Cara Paling Mudah Membuat Google Form Di Hp Dan Komputer

Anda sedang membutuhkan formulir online? Coba anda pakai Google Formulir. Anda bisa memanfaatkan layanan ini guna mengumpulkan data dengan formulir online. Untuk membuat Google Form, caranya cukup mudah kok, anda bisa ikuti cara cara dibawah ini.

Tetapi sebelum membahas cara membuat Google Form, ada baiknya untuk mengetahui apa itu google form?

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang bisa anda pakai untuk membuat formulir online. Formulir online tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat formulir pendaftaran atau untuk penelitian skripsi.

Jika anda masih kebingungan dan belum paham apa itu Google Form? Sebaiknya simak ulasan dan cara membuat google form dengan singkat dan jelas. Yuk langsung saja simak cara buat google form dibawah ini.

Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form
Jika anda masih kebingungan harus membuat formulir online dengan aplikasi apa. Anda tidak perlu khawatir, kami akan membantu mengatasinya. Google Form ini solusi buat anda. Cara membuat google form juga sangat sederhana dan tentunya mudah, anda bisa menggunakan hp android atau lewat komputer dan pastinya jaringan internet.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat Google Form, sebaiknya anda simak dahulu beberapa hal mengenai Google Form dan untuk apa fungsi dari Google Form. Agar anda busa memanfaatkan layanan ini dengan maksimal.

Apa itu Google Form?
Sesuai dengan nama 'Google Form'  ini telah tersedia layanan pembuatan formulir online, anda bisa gunakan layanan ini menggunakan akun Gmail. Penggunaannya juga sudah terhubung dengan aplikasi lain, seperti Google Drive dan Google Docs. Selanjutnya kamu bisa membuka Google Form dimana saja dari Smartphone Android anda tinggal masuk aplikasi google drive yang biasanya telah terpasang di hp android.

Apa Kegunaan Google Form?
Anda bisa manfaatkan layanan formulir online dari layanan Google Form, untuk berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, survei, penelitian, dan menyebarkan formulir pendaftaran. Berikut ini beberapa contoh penggunaan Google Form sebagai berikut :
1. Membuat formulir untuk mengumpulkan data penelitian skripsi.
2. Membuat kuis atau ulangan online.
3. Formulir registrasi atau pendaftaran online. 
4. Melakukan survey performa karyawan. 
5. Membuat formulir untuk pendataan warga.

Dengan menggunakan Google Form, anda tak perlu khawatir data akan hilang atau terselip, karena akan tersimpan di server google, jadi layanan ini aman, praktis dan tentunya gratis.

Cara Membuat Google Form
Anda bisa membuat formulir online dengan Google Form baik melalui Smartphone maupun Komputer. Kalau anda menggunakan hp android, maka anda tinggal akses melalui aplikasi browser seperti Google Chrome.

Untuk membuat Google Form dari PC atau Smartphone sebenarnya sama saja, tinggal anda memilih sesuai dengan kenyamanan anda. Nah berikut ini contoh pembuatan Google Form menggunakan Komputer. Langsung saja simak cara membuat google form sebagai berikut :
1. Buka Browser
Pertama-tama untuk membuat Google Form adalah dengan membuka akses situs web Google Form, anda bisa langsung klik disini. Kemudian tap pilihan buka Google Formulir.

2. Login ke Akun Google
Kemudian anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google, masukkan email dan pasword sesuai dengan instruksi yang diberikan.

3. Masuk ke Halaman Google Form
Saat ini anda sudah berada di halaman Google Form milik anda. Pilih ikon Plus untuk membuat Formulir Baru.

4. Mulai Membuat Formulir Baru
Langkah berikutnya adalah membuat formulir anda. Disitu tersedia banyak tools atau alat yang bisa anda gunakan. Buatlah formulir yang sesui dengan kebutuhan anda.

5. Menyimpan Formulir
Selanjutnya jika anda sudah selesai membuat formulir online, langsung saja simpan filenya dengan cara pilih ikon Kirim yang berada di sudut kanan atas.

6. Bagikan Link Formulir
Nah yang terakhir, setelah formulir sudah selesai dibuat anda tinggal membagikan link agar di isi oleh target formulir anda. Caranya adalah dengan memilih ikon Tautan, setelah itu beri tanda centang pada opsi perpendek URL.
Kemudian pilih salin, berikan atau share link tersebut ke target yang anda inginkan. Link tersebut yang akan mengarahkan target ke dalam formulir yang sudah anda buat.

Itulah cara membuat Google Form melalui Komputer, bila anda ingin yang praktis dan mudah saat membuat Google Form, anda juga bisa membuatnya melalui hp android anda, langsung simak saca cara-caranya.

Selanjutnya buat anda yang suka bekerja di luar kantor atau bepergian, kini anda bisa membuat Google Form di hp android.

Membuat Google Form lewat hp anda tidak perlu repot lagi harus membawa laptop yang tentunya berat untuk anda bawa keman-mana. Yuk langsung saja simak cara membuat Google Form di hp smartphone untuk anda yang lebih suka menggunakan Smartphone anda untuk bekerja.
Cara Membuat Formulir Online Google Form Di Hp Android
Jaman sekarang membuat google form bisa anda lakukan dengan mudah melalui Hp smartphone dengan tambahan aplikasi yang tersedia di Playstore. Aplikasi tersebut bernama FormsApp for Google Forms, untuk fungsinya sama seperti situs Google Form.

Anda bisa menggunakan berbagai macam tamplate formulir atau membuat sesuai dengan keinginan anda. Untuk aplikasinya bisa anda download di Google Playstore bernama FormsApp for Google Forms. Lalu bagaimana cara membuat Google Form di smartphone android? Langsung saja ikut langkah - langkah dibawah ini :

Cara Membuat Google Form lewat hp android
1. Mendaftar
Langkah pertama saat anda membuka aplikasi FormsApp For Google Form, anda akan diberikan beberapa pengenalan mengenai aplikasi tersebut. Kemudian anda diminta untuk menyetujui sebuah Permission. Lalu anda login menggunakan akun Gmail yang anda miliki.

2. Memulai Membuat Formulir
Pada saat akan membuat formulir baru, pilih ikon Plus yang berada di sudut kanan bawah. Kemudian anda bisa memilih tamplate yang sudah disediakan atau pilih Blank Form, untuk membuat formulir baru.
3. Edit Isi Formulir
Langkah ketiga anda bisa memulai membuat formulir online baru. Gunakan ikon Plus untuk menambahkan berbagai pilihan pertanyaan dan respon yang anda inginkan. Dan jangan sampai lupa untuk mengisi Deskripsi Formulir dan Judul.

4. Pilih Pengaturan Formulir
Langkah keempat bila sudah membuat Google Form langsung saja pilih Submit. Kemudian akan muncul pop-up yang bisa anda centang sesuai dengan keperluan. Bila sudah langsung pilih Submit.

5. Bagikan Link Formulir
Langkah berikutnya setelah melakukan Submit, anda bisa langsung menyalin Link dari Google Form yang telah anda buat. Anda bisa membagi link tersebut kepada orang-orang yang akan anda jadikan responden.

Itulah bagaimana cara membuat Google Form, silakan cara melihat hasil Google Form dan cara mencetaknya. Demikian tips bagaimana cara membuat Google Form, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk membuat Google Form untuk kebutuhan anda. Untuk mengetahui informasi dan tips lainnya bisa anda kunjungi bpflash.

0 Response to "Cara Paling Mudah Membuat Google Form Di Hp Dan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel