Home » , , , , , » Begini Cara Tracking Satelit Telkom 4 dan Palapa Terbaru

Begini Cara Tracking Satelit Telkom 4 dan Palapa Terbaru

Cara Tracking Palapa dan Telkom 4, Bila membahas satelit Indonesia terutama satelit Telkom,  baru - baru ini para pengguna Parabola banyak yang mengeluhkan bahwa siaran di Telkom 3S menghilang, dimana dalam satelit telkom 3s ini terdapat daftar channel  tv nasional seperti Trans7, Trans TV, ANTV. Kenapa siaran satelit Telkom 3s menghilang ? Di karenakan channel pada telkom 3s migrasi ke Telkom 4 dan bagaimana cara mencari satelit telkom 4

Cara lock telkom 4 akan bpflash berikan panduan gimana Cara Tracking Satelit Telkom 4, di mana tracking telkom 4 untuk mencari Siaran Trans7, Trans TV, ANTV. Namun sebaiknya anda simak dahulu ulasan mengenai satelit telkom 4.
Cara mencari telkom 4 2019 - Pada tahun 2018 lalu yang sempat viral di dunia parabola, sebelumnya channel Trans7, Trans TV dan ANTV berada di satelit Telkom 1. Dikarenakan Telkom 1 mengalami kerusakan (Anomali), channel pada telkom 1 migrasi ke satelit Telkom 3S, untuk sementara waktu sampai diluncurkannya kembali Satelit untuk mengisi slot kosong (Orbit) yang di tinggalkan.

Pada awal tahun 2019 pemerintah Indonesia telah meluncurkan Satelit Telkom 4 untuk mengisi slot kosong dan mengganti Satelit Telkom 1 yang sudah tidak berfungsi, Satelit yang baru di luncurkan tersebut di kenal dengan nama Satelit Merah Putih atau Satelit Telkom 4.
Dengan aktifnya satelit telkom 4 (Satelit Merah Putih) menjadi berkah tersendiri bagi para teknisi parabola, dimana mereka akan dipanggil untuk menemukan siaran Trans7, ANTV, Trans TV yang merupakan daftar channel tv nasional yang ada di Satelit Telkom 4.

Bagi tekniksi parabola mencari satelit telkom 4, bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan. Dan untuk anda para pemula cara tracking telkom 4 merah putih bisa dilakukan dengan mudah, asalkan anda sabar dan teliti pada saat tracking satelit telkom 4.
Sebelum memulai cara tracking telkom 4, ada baiknya mengetahui posisi satelit telkom 4 terlebih dahulu. Posisi Satelit telkom 4 berada di garis bujur 119.5°E, jadi posisi parabola untuk satelit telkom 4 akan sedikit miring ke Timur. Dan untuk lock satelit telkom 4 dan palapa d anda bisa ikuti cara tracking satelit telkom 4,  berikut langkah - langkah-langkahnya :

1. Cara pertama yang belum pernah tracking parabola satelit Palapa - Telkom 4 :

Apabila posisi parabola anda belum pernah di tracking atau pointing ke satelit Palapa-Telkom 3S oleh teknisi parabola. Dan posisi parabola masih berada di posisi Palapa-Telkom 1, kemudian langsung masuk ke Menu-Daftar Satelit-Scan Automatis di satelit Telkom, maka automatis langsung bisa lock siaran di satelit Telkom 4.

2. Cara Tracking Parabola dengan 2 LNB :

Apabila posisi parabola anda pernah di tracking satelit Palapa-Telkom 3S, perhatikan dan lihat posisi LNB di Parabola. Akan terdapat 2 buah LNB dengan posisi satu LNB berada di titik fokus diameter parabola dan yang ke dua berada di sebelah LNB fokus yang biasanya disebut posisi Offside.
Bila posisi LNB 1 adalah Fokus atau di tengah dan posisi LNB 2 berada di sebelah timur, maka cara tracking satelit Palapa-Telkom 4 bisa mengikuti dua cara dibawah ini :

Cara pertama dengan masuk Pengaturan program reciver/Digital.
- Langkah pertama masuk ke Menu 
- Kemudian Daftar Satelit (cek pengaturan Palapa dan Telkom 3S /Telkom) 
- Lalu tukar pengaturan kedua Satelit tersebut, maka siaran di satelit Palapa akan hilang. Tapi jangan panik anda tinggal mengecek dan tukar pengaturan satelit dengan mengatur pengaturan Diseqc dan Switch 22k.

Apabila pengaturan Diseqc dan Switch 22k seperti ini :
- Telkom/3S adalah Diseq Port 2 atau B & 22K = On.
- Palapa adalah Diseqc Port 1 atau A & 22K = Off.

Maka anda harus merubah pengaturan kedua Satelit tersebut harus di tukar menjadi : 
- Telkom/3S menjadi Port 1 atau A & 22K = Off
- Palapa Diseqc Port 2 atau B & 22K = On

Setelah pengaturan Diseqc dan 22K dirubah, pantau salah satu channel di satelit Palapa atau Telkom, kemudian geser atau miringkan atau angkat parabola kearah barat. Dengan menggeser tiang penyangga sekitar 1Cm - 2Cm secara perlahan hingga kualitas sinyal terdeksi atau siaranya muncul kembali.
3. Cara Tracking Satelit Palapa dan Telkom 4 di Parabola dengan Tiang Fokus/cangkul LNB 180 Derajat.

Apabila posisi parabola anda pernah di tracking / pointing ke satelit Palapa-Telkom 3S, anda lihat dan perhatikan posisi LNB parabola tersebut. Maka akan terdapat 2 buah LNB, dimana posisi satu LNB berada di titik fokus diameter parabola dan yang keduanya berada di sebelah LNB Fokus biasa disebut dengan posisi Offside.

Posisi LNB 1 adalah Fokus atau di tengah dan Posisi LNB 2 berada di sebelah barat, maka cara tracking satelit Palapa-Telkom 4 bisa dengan 2 cara tracking yaitu Merubah Kemiringan Parabola dan Memutar Tiang Fokus/cangkul LNB 180 Derajat.

Dengan cara merubah kemiringan parabola anda bisa mengikuti cara tracking satelit dibawah ini :
Gambar posisi Satelit Telkom 4 dan Palapa D
a. Cara pertama yakni dengan merubah pengaturan program reciver /Digital.
- Masuk ke Menu-Daftar Satelit (cek pengaturan satelit Palapa dan Telkom). 
- Kemudian tukar pengaturan ke dua Satelit Palapa dan Telkom 4, maka siaran di channel pada kedua satelit tersebut akan hilang /lost. Dan untuk mendapatkan sinyal siaran maka anda harus merubah pengaturan satelit menjadi berikut ini :
- Palapa Diseqc Port 2 atau B & 22K = On
- Telkom/3S menjadi Port 1 atau A & 22K = Off

b. Cara Tracking Satelit Palapa dan Telkom 4 dengan Mengubah Arah Parabola.
- Pertama standbye di salah satu channel satelit Palapa bisa RCTI, MNC, INDOSIAR, dan TVONE. 
- Kemudian kendurkan baut tongkat penyangga kemiringan parabola.
- Lalu geser atau miringkan dengan mengangkat parabola ke arah barat kurang lebih 1Cm sampai 2Cm secara perlahan, dan pantau sampai kualitas sinyal baik. 
- Langkah terakhir masuk ke menu satelit, kemudian scan automatis di satelit telkom/3S, maka automatis langsung lock siaran di telkom 4.

c. Dengan Memutar Tiang Fokus atau biasa disebut dengan cangkul LNB 180 Derajat.
- Pertama - tama Stanbye di salah satu channel Palapa bisa di RCTI, INDOSIAR, TVONE.
- Kemudian kendurkan Baut Pengunci Tiang Fokus LNB, lalu putar tiang fokus/cangku LNB 180 derajat. Putar tiang fokus searah jarum jam dari Pkl 12.00 ke Pkl 06.00.

Note: bila Tracking dengan cara ini, maka posisi kemiringan parabola/dish tidak berubah dan kendala tracking dengan cara ini adalah biasanya baut2 pengunci tiang Fokus sudah berkarat dan susah di buka.

- Setelah tiang Fokus (cangkul) LNB di putar 180 Derajat, siaran channel di satelit palapa seharusnya bisa di lock dengan baik.
- Kemudian Masuk ke menu satelit-Cari satelit Telkom/3S-Lakukan scan Automatis di satelit Telkom maka automatis akan ke lock ke siaran Trans7,Trans TV,ANTV dll yang berada di Satelit Telkom4/Merah Putih.

4. Cara Tracking Satelit Palapa dan Telkom 4 menggunakan 4 LNB

Untuk posisi parabola yang pernah di tracking / pointing ke satelit Palapa-Telkom 3S, nah berikut cara panduan tracking satelit Palapa-Telkom4-Asiasat7-Asiaat 5 :

1. Merubah Pengaturan Program Reciver/Digital
- Masuk ke Menu
- kemudian Daftar Satelit
- lalu Pengaturan Satelit dan cek pengaturan satelit Palapa dan Telkom 3S/Telkom. 
- Kemudian tukar pengaturan ke dua satelit tersebut, dan setting pengaturan kedua Satelit tersebut menjadi : 
-Palapa Diseqc Port 2 atau B & 22K = On
-Telkom/3S menjadi Port 1 atau A & 22K = Off

2. Tracking Satelit dengan merubah Arah Parabola
- Pertama - tama Stanbye di salah satu channel Palapa bisa di channel MNC TV,Indosiar,TV ONE.
- Kemudian kendurkan baut tongkat penyangga kemiringan parabola.
- Kemudian geser parabola dengan mengangkat parabola  kearah barat kurang lebih 1Cm sampai 2Cm dan pantau siaran di satelit Palapa hingga kualitas sinyal terdeteksi.

Kemudian masuk ke menu satelit, lalu scan automatis di satelit telkom/3S maka automatis akan langsung lock siaran di telkom 4. Dan untuk LNB ke 3 dan ke 4 automatis juga akan langsung ke lock satelit Asiasat 3/7 dan Asiasat 5, dan scan automatis juga di kedua satelit ini. Bisa anda simak video cara tracking satelit Telkom 4 dan Palapa berikut ini.
Demikian bagaimana cara tracking satelit Palapa-Telkom 4, semoga cara tracking satelit telkom 4 ini yang kami berikan bisa membantu anda untuk menemukan daftar channel di satelit Telkom 4. Begitulah cara tracking satelit Palapa-Telkom dengan menggunakan 2 LNB atau menggunakan 4 LNB yang telah ksmi jelaskan, semoga bermanfaat bagi anda para teknisi parabola atau bagi anda yang ingin tracking sendiri satelit telkom untuk menonton acara kesayangan anda.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Ingin Punya SIM Internasional Begini Cara Membuat SIM International

International Driving Permit atau SIM Internasional adalah surat izin mengemudi Internasional, bila mempunyai international driving licens...