Home » , , , » 4 Cara Mudah Service Motor Dan Perawatan Berkala Sepeda Motor

4 Cara Mudah Service Motor Dan Perawatan Berkala Sepeda Motor

Setiap hari pastinya kita menggunakan kendaraan untuk bepergian, mulai dari sekolah, liburan, bekerja, dan lainnya. Saking sibuknya kita hingga lupa melakukan perawatan dan akhirnya motor yang kita kendarai menjadi rusak dan jasa sevice membutuhkan biaya yang banyak dan kami juga memberikan Tips cara memperbaiki shock depan motor mati atau bocor.
Sebenarnya service ringan sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah anda lakukan sendiri dirumah apabila anda memiliki banyak waktu luang, seperti mengganti oli, pengecekan kondisi oli, menganti oli mesin dan pengecekan kondisi, kekencangan dan kekendoran rantai.

Berikut ini kami berikan cara service sendiri dirumah yakni cara service motor yang bisa anda ikuti dengan mudah, meskipun anda awam tentang cara servis kendaraan bermotor pasti bisa praktek dengan mudah :

1. Filter Udara 
Filter udara adalah salah komponen penting bagi kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke karburator, namun perangkat ini bisa kotor tertutup debu apabila digunakan dalam jangka tertentu.

Apabila kejadian itu sudah terjadi maka filter model sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan. Akan tetapi ada filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.

Cara Membersihkannya tergantung dari bahan, apabila bahan busa tinggal mencelupkan kedalaman bensin kemudian keringkan dengan cara memerasnya, lakukan hingga beberapa kali dirasa benar-benar bersih.
Pada saat membersihkan busa usahakan tidak dipelintir, dikarenakan bisa gampang rusak dan jadi melar. Kemudian habis diperas, pada permukaan busa dilumuri oli SAE 10W-40 secukupnya.

2. Karburator 
Karburator berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara, kemudian uap bahan bakar terisap masuk ke ruang bakar. Agar suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.

Cara Membersihkannya, tidak harus di bongkar karburatornya, membersihkan karburator bisa dilakukan dengan cara menyemprokan cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada boks filter udara.

Kemudian semprotkan beberapa kali dan usahakan mesin dalam keadaan hidup. Pada saat cairan disemprotkan dalam karburator, jangan lupa gas dimainkan.

3. Busi
Busi merupakan komponen penting untuk proses pembakaran karena proses pembakaran takan terdapat kerak yang menempel pada kepala busi. Apabila ini dibiarkan maka proses pembakaran terganggu, dan akan berakibat minimnya letikan api dari busi untuk membakar uap bensin.

Lalu cara untuk menghindari hal tersebut, kepala busi harus dibersihkan dari kerak yang menempel. Dengan cara bersihkan bersihkan bagian tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan ampelas atau bisa juga dengan sikat kawat.

4. Rantai
Terkadang Rantai akan mengalami kendor, kering dan berdebu. Dan akan membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini akan kurang maksimal. Dan untuk mengembalikan berfungsi normal perlu disetel kembali dengan jarak main 2,5-3 cm.

Dan bila kondisi rantai kering, bisa anda lumasi dengan pelumas. Dan pastikan oli yang digunakan masih baru, dan cara yang paling praktis dengan menyemprotkan chain lube, selain mencegah rantai kering, rantai juga akan bebas debu.

Di atas merupakan cara service sepeda motor yang tidak akan membuat anda ribet dan dapat dilakukan dengan mudah, dan berikut ini perawatan berkala sepeda motor Honda :

1. Pemeriksaan, Penggantian / Penambahan* Pelumas
Dalam pemeriksaan oli apakah pelumas mesin masih baik atau tidak, jika sudah kurang baik sebaiknya diganti dan bila kurang tinggal ditambahkan lagi. Akan tetapi harus diingat untuk mengganti dengan minyak pelumas yang sama dengan minyak pelumas yang sebelumnya. Ini dimaksudkan agar minyak pelumas tidak bereaksi dengan minyak pelumas yang lain.
Untuk memilih minyak pelumas harus disesuaikan dengan karakter mesin yang digunakan, hal ini akan merawat mesin agar tetap baik selain itu juga dapat menghemat pengeluaran untuk minyak pelumas. Dan perlu diketahui jika mesin motor yang digunakan hanya untuk pergi kantor atau pergi sekolah yang tidak memerlukan kerja keras dari mesin maka pelumas yang dibutuhkan tidak perlu menggunakan pelumas sinthetic.

Dari harga olinya yang mahal, untuk mesin pun kurang efektif, namun jika mesin yang digunakan untuk balap (untuk jarak yang jauh atau mesin bekerja dengan keras maka pemilihan oli sinthetic cukup tepat).

Dalam pemilihan minyak pelumas kebanyakan orang memakai SAE dengan seri W, dalam penggunaan seri tersebut memang baik di gunakan untuk negara dengan 4 musim, tetapi jika digunakan di negara tropis minyak pelumas tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal. Lebih baik jika dengan menggunakan minyak pelumas yang biasa, karena minyak pelumas yang bukan seri W sudah cukup untuk negara yang berada dikawasan tropis.

2. Pemeriksaan / Penyetelan Renggang Klep
a. Lankah pertama cek pelatuk klep biasanya jarak clearance bebas untuk sepada motor bebek 0,05 mm. 
b. Pastikan posisi piston berada di posisi TMA pada langkah kompresi. 
c. Dan pemeriksaan dilakukan pada saat mesin dalam kondisi dingin.

Dan berikut ini Cara menyetel kerenggangan katup/klep :
1. Pertama tama longgarkan mur pengikat. 
2. Kemudian longgarkan mur penyetel. 
3. Lalu masukkan fuller gauge. 
4. Kemudian setel mur penyetel. 
5. Terakhir kencangkan mur pengikat.

3. Pemeriksaan / Penyetelan Rem
Pertama periksa jarak kerenggangan atau jarak bebas tuas rem depan dan rem belakang. Untuk Rem Tromol berikut cara-caranya :
1. Periksa keausan rem tromol. 
2. Periksa tromol rem terhadap keretakan atau kerusakan.

Dan untuk Rem Cakram sebagai berikut :
1. pemeriksaan adanya udara dalam sistem rem dan berikut ini cara memperbaiki rem cakram motor blong atau masuk angin. 
2. Lakukan pemeriksa keausan pada pad.

Dan berikut ini cara pemeriksaan atau penambahan minyak rem :
1. Langkah pertama posisikan tabung raservoir pada posisi mendatar. 
2. Kemudian buka cover & diafragmanya letakkan pada tempat yang aman.
3. Tutup bagian yang kemungkinan terkena minyak rem dengan kain lap.
4. Sediakan air untuk mengantisipasi jika ada yang terkena minyak rem.

4. Pemeriksaan / Penambahan Air Aki
Langkah yang harus dilakukan saat penambahkan cairan battery untuk setiap sel sampai batas yang ditentukan. Bila aki sudah rusak gantilah aki yang sesuai agar kembali berfungsi normal.

Itulah beberapa Cara Service Motor Dan Perawatan Berkala Kendaraan Bermotor, semoga bermanfaat untuk anda. Agar motor anda tetap terawat dan ngacir lakukan perawatan di bengkel resmi sesuai kendaraan anda.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...