Home » , , , » Sejarah Dan Pengertian Dasar Bola Voli

Sejarah Dan Pengertian Dasar Bola Voli

Pengertian Dasar Bola Voli - Permainan Bola voli (Dalam Bahasa Inggris VolleyBall) adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan, dan untuk permainan voli masing-masing tim memiliki enam orang pemain. Cabang Olahraga Bola Voli Dinaungi oleh FIBV (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia cabang olahraga Bola Voli Dinaungi oleh PBVI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Bola Voli 
Siapa penemu permainan bola voli? Baiklah kami akan membahas siapa yang menciptakan permainan bola voli. Pada awalnya permainan bola voli ditemukan oleh William G. Morgan yang merupakan instruktur pendidikan jasmani di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat), penemuan olahraga bola voli diberi nama Mintonette.

Kemudian pada tahun 1896 perubahan nama Mintonette menjadi VolleyBall (Bola Voli), dan di pertandingkan pertama kali di International YMCA Training School oleh Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School), kemudian mengundang Morgan untuk mendemonstrasikan olahraga baru yang ia ciptakan, pada saat itu Morgan membawa dua tim, masing-masing tim beranggotakan lima orang.

Pada kesempatan itu, Morgan menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.

Dalam permainan tersebut jumlah pemain tidak ada batasannya. Sedangkan inti dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

Ukuran Bola Voli 
Bola voli memiliki ukuran dengan keliling lingkaran 65 hingga 66 cm, yang mempunyai berat 260 hingga 280 gram, dan tekanan dalam dari bola tersebut sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Ukuran Lapangan Bola Voli 
Pada umumnya lapangan bola voli mempunyai ukuran lebar 9 meter dan panjang 18 meter, dan memiliki garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring/Net), dan untuk garis tepi lapangan adalah 5 meter.

Net
Dalam permainan bola voli ketinggian Net berbeda yakni untuk Voli Putra 2,43 meter sedangkan untuk net putri 2,24 meter.

Cara Permainan Bola Voli 
Dalam permainan bola voli dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim terdiri dari enam orang pemain, dan berlomba untuk mencapai poin (angka) 25 terlebih dahulu untuk memenangkan suatu babak.

Di dalam permainan bola voli dalam sebuah tim dari enam pemain, terdapat empat peran penting yakni :

1. Tosser (Sitter)

Tosser (Pengumpan) adalah pemain yang bertugas memberikan umpan kepada rekan-rekannya dan mengatur ritme jalannya permainan. 

2. Spiker (Smash)

Spiker (Smash) adalah pemain yang bertugas untuk memukul bola kearah bidang permainan lawan. 

3. Libero

Libero adalah pemain bertahan yang bebas keluar dan masuk, akan tetapi Libero tidak boleh melakukan Smash bola ke sebrang Net. 

4. Defender (Pemain Bertahan) 

Defender adalah pemain bertahan yang bertugas untuk menerima serangan oleh lawan.
Peraturan Permainan Bola Voli 
Dalam permainan bola voli memiliki aturan sebagai berikut :
1. Apabila lawan bisa memasukkan bola ke dalam daerah permainan kita, dan kita kehilangan bola maka musuh mendapatkan nilai atau poin.

2. Pada saat kita melakukan Serve harus bisa melewati Net dan masuk ke daerah lawan, jika tidak, maka musuh akan mendapatkan poin atau nilai karena salah saat melakukan servis.

Sistem Pertandingan
1. Dalam kompetisi Bola Voli menggunakan sistem setengah kompetisi, terdiri dari 8 tim dan di distribusikan ke dalam 2 grup, dan masing-masing grup terdiri dari 4 tim.

2. Dalam satu tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan. Pada saat pertandingan berlangsung dan melakukan pergantian pemain inti dan cadangan tidak ada batasan.

3. Apabila ada satu atau dua pemain dari anggota tim sedang bermain di cabang olahraga lain, permainan tidak akan di tunda. Dan untuk jumlah pemain voli yang berada dalam lapangan minimal empat orang, apabila anggota tim jumlah pemain di lapangan kurang dari empat orang, maka tim tersebut akan dianggap kalah.

4. Di setiap pertandingan yang berlangsung tiga babak (best of three), kecuali pada dua babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan. Dan dalam perhitungan poin (hitungan) 25 rally point. Apabila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin, kemudian peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.

5. Dalam setiap pertandingan di babak penyisihan akan mendapatkan poin 1, apabila ada dua tim atau lebih mempunyai poin sama maka untuk menentukan juara, runer up akan ditentukan melalui kualitas angka dari setiap set yang dimainkan. 

6. Tiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13.

7. Time out hanya dilakukan hanya satu kali dalam setiap Set dan berlangsung hanya satu menit.

Pelanggaran Dalam Bola Voli 
1. Pemain tidak boleh menyentuh Net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.
2. Bola harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan dan tidak boleh menangkap dan melempar bola voli. 
3. Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan, belum di hitung out apabila belum menyentuh dasar lapangan.
4. Seluruh anggota tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. 
5. Semua pemain harus berada di lapangan saat melakukan serve. 
6. Pada Saat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan.
7. Pemain melakukan spike diatas lapangan tim lawan. 
8. Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.

Itulah aturan dalam permainan bola voli yang mengikuti peraturan internasional yang wajib untuk menjadi panduan dalam permainan bola voli.

Dalam permainan bola voli teknik dasar meliputi :
1. Servis
Servis adalah langkah awal untuk memulai permainan bola voli dan juga sebagai serangan pertama bagi regu(tim)  yang melakukan servis. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas. Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis, floating dan cekis. Dan macam - macam servis dibedakan menjadi :

a. Servis Atas
Servis atas dengan melakukan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya, lalu server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.

b. Servis Bawah
Servis dengan melakukan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola,kemudian tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.

b. Servis Mengapung
Servis atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Dengan awalan servis mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi dari kepala,kemudian tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

2. Passing
Pasing di bedakan menjadi dua yakni Passing Atas dan Passing Bawah, kemudian untuk cara saat melakukan Passing Atas dan Passing Bawah yaitu :
a. Passing Atas
- Langkah awal dengan sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. 
- Kemudian badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola, ibu jari dan jari - jari berdekatan membentuk segitiga. 
- Penyentuhan Bola pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan gunakan gerakan kaki untuk menambah power.

b. Passing Bawah
- Langkah awal sikap badan jongkok dan lutut agak di tekuk, kemudian tangan di rapatkan satu dengan yang lain dirapatkan. 
- Ayunkan (gerakan) tangan sesuai dengan cepat atau lambatnya kecepatan bola.

3. Smash (spike)
Teknik smash (spike) dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan, untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

Smash (Spike) merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk memperoleh nilai untuk sebuah tim, karena teknik smash (spike) bila dipukul dengan keras dan arah bola tajam akan menyulitkan lawan saat menerima bola.

4. Membendung (blocking)
Dalam permainan bola voli pengertian blok adalah sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash (spike) supaya tidak menghasilkan poin, dengan upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan dan menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Apabila blok yang diciptakan sempurna bloking selain untuk defend (bertahan)  bisa juga menjadi serangan rahasia untuk mendapatkan poin.

Posisi Pemain 
Pada saat servis, kedua tim harus berada dalam lapangan/di daerahnya masing-masing dalam dua deret ke samping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser, pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero.

Demikian sejarah dan pengertian dasar bola voli yang sudah kami bahas mulai dari sejarah voli dan penemu permainan bola voli pertama, kami juga sudah deskripsikan Ukuran Bola Voli, ukuran lapangan bola voli, aturan permainan bola voli, teknik dasar voli secara singkat dengan lengkap semoga bisa membantu dan menambah wawasan anda di olahraga VolleyBall.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Ingin Punya SIM Internasional Begini Cara Membuat SIM International

International Driving Permit atau SIM Internasional adalah surat izin mengemudi Internasional, bila mempunyai international driving licens...