Teknik Dasar Bola Voli (VolleyBall) Secara Singkat

Sebelumnya kami sudah membahas tentang Sejarah Dan Pengertian Dasar Bola Voli, dan kali ini kami akan memberikan penjelasan teknik dasar bola voli secara singkat, yuk langsung saja ke dalam pembahas saja.

Permainan Bola Voli adalah suatu bentuk permainan yang termasuk dalam jenis olahraga permainan. Voli artinya pukulan langsung (memukul bola di udara secara langsung sebelum bola jatuh ke tanah).

Permainan Bola Voli merupakan olahraga yang tidak mudah dikuasai semua orang, namun bisa di pelajari bagi anda yang ingin menjadi pemain voli yang handal. Untuk menjadi pemain voli yang handal, terlebih dahulu harus menguasai Teknik Dasar Bola Voli terlebih dahulu, karena teknik dasar adalah sebuah pondasi yang penting dalam sesuatu hal tak terkecuali dalam olahraga bola voli.

Dalam teknik dasar bola voli ada 4 macam yakni :
  1. Servis (Service)
  2. Passing
  3. Smash (spike)
  4. Membendung (blocking)
Mungkin empat macam teknik dasar bola voli diatas bagi anda yang hobi permainan olahraga Bola Voli (VolleyBall) sudah tidak asing lagi dengan istilah diatas. Namun bagi anda yang ingin mendalami Bola Voli dan ingin menjadi pemain voli yang handal harus menguasai teknik dasar tersebut.

Nah berikut ini penjelasan teknik dasar bola voli beserta keterangannya :
1. Servis (Service)
Servis (Service) adalah sebuah awalan dalam permainan bola voli yang dilakukan oleh satu pemain. Meski pada dasarnya servis (service) merupakan tindakan awal untuk memulai pertandingan, namun jangan salah servis juga bisa menjadi serangan awal yang mematikan untuk mencuri poin dari lawan, servis (service) memiliki 3 teknik yakni servis atas, servis bawah, dan jump serve.

2. Passing
Passing adalah Teknik passing yang dapat digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menahan smash dari pihak lawan dan bisa juga untuk pengambilan bola setelah servis dan juga untuk pengambilan bola setelah terjadinya block atau bola pantulan net. Dalam Teknik Passing terdiri dari dua teknik yaitu passing atas dan passing bawah.

Teknik passing bawah terdapat 4 jenis passing yakni Forward dive (menjatuhkan diri ke depan), Two-armed defence on the move (pertahanan dua lengan dalam posisi bergerak), One-armed rolling dig to the side (pertahanan satu lengan dengan menjatuhkan diri ke sisi dean sambil menyendok bola). 

3. Smash (Spike)
Teknik Smash adalah teknik dasar bola voli yang digunakan sebagai serangan, dimana tangan melakukan kontak langsung dengan bola secara penuh pada bagian atas sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, dan teknik yang paling banyak digunakan dalam upaya untuk mendapatkan poin dalam suatu tim. Baca juga Fitnes Dirumah Dengan Alat Sederhana

Dalam teknik smash ada 4 variasi yakni Frontal smash (smash depan), Frontal smash twist (smash depan dengan memutar), Dump (tipuan) Smash dari pergelangan tangan.

4. Membendung (Blocking)
Teknik dasar bola voli yang ke empat adalah membendung (blocking) adalah teknik bertahan dengan usaha menutup smash (spike) dari lawan di daerah dekat net, teknik bloking ada 3 jenis yaitu blok serangan, blok oleh dua orang, dan blok oleh tiga orang. Untuk melakukan blok seorang blocker harus berkoordinasi dan pintar membaca arah bola agar spike (smash) tidak menghasilkan poin.

Berikut ini ada video panduan teknik dasar bola voli.
Oleh karena mengapa setiap pemain harus menguasai teknik dasar bola voli dalam permainan bola voli hal hal tersebut sangat penting dalam penguasaan teknik dasar bola voli harus dikuasai dan ditingkatkan, agar saat dalam permainan bola voli tim dapat memenangkan sebuah pertandingan. Demikian penjelasan tentang teknik dasar bola voli.

Semoga teknik dasar bola voli yang kami berikan dapat membantu anda untuk menjadi seorang pemain bola voli yang handal. Anda juga dapat mempelajari Cara Smash Dengan Teknik Yang Benar untuk meningkatkan skill anda. 

0 Response to "Teknik Dasar Bola Voli (VolleyBall) Secara Singkat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel