Home » , » Peraturan Permainan SEPAK BOLA Secara Singkat

Peraturan Permainan SEPAK BOLA Secara Singkat

Setalah mengerti 7 Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Definisinya, pastinya anda ingin mengetahui Peraturan apa saja yang perlu diketahui dalam permainan sepak bola. Baiklah mari kita bahas satu persatu, kita mulai dari ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA.

Adapun pembahasan yang kami berikan mulai dari ukuran lapangan, ukuran gawang, ukuran bola, jumlah pemain serta fungsi wasit dalam permainan sepak bola lengkap dengan pengertiannya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Pada dasarnya lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang ± 91.8 – 120 m dan Lebar : 46.7 – 91.8 m. Dan untuk  pertandingan Internasional biasanya menggunakan Panjang : 100 – 110 m dan Lebar : 64 – 73.44 m. Dan memiliki garis yang tebalnya 12 cm (garis batas merupakan lapangan permaianan) dengan tinggi tiang bendera 1.5 m.

Ukuran Gawang

Ukuran Gawang mempunyai panjang 7.34 m serta tinggi 2.44 dengan di tancapkan kuat demi keamanan pemain. Dan setiap Asosiasi harus menyiapkan perlengkapan yang telah di sepakati. Kemudian asosiasi dapat menentukan ukuran garis lapangan sendiri, selama masih dalam batas kewajaran dan sesuai dengan badan Internasional.

Ukuran Bola (The Ball)

1. Bentuk bola harus bulat dan harus terbuat dari bahan yang telah di sepakati.
2. Untuk keliling bola tidak lebih dari 71 cm dan kurang 68 cm. Memiliki berat 410-450 gram serta tekanan udara 0.6 - 1.1atsmosfer dan saat pergantian bola atas ijin dari wasit.

Jumlah Pemain (Nomber Of Player)

1. Pada saat pertandingan yang diikuti oleh dua team dengan jumlah pemain masing masing team 11 orang termasuk kipper.
2. Batasan pergantian pemain maksimal 3 orang untuk pertandingan resmi (FIFA), tetapi untuk kompetisi ada penentuan tersendiri dari 3 dan maksimal 7 pemain dan nama harus di beritahukan terlebih dahulu dengan wasit.

Wasit (Referee’s) dan Hakim Garis
1. Seorang wasit akan di tunjuk dalam setiap pertandingan dengan kriteria tertentu.
2. Memiliki kewenangan dan penggunaan kekuasaan di berikan oleh Hukum dari badan pertandingan setelah wasit masuk ke lapangan.
3. Mempunyai kekuasaan wasit berlaku sepanjang permainan dan keputusannya tidak boleh di ganggu gugat.
4. Wasit juga tidak boleh membiarkan pelatih Asisten maupun pemain cadangan masuk ke dalam lapangan.
5. Dan tugas dua Asisten wasit perlu di angkat untuk membantu dalam : ketika bola keluar (out) pihak yang berhak mendapat tendangan bebas dan sudut, seorang pemain yang terperangkap Offside, apabila pemain lawan menerima umpan berada dibelakang garis pertahanan.

Perlengkapan Pemain

1. Untuk perlengkapan yang seharusnya di pakai oleh setiap pemain meliputi : kostum , celana pendek, pelindung tulang kering yang harus di tutupi oleh kaos kaki dan sepatu sepak bola dan penjaga gawang boleh menggunakan kostum yang berbeda.
2. Dalam permainan sepak bola pemain tidak boleh mengggunakan sesuatu yang membahayakan seperti Cincin akik, kalung dll.

Lamanya permainan (Duration of the Game)

1. Dalam permainan berlangsung selama 2 babak dengan masing-masing babak 45 menit, untuk usia di bawah 19 tahun lamanya pertandingan masing-masing babak 35 menit dengan waktu istirahat tak kurang dari 15 menit, kecuali :
a. Kelonggaran waktu yang terjadi karena adanya pergantian pemain yang cedera.
b. Lamanya waktu yang di berikan di tentukan oleh keputusan wasit.

Pertandingan permainan sepak bola diawali dengan tendangan kick off dengan undian terlebih dahulu. Dengan posisi sesuai dengan undian tersebut. Pada saat Kick off dilakukan juga setelah terjadinya Gol ke gawang lawan.

Posisi Bola di dalam atau Di luar lapangan (Ball in and out of play)

1. Bola di katakan di luar permainan apabila, ketika bola seluruhnya telah keluar dari garis lapangan, manakala wasit telah menghentikan permainan.
2. Off Side adalah seseorang pemain jika lebih dekat dengan ke garis gawang lawan dari pada laju bola ,kecuali:
a. Pemain berada di daerah lapangan permainannya sendiri.
b. Sekurang kurangnya ada 2 pemain yang berada di belakangnya.

Aturan Pelanggaran yang di katakan tidak sopan :

1. Seseorang yang melakukan salah satu pelanggaran yang tidak terpuji akan di anggap wasit melakukan hal yang tidak semestinya seperti:
a. Menendang lawan dengan di sengaja. 
b. Meludahi lawan. 
c. Menahan bola dengan tangan. 
d. Menjatuhkan lawan,saat merebut yang menjadi obyek bukan bola akan tetapi kaki lawan dan masih banyak lagi pelanggaran yang lainnya.

Baca juga :
Sejarah Dan Pengertian Dasar Bola Voli
Teknik Dasar Olahraga Bola Voli

Jenis - jenis tendangan di permainan Sepak Bola :

1. Free Kick (Tendangan bebas) 
Tendangan bebas dapat di artikan menjadi 2 macam yaitu : tendangan langsung dan tendangan tak langsung.Bola dapat di mainkan terlebih dahulu bila di luar garis penalty, jarak pemain bertahan dengan bola kurang lebih 9.15 m dari bola dengan bola dalam keadaaan diam dan tidak menggelinding.

2. Pinalty (Tendangan Hukuman) 
Saat melakukan tendangan jika ada suatu pelanggaran di dalam garis penalti, bola harus di letakkan tepat di titik penalty, dan penjaga gawang harus berada di bawah mistar gawang dan tendangan harus satu kali sentuh serta tidak boleh memindahkan posisi kakinya kecuali setelah bola di tendang.

3. Goal kick (Tendangan Gawang) 
Tendangan gawang di lakukan apabila bola melampuhi garis gawang bola harus di tendang langsung kearah pemain sedangkan gol yang tercipta berkat tendangan ini tidak sah.

4. Corner Kick (Tendangan sudut)
Saat melakukan tendangan pada saat bola melewati garis gawang, baik melayang maupun menggulir di tanah, yang mana bola terakir di sentuh oleh pemain yang bertahan.

Bola di tempatkan di daerah seperempat lingkaran tiang bendera pada saat di tendang bola tidak dalam keadaan bergerak.

Demikian penjelasan Peraturan permainan sepak bola yang kami berikan mulai dari ukuran lapangan, ukuran gawang, ukuran bola, jumlah pemain serta fungsi wasit dalam permainan sepak bola. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan tentang sepak bola.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...