Rute Ganjil Genap Jakarta Dan Cara Menghindari Dengan Aplikasi

Tips Menghindari Ganjil Genap jakarta 
Kota Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia, kemacetan setiap hari pasti dialami oleh para pengendara kendaraan bermotor mulai kendaraan pribadi dan pengguna jasa angkutan umum. Dalam mengatasi kemacetan, pemerintah DKI sudah melakukan berbagai upaya. Mulai dari pelebaran jalan, peningkatan transportasi umum, peraturan lalu lintas di jalan - jalan protokol dengan menerapkan 3 in one di jam kerja. Tetapi upaya tersebut sepertinya belum bisa mengatasi kemacetan di Jakarta. 

Dalam mengurangi kemacetan pemerintah Jakarta membuat peraturan baru, yakni memberlakukan peraturan ganjil genap plat nomor. Dan melakukan uji coba di jalan protokol, dan berikut ini rute ganjil genap jakarta sebelum tanggal 2 juli 2018. 
- Jalan Medan Merdeka Barat
- Jalan Jendral Sudirman
- Jalan Sisingamangaraja
- Jalan M.H Thamrin
- Sebagian Jl. Gatot Subroto, tepatnya di persimpangan Jl. HR Rasuna Said hingga ke Gerbang Pemuda.

Dan dalam menyambut ajang Asian Games 2018, jalur ganjil genap diperluas, dan berikut ini rute ganjil genap setelah tanggal 2 juli 2018. 
- Jalan HR Rasuna Said
- Jalan MT Haryono (dari simpang UKI-simpang Pancoran-simpang Kuningan)
- Jalan Jenderal Gatot Subroto (dari simpang Kuningan-Simpang Slipi)
- Jalan Jenderal S. Parman (dari Simpang Slipi-Simpang Tomang)
- Jalan Jenderal DI Pandjaitan (dari simpang Pemuda-Simpang Kalimalang-Simpang UKI)
- Jalan Jenderal Ahmad Yani (dari simpang Perintis-Simpang Pemuda)
- Jalan Benyamin Sueb (dari Simpang Benyamin Sueb-Kupingan Ancol)
- Jalan Metro Pondok Indah
- Jalan RA Kartini.
Peta Kawasan Ganjil Genap dikutip dari Twitter Radio Elshinta
Berikut peta kawasan ganjil genap yang telah resmi di berlakukan sejak tanggal 1 agustus lalu. Lihat juga rute alternatif yang tersedia di info grafis berikut ini.
1. Waktu pelaksanaan aturan Ganjil Genap
Akan dilaksanakan pada hari senin sampai dengan minggu, dan untuk waktunya akan di mulai dari pukul 06.00 - 21.00 WIB. Kemudian untuk kendaraan plat nomor Ganjil akan beroperasi pada tanggal ganjil, lalu untuk kendaraan Genap akan beroperasi pada tanggal genap.

2. Rute Alternatif Alternatif Ganjil Genap Jakarta
a. JL. Perintis Kemerdekaan - JL. Suprapto - JL. Salemba Raya - JL. Mataram dan seterusnya (Dari Arah Timur).
b. JL. Warung Jati Barat - JL. Pejanten Raya - JL. Pasar Minggu - JL. Soepomo - JL. Saharjo - dan seterusnya (Dari Arah Selatan)
c. JL. RE Martadinata - JL.  Danau Sunter Barat - JL. HBR Motik - JL. Gunung Sahari - dan seterusnya (Dari Arah Utara)
d. JL. RA Kartini - JL. Ciputat Raya - dan seterusnya (Dari Arah Selatan)
e. JL. Akses Tol Cikampek - JL. Sutoyo - JL. Dewi Sartika - dan seterusnya (Dari Arah Timur)
f. JL. S Parman - JL. Tomang Raya - JL. Pranoto/JL. Cideng - dan seterusnya (Dari Arah Utara) 

Dari jalur ganjil genap jakarta di atas kita sebagai pengendara harus mencari jalur alternatif, dimana terkadang jalur ganjil genap memiliki rute yang membingungkan. Nah berikut ini sebagai solusi untuk menghindari ganjil genap jakarta, anda bisa mengandalkan aplikasi Google Maps dan aplikasi yang bernama Waze sebagai pemandu. 

Berikut ini langkah - langkah menghindari peraturan ganjil genap jakarta dengan Google Maps dan Waze, agar anda tidak terhindar dari tilang.
Cara Menggunakan Waze
1. Menghindari ganjil genap jakarta dengan Waze
Aplikasi Waze termasuk aplikasi yang baru dikembangkan, tetapi aplikasi ini patut untuk dijadikan andalan. Karena aplikasi Waze paling banyak digunakan di kota - kota besar, yakni Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bandung, dan Denpasar. Oleh sebab itu, anda akan lebih cepat mendapatkan informasi karena belum banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. 

Aplikasi Waze mudah untuk digunakan. Cara penggunaan Waze untuk menghindari ganjil genap sebagai berikut :
- Langkah pertama, Buka menu Setting, Navigasi, dan License Plat Restiction. 
- Langkah kedua, masukkan Dua Digit Terakhir Plat Nomor Kendaraan Anda. 
- Kemudian jalur alternatif akan muncul di layar smartphone anda.

Pada saat menggunakan Waze anda bisa melakukan pengaturan rute yang ditampilkan, mulai dari jalur cepat meski jauh, atau dekat, tapi mengalami kemacetan. Sementara itu, keunggulan oleh aplikasi Waze yaitu pengguna dapat mengetahui kejadian terbaru di jalan melalui berbagai ikon di sana. Misalkan, polisi berkumis menandakan sedang berlangsung operasi kendaraan atau mobil bertubrukan sebagai simbol dari sebuah kecelakaan.
2. Menghindari ganjil genap jakarta dengan Google Maps
- Pertama tama dalam menggunakan Google Maps adalah menu Setting, kemudian Route Options, lalu pilih  Menghindari Jalan Khusus Pelat Nomor Ganjil atau Genap. Setelah itu, akan ada dua pilihan berdasarkan digit terakhir nomor polisi kendaraan.

Ketika rute sudah muncul, akan ada informasi jalan dengan warna yang berbeda beda dan itu menandakan tingkat kemacetan suatu rute. Dimulai dari hijau yang berarti lancar, sampai merah marun sebagai representatif macet total. Kemudian, jika anda ingin memilih rute mana yang akan dilewati, tinggal tekan ikkn mobil. Kemudian, akan muncul estimasi waktu kedatangan di layar smartphone anda. 

Demikian informasi tentang jalur ganjil genap jakarta yang berlaku, dan cara menghindari ganjil genap dengan menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat dan anda tidak perlu khawatir lagi dengan aturan lalu lintas ganjil genap yang diberlakukan untuk mengurangi kemacetan.

0 Response to "Rute Ganjil Genap Jakarta Dan Cara Menghindari Dengan Aplikasi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel