hidroponik sekarang ini ini sedang hits atau sedang naik daun, cara menanam hidroponik adalah metode baru. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan teknik hidroponik sangat beragam, mulai dari sayuran dan buah - buahan secara organik.
cara menanam hidroponik beserta gambarnya
Bercocok tanam dengan metode hidroponik sekarang ini ini sedang hits atau sedang naik daun, cara menanam hidroponik adalah metode baru. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan teknik hidroponik sangat beragam, mulai dari sayuran dan buah - buahan secara organik.

Teknik menanam hidroponik sendiri tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas, cara menanam hidroponik juga sangat mudah dan simple. Media tanam hidroponik yang digunakan juga mudah didapat, anda bisa menggunakan barang - barang bekas disekitar dan menggantungkan di dinding sebagai tambahan dekorasi.

Selain itu, anda bisa mengasah kreativitas untuk mengolah dan menciptakan media baru untuk bercocok tanam. Manfaat cara menanam menggunakan teknik hidroponik hasil panen akan lebih cepat dan lebih bersih dibandingkan dengan bercocok tanam biasa yang menggunakan media tanah.

Tetapi menanam dengan cara hidroponik anda harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu :
  1. Ketepatan dalam pemberian nutrisi.
  2. Intensitas cahaya, dan 
  3. Suhu di sekitar tanaman.
Buat anda yang pemula, adapun aspek yang perlu diperhatikan saat menanam hidroponik adalah pemberian air nutrisi. Pada saat memberikan nutrisi harus benar-benar tepat dan dapat diserap dengan sempurna, karena bertanam dengan cara hidroponik hanya menggunakan media tanam berupa air nutrisi. 

Buat anda sebagai pemula, yang masih bingung bagaimana cara menanam tanaman dengan hidroponik. Anda bisa simak dibawah ini menanam hidroponik dengan cara sederhana :

Cara menanam hidroponik dengan barang bekas

Ada dua cara untuk bertanam dengan teknik hidroponik yaitu Cara menanam hidroponik menggunakan NFT (Nutrient Film Technique) dan Cara menanam hidroponik menggunakan WICK. Mari kita bahas satu persatu mulai dari cara menanam hidroponik NFT yang benar :

Cara Penanaman Hidroponik dengan NFT
Cara tanam hidroponik teknik nft ini merupakan metode hidroponik paling populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik dengan media Pipa Paralon.
Hidroponik teknik NFT
Cara tanam hidroponik teknik nft ini merupakan metode hidroponik paling populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik dengan media Pipa Paralon. Berikut caranya :
  • Pertama siapkan beberapa pipa atau talang dan pompa.
  • Kemudian buat lubang sesuai dengan panjangnya, dan pastikan jarak lubang pipa sama dengan lainnya.
  • Selanjutnya susunlah pipa yang sudah dilubangi menjadi media tanam.
  • Berikutnya siapkan penampung air bisa ember atau bak di ujung pipa yang lebih rendah.
  • Kemudian, pasang pompa untuk mengalihkan air nutrisi agar sirkulasi aliran maksimal.
Metode yang satu ini mempunyai konsep dasar menanam akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam, dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi. Tonton video cara penanaman hidroponik dengan NFT :
Cara menanam hidroponik dengan teknik WICK
menanam hidroponik menggunakan wick. Cara ini tak kalah terkenal dengan cara yang pertama, teknik ini disukai karena cara menanam hidroponik dengan mudah dan murah. Selain itu, bahan yang diperlukan mudah didapat serta murah, dan teknik ini sangat cocok buat anda yang ingin mencoba bertanam hidroponik.
Hidroponik Teknik Wick
Cara kedua, menanam hidroponik menggunakan wick. Cara ini tak kalah terkenal dengan cara yang pertama, teknik ini disukai karena cara menanam hidroponik dengan mudah dan murah. Selain itu, bahan yang diperlukan mudah didapat serta murah, dan teknik ini sangat cocok buat anda yang ingin mencoba bertanam hidroponik.

Pertama siapkan dahulu peralatan menanam hidroponik dengan teknik WICK, berikut alat - alatnya :
  1. Botol air mineral.
  2. Alat pemotong Sumbu kompor atau kain flanel.
  3. Alat untuk melubangi bisa berupa solder atau paku.
  4. Air nutrisi.
Langkah - langkah membuat tanaman hidroponik :
  • Pertama potong botol bekas menjadi 2 bagian.
  • Kedua, Lubangi tutup botol.
  • Kemudian Gabungkan ke dua bagian botol, dengan cara membalik bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  • Selanjutnya pasang sumbu kompor atau kain flanel di lubang pada tutup botol, tes sumbu atau kain bisa menyerap air nutrisi.
  • Terakhir tanam bibit tanaman pada bagian atas botol dengan tanah secukupnya dan isi bagian botol bawah dengan air nutrisi. Tonton video cara penanaman hidroponik menggunakan wick :
Demikian cara menanam hidroponik metode hidroponik sederhana dengan teknik yang mudah dan murah bagi anda yang pemula, pasti sangat cocok yang ingin mencoba cara bercocok tanam hidroponik dengan organik. Dan selamat mencoba cara tanam hidroponik. 

0 Response to "Cara Tanam Hidroponik Dengan Teknik Sederhana Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel