Home » , » 7 Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Definisinya

7 Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Definisinya

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas tentang Sejarah Dan Pengertian Dasar Bola Voli, Teknik Dasar Olahraga Bola Voli dan Cara Smash Dengan Teknik Yang Benar. Dan kali ini kami akan membahas tentang Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Definisinya, yuk langsung saja ke pembahasan. 
Olahraga sepak bola merupakan olahraga paling populer di penjuru dunia, mulai dari anak kecil hingga orang tua pasti menyukai olahraga ini. Dan untuk menjadi pemain sepak bola selain mengerti teknik dasar sepak bola juga harus berlatih dengan keras untuk mencapainya.

Nah berikut ini kami akan memberikan definisi dan teknik dasar sepak bola lengkap dengan pengertiannya, dan berikut ini teknik dasar yang harus dikuasai untuk menjadi pemain sepak bola sebagai berikut :

1. Menendang ( kicking )
2. Menghentikan atau Mengontrol (stoping)
3. Menggiring (dribbling)
4. Menyundul Bola (Heading)
5. Merebut Bola (intercepting)
6. Lemparan ke Dalam (trow – ini)
7. Menjaga Gawang (Goal Keeping)

Dan di bawah ini kami memberikan penjelasan teknik dasar sepak bola satu persatu mulai dari teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring bola dalam permainan Sepakbola.

1. Menendang (kicking)

Menendang bola adalah salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan, tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), dan menembak kearah gawang (shootig at the goal).

Teknik menendang dengan menggunakan bagian kaki ke bola, menendang juga dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang serta punggung kaki. Berikut ini teknik tendangan berdasarkan bagian kaki yang digunakan berdasarkan fungsinya :

A. Menendang dengan kaki bagian dalam.

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian dalam ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Dan berikut ini tata cara menendang dengan kaki bagian dalam berdasarkan analisis geraknya adalah sebagai berikut :

Pertama tama ambil posisi badan menghadap sasaran di belakang bola. Kemudian kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.

Lalu kaki yang digunakan untuk menendang ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan, setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow (gerakan lanjutan).

B. Menendang dengan kaki bagian luar
Pada dasarnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Untuk melakukan tendangan kaki bagian luar berikut ini gerakannya :

Pertama ambil posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk. 

Kemudian kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam. Kemudian kaki untuk mendang ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.

Pastikan perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –tengah bola, kemudian gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.

C. Menendang dengan punggung kaki
Menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting, teknik ini memerlukan latihan yang khusus untuk menghasilkan tendangan yang keras dan akurat. Berikut ini teknik menendang bola dengan punggung kaki, gerakanya sebagai berikut :

Posisi awal badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk. Kemudian kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / sasaran.

Lalu kaki tendang tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola. Pastikan perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah – tengah bola. Kemudian gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.

2. Menghentikan Bola (Stopping)
Teknik menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. 

Tujuan dari menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk di dalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Berikut ini langkah - langkah untuk teknik mengontrol bola gerakanya sebagai berikut :

Pertama ambil posisi badan segaris dengan datangnya bola. Kemudian kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekut. Kemudian Kaki untuk menghentikan bola diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.

Pastikan bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki. Kemudian kaki penghenti mengikuti arah bola. Dan untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.

3. Menggiring Bola (dribbling)
Pada umumnya menggiring bola adalah menendang terputus–putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan dari menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.

Dan apabila mempunyai skill seperti Messi, Ronaldo dan Neymar pastinya akan mudah sekali untuk membongkar pertahanan lawan dan membuat bek kocar kacir. Dan dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :

Pertama posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola. Kemudian kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan. Dan upayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan.

Dan bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai. Pada saat menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk, untuk mempermudah penguasaan bola. Kemudian pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

4. Menyundul Bola (Heading) 
Teknik Menyundul Bola dalam permainan sepak bola tujuannya adalah untuk mengoper, mencetak gol, mematahkan serangan lawan, atau membuang bola. Dalam sepak bola modern banyak gol tercipta dalam permainan sepak bola dari hasil sundulan kepala. Dan pemain harus belajar untuk menyundul bola memakai dahi, bukan dengan ubun-ubun kepala.

Dalam melakukan sundulan pemain juga harus sadar bahwa mereka yang akan menyundul bola, dan bukan bola yang mengenai mereka. Berdasarkan analisis saat menyundul posisi dari badannya saat menyundul bola dapat dilakukan sambil berdiri dan sambil meloncat/melompat.

5. Merebut Bola (intercepting)
Teknik dasar merebut bola ini harus dilakukan bersama teman, karena sesuai dengan namanya, yakni merebut bola dari kaki lawan. Anda perlu belajar membaca gerakan lawan serta upayakan untuk membaca gerakan bola dari pada menghadap secara fisik lawan main.

Pada saat anda mendalami gerak tipu tanpa ada bola, anda bisa juga mengaplikasikan gerak tipu untuk merebut bola dari lawan. Keadaan yang paling mudah dilakukan saat intercepting adalah saat menghadang laju bola dengan upan long pass.

6. Lemparan ke Dalam (trow – in)
Pada saat lemparan ke dalam terjadi, ketika permainan sepak bola sedang berlangsung kemudian bola keluar dari lapangan permainan melewati daerah sisi lapangan. Dan untuk memulai kembali permainan pemain harus melakukan lemparan, baru permainan bisa dilanjutkan kembali.

Pada saat melakukan lemparan ke dalam dilakukan oleh pemain dari tim yang tidak menyentuh bola terakhir ketika bola keluar lapangan. Pada saat melempar bola ada ketentuan yang harus diketahui pemain saat melakukan lemparan ke dalam pada permainan sepak bola sebagai berikut ini :

1. Bola dilempar dengan kedua tangan dan harus melewati atas kepala.
2. Posisi Kedua kaki harus tetap menempel atau menjinjit di tanah saat melempar bola.

Saat terjadi lemparan ke dalam dapat juga menjadi serangan yang berbahaya kalau dilakukan dengan perhitungan yang pas, terutama kalau terjadi di daerah pertahanan lawan.

Pada saat melakukan lemparan ke dalam, adapun 3 teknik pilihan posisi kaki, yakni kedua kaki sejajar rapat, salah satu kaki di depan atau di belakang, dan kedua kaki dibuka lebar.

7. Menjaga Gawang (Goal Keeping)
Pada teknik dasar menangkap bola hanya berlaku untuk kiper (Penjaga Gawang), sudah pasti karena dalam sebuah permainan sepak bola, pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, kecuali penjaga gawang (goalkeeper). Untuk latihan umum yang perlu dilakukan adalah menangkap bola dari kanan atau kiri, bisa juga dengan tendangan pinalty. Berikut ini video teknik latihan dasar permainan sepak bola :
Teknik dasar dalam permainan sepak bola harus di pelajari dan dilatih terus menerus, selain teknik dasar latihan fisik dalam permainan sepak bola juga perlu ditingkatkan. Demikian pembahasan yang kami berikan tentang Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Definisinya sudah kami jelaskan secara detail. 

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...