Inilah Cara Mudah Memperbaiki Shock Motor Depan Di Rumah

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas Cara Service Sepeda Motor Dan Cara memperbaiki rem cakram motor blong. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan memberikan tips cara memperbaiki shock depan motor yang mati atau bocor.
Shockbreaker merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor, Shockbreaker lebih di kenal dengan suspensi. Shockbreaker berfungsi sebagai peredam goncangan pada saat kita melewati jalan bergelombang saat mengendarai kendaraan bermotor.

Namun kebanyakan orang lalai untuk melakukan perawatan Shockbreaker, dan akhirnya suspensi akan bocor dan rusak. Dan akan memakan banyak biaya yang banyak, selain itu pada saat mengendarai kendaraan bermotor tidak akan merasakan kenyamanan dikarenakan shock terasa keras.

Akan tetapi, sebaiknya periksa terlebih dahulu kenapa Shockbreaker bocor atau rusak, penyebab Shockbreaker bisa rusak dikarenakan Seal Bocor biasanya seal bocor diakibatkan karena benturan keras, as shock baret bisa juga as shock bengkok.

Perlengkapan Alat

Nah kali ini kami akan memberikan bagaimana Cara Memperbaiki Shock Depan Motor yang Rusak, pertama tama siapkan alat berikut ini :
  • Oli Shock.
  • Seal shock baru.
  • As Shock baru (jika as shock baret dan bengkok).
  • Wadah atau tempat oli bekas.
  • Kunci L.
  • Kunci As Roda dan Segitiga.
  • Bensin atau solar untuk membersihkan tabung/ bottom shock dan as shock.
  • Kunci T 8 dan Mata Ketok
  • Pencongkel ban motor
Setelah alat siap anda bisa service Shockbreaker motor sendiri dengan cara memperbaiki shock motor depan yang akan kami berikan. Nah berikut ini langkah-langkah pembongkaran shockbreaker depan :
Komponen Shok Depan

Cara Memperbaiki Shock Depan

  1. Langkah pertama turunkan standar tengah sepeda motor ditempat yang rata dan aman.
  2. Lepas Roda bagian depan.
  3. Kemudian lepas spakbor agar memudahkan pengerjaan.
  4. Lepas penutup shock bila baut tinggal kendorkan bautnya tetapi jika bukan baut lakukan dengan cara ditekan ke dalam lalu congkel ring penguncinya, kemudian keluar per shock.
  5. Kemudian kendorkan baut yang ada pada segitiga, lalu tarik kebawah agar shock terpisah dengan segitiga, setelah shock depan terlepas kuras oli shock dengan posisi terbalik pada tempat yang sudah di sediakan.
  6. Lalu kendorkan baut L yang berada dibagian bawah shock, untuk menahan baut agar mudah di lepas masukan kunci T 8 yang panjang dan pangkal mata ketok, selanjutnya pisahkan bottom shock dan as shock.
  7. Lepas ring penahan seal dengan obeng kemudian Congkel karet seal dengan Pencongkel ban motor, namun hati hati bottom shock bisa pecah bila menekan terlalu keras.
Setelah semua komponen Shockbreaker motor sudah terpisah semua cek semua kerusakan yang ada pada shock, berikut ini langkah-langkah pemeriksaan komponen shockbreaker depan :

Pertama anda harus membersihkan komponen shock depan dengan bensin. Kemudian cek kondisi as shock apakah terjadi baret, dan as shock depan bengkok sebaiknya ganti as shock.

Cara Pasang Shock Depan

Setelah pemeriksaan selesai kemudian rakit Shockbreaker depan berikut langkah - langkahnya :
  1. Pasang seal shock pada bottom shock dan jangan lupa untuk memasang ring penahan seal.
  2. Masukkan as shock ke bottom shock kemudian kencangkan baut L yang berada di bawah, pastikan krncang ya agar tidak ada kebocoran.
  3. Kemudian si oli khusus sok sesuai spesifikasi dan takaran oli shock depan yang direkomendasikan pabrik.
  4. Ke empat masukan per shock, pasang tutup atasnya dan pasang sok breaker ke segitiga.
  5. Terakhir pasang spakbor dan roda.
Untuk memastikan langkah -  langkah anda benar berikut ini video cara memperbaiki shock depan motor honda bocor atau mati, namun sebenarnya cara memperbaiki shockbreaker depan caranya tidak jauh berbeda dengan motor lainnya, dan ini hanya contoh sebagai berikut :
Setelah semua terpasang coba Shockbreaker apakah shock depan motor terasa keras atau malah terlalu empuk, apabila shock depan motor terasa keras maka takaran oli shock depan terlalu banyak dan ini penyebab shock depan motor terasa keras, sebaiknya takaran oli dikurangi dan bila terlalu empuk tinggal menambahkan takaran oli shock depan.

Demikian tips cara service Shockbreaker dan cara memperbaiki shock motor depan, shock depan motor terasa keras dan penyebab shock depan motor terasa keras. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Cara Mudah Memperbaiki Shock Motor Depan Di Rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel