Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Online

Pajak Online - Memiliki kendaraan bermotor roda 4 (empat) maupun 2 (dua) wajib untuk membayar pajak tahunan dan pajak 5 tahunan, dimana untuk mengetahui kapan jatuh tempo untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) bisa anda lihat pada lembar STNK.
Samsat Terpadu
Tempat Pembayaran Pajak Kendaraan
Dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dahulu masyarakat sering kerepotan untuk mengurus pajak kendaraan, dikarenakan prosesnya yang harus datang ke SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Serta harus mengantri untuk mengurus perpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK.

Namun dengan kemajuan teknologi dan kemudahan akses Internet, anda dapat dengan mudah untuk pembayaran pajak kendaraan secara online melalui transaksi elektronik. Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk mendatangi kantor SAMSAT, mengantri untuk waktu yang lama dan menghindari calo waktu bayar pajak kendaraan.

Demi meningkatkan pelayanan pajak kendaraan Pemerintah melakukan inovasi dalam pembayaran pajak, kini anda dapat dengan mudah cek pajak kendaraan online guna mengetahui informasi kewajiban wajib pajak kendaraan bermotor.

Nah berikut ini beberapa layanan pajak kendaraan agar memudahkan mengetahui info PKB anda bisa pilih layanan mana yang akan anda gunakan untuk mengecek pajak kendaraan melalui hp dibawah ini. 
  1. Website Samsat Online.
  2. E - Samsat.
  3. Aplikasi Samsat Online Indonesia. 
Tetapi program pajak online kendaraan bermotor ini belum sepenuhnya dapat di akses di sebagian wilayah, anda bisa menyimak beberapa daerah yang sudah bisa cek pajak kendaraan bermotor secara online. Berikut uraian lengkap mengenai cek harga pajak kendaraan online :

Manfaat Layanan Samsat Online
Manfaat samsat online
Samsat Online
Dengan kemudahan akses Internet kini masyarakat dapat dengan mudah menggunakan Samsat Online untuk pembayaran pajak kendaraan atau PKB, Samsat Online memberikan beberapa layanan pembayaran pajak kendaraan roda dua maupun roda empat, diantaranya sebagai berikut :
  • Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor dalam pengesahan STNK 1 Tahun.
  • Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor tidak ganti STNK. Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  • Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor tidak terlambat lebih dari 1 (satu) tahun.
  • Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor tidak hilang, lapor jual, kecelakaan dan bekas kriminal.
Kemudian manfaat adanya samsat online ada dua yaitu :
  1. Bagi Samsat dalam merealisasikan program dapat dilihat dengan mudah serta penerimaan per UPT PDD secara keseluruhan. Selain itu Samsat Online data lebih akurat dan up to date.
  2. Bagi Wajib Pajak akan memudahkan dalam pembayaran pajak dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan di kantor bersama Samsat manapun dalam satu wilayah Provinsi.
Untuk saat ini beberapa Daerah Provinsi yang sudah melayani pembayaran pajak mobil online, meliputi :
Jawa Timur : Melalui Situs resmi e samsat Jatim bisa klik disini
Jawa Tengah : Melalui Situs resmi e samsat Jateng bisa klik disini.
Jawa Barat  : Melalui Situs resmi Bapenda Jabar klik disini.
DKI Jakarta  : Melalui Situs resmi Samsat Jakarta disini
Nangroe Aceh Darusalam : Bisa langsung melalui situs resminya disini
Banten : Info Pajak Mobil bisa langsung disni
Samsat Online Berdasarkan Wilayah

Buat anda yang tidak mempunyai waktu luang dan tidak bisa datang ke SAMSAT, dan terpaksa membayar pajak kendaraan bermotor melalui biro jasa pengurusan PKB. Anda akan sangat tertolong dengan adanya sistem perpanjangan STNK Online. Namun, sebelumnya tiga wilayah ini yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten telah menerapkan perpanjangan STNK Online.

Maka dari itu, orang yang sudah memiliki KTP Bekasi dapat mengurus pajak kendaraan di DKI Jakarta, tetapi tidak semua samsat di Jakarta bisa melayani pengurusan STNK Online. Nah berikut ini daftar wilayah SAMSAT Online yang bisa diakses karena sudah terintegrasi, yaitu :
  1. Wilayah Banten : BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, dapat memproses STNK online di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere. 
  2. DKI Jakarta : Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dapat dilayani online di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  3. Jawa Barat : Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi, pengurusannya dapat dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.
Samsat Terpadu Di Jawa Barat

Inovasi dari Polda Jawa Barat dan pihak terkait kini telah berinovasi untuk melayani pengurusan pajak kendaraan bermotor secara online, dengan peluncuran perpanjangan STNK secara online kini dapat dilakukan di di semua wilayah Jawa Barat. Meski proses perpanjang STNK secara online, pemohon perpanjangan pajak STNK harus dilakukan di Samsat terdekat.

Misalnya anda tinggal di Bekasi dan memiliki nomor kendaraan wilayah Cirebon, anda tidak perlu datang ke Samsat Cirebon untuk perpanjang STNK, anda dapat menguus pajak STNK di Bekasi. Samsat online terpadu Jawa Barat buka setiap hari kerja mulai melayani dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB.

E - Samsat

Selain itu, Tim Pembina Samsat Jawa Barat telah melakukan inovasi dengan membuat E-Samsat yang bekerja sama dengan beberapa bank. Sehingga nasabah dapat melakukan pembayaran sejumlah uang Rp. 64.000 melalui jaringan ATM di Bank yang telah bekerja sama, seperti Bank BJB, Bank BCA, Bank BRI, Bank Permata dan Bank CIMB Niaga dan Bank BNI.

Berdasarkan info dari situs resmi bapenda jabar, berikut ini syarat untuk menikmati fasilitas E-Samsat: 
  • Kendaraan bermotor tidak dalam status blokir Ranmor atau blokir data kepemilikan.Wajib Pajak STNK memiliki telpon dan nomor seluler yang masih aktif yang bisa dihubungi.
  • Wajib Pajak STNK memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA atau Bank BRI dan identitasnya sama dengan data kendaraan.
  • Kendaraan yang bisa melakukan daftar ulang adalah yang Wajib Pajak STNK wajib memiliki Nomor KTP sesuai antara yang terdaftar di samsat dan di Rekening Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA atau Bank BRI.
  • Hanya berlaku untuk pembayaran pajak STNK 1 tahun dan tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK  5 tahunan.Pajak STNK yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa berlaku STNK.
  • Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha, yayasan atau badan sosial).
Samsat Online DKI Jakarta

Update terbaru, sekarang ini bagi Anda yang memiliki motor dan berplat DKI Jakarta sudah bisa membayar pajak secara online, yakni dengan transfer ke bank. Memang sebelumnya hanya Bank DKI saja, tapi kini sudah mulai banyak bank yang bekerja sama dengan samsat online ini, antara lain Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN dan Bank Bukopin. Cara pembayarannya pun sama dengan e-samsat Jawa Barat.

Lalu bagaimana dengan warga yang tidak memiliki rekening bank terkait ? Buat Anda yang tidak memiliki rekening bank yang bekerja sama, anda dapat membayar pajak melalui beberapa gerai Samsat Drive Thru, meliputi :
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur beralamat :  Jl. DI Panjaitan No. 55 Jakarta Timur.
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara beralamat : Jl. Gunung Sahari Raya No. 13 Jakarta Utara.
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan beralamat : Jl. Gatot Subroto No. 2 Jakarta Selatan.
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat beralamat : Jl. Daan Mogot KM. 13 Jakarta Barat.
Pada dasarnya Samsat Drive Thru ini cukup praktis, dikarena hanya memberikan STNK, BPKB, dan KTP atas nama BPKB, kemudian membayarnya.

E-Samsat Jawa Timur

Di Jawa Timur juga berInovasi dengan E-Samsat, dan bahkan fiturnya lebih bagus dibandingkan E-Samsat Jawa Barat. Karena pembayaran STNK tidak hanya melalui ATM, namun dapat dibayarkan melalui teller Bank Jawa Timur. Pembayaran pajak STNK juga dapat diakses melalui mobile banking dan Internet banking,kemudian untuk tahapan pembayarannya, anda bisa mengunjungi situs Bank Jatim. Baca juga : cara cek pajak jawa Timur online melalui e-samsat

Samsat Online Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah juga menerapkan Samsat Online yang bisa di akses melalui situs resmi Samsat Online Jawa Tengah. Nantinya anda akan diarahkan untuk mendownload aplikasi bernama Sakpole, yang dapat diunduh gratis melalui Google Play Store. Pada saat melakukan pembayaran pajak online, hanya dapat dilakukan di ATM Samsat Bank BNI dan Bank Jateng. Langkah-langkahnya silakan baca cara bayar pajak online Samsat Jateng.

Cek Pajak Online
Cara mudah cek pajak online kendaraan bermotor
Cara cek pajak kendaraan online
Samsat online juga melayani cek pajak online, dengan melalui layanan samsat online, kini anda dapat melakukan pengecekan pajak STNK secara online. Untuk pengecekan pajak kendaraan bermotor bisa kantor Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta tepatnya melalui situs Samsat Jakarta. Namun, bila plat nomor mobil atau sepeda motor kurang dari 4 angka, maka tambahkan angka 0 di bagian depan sesuai dengan nomor kendaraan anda.

Berikut contoh plat nomor B 123 RFS, maka pengecekan harus menambahkan angka 0 sebagai berikut B 0123 RFS. Apabila setelah dilakukan pengecekan tidak ada keterangan, maka kemungkinan besar plat nomor tersebut tidak terdaftar di samsat DKI. Jika proses pengecekan berhasil, muncul semua informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan, termasuk kapan jatuh temponya.

SMS Pemeriksaan STNK
Cara cek STNK asli atau palsu
Pemeriksaan STNK
Buat anda yang hendak membeli kendaraan bekas atau second hand, dan tidak ingin kena tipu dengan berbagai modus penipuan BPKB dan STNK palsu. Anda dapat melakukan pengecekan STNK melalui SMS untuk melihat keaslian surat tanda nomor kendaraan lewat ponsel android anda.

Untuk membedakan surat-surat kendaraan asli dan palsu sebagai orang yang awam pasti anda akan kesulitan, tetapi sebelum anda melakukan transaksi pembelian kendaraan, ada baiknya ek validitas plat nomor kendaraan dengan mengirimkan sms. Tetapi tidak semua provinsi memiliki layanan cek STNK melalui SMS, nah berikut ini layanan SMS cek STNK yang ada di Provinsi Indonesia :

Jawa Timur
SMS: JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: JATIM L2222DS, Lalu kirim ke 7070
DKI Jakarta
SMS: METRO <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: METRO B1234PUT, Lalu kirim ke 1717
Jawa Barat
SMS: poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: poldajbr D4545JK, Lalu kirim ke 3977
Jawa Tengah
SMS: JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: JATENG AD4784KD, Lalu kirim ke 9600
DI Yogyakarta
SMS: DIY <spasi> PlatNomorKendaraan Contoh: DIY AB2345UO, Lalu kirim ke 9600. 
Demikian pembahasan mengenai cara bayar pajak kendaraan bermotor melalui online, semoga tata cara bayar pajak online melalui website, aplikasi dan e samsat dan juga tata cara cek keaslian surat-surat kendaraan lewat sms dapat membantu anda.

0 Response to "Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Online"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel