Home » , , , » 20 Tempat Wisata Wonogiri Yang Makin Hits

20 Tempat Wisata Wonogiri Yang Makin Hits

Wisata Wonogiri - Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, dan letak geografisnya berada diantara Kabupaten Pacitan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, Kabupaten Wonogiri merupakan Daerah yang di kelilingi oleh pegunungan Karst. Meski di kelilingi pegunungan Karst, tempat wisata Wonogiri ini tak perlu diragukan lagi. Tempat wisata di Wonogiri yang paling terkenal dan populer, yang menjadi ikon adalah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Selain itu, destinasi objek wisata di Wonogiri yang hits dan kekinian yakni Gantole Wonogiri. Tempat wisata Wonogiri selain Waduk Gajah Mungkur dan Gantole, ada juga wisata pantai yang keindahan tidak kalah dengan Tempat Wisata di jogja dan obyek wisata Di Pacitan. Jadi untuk tempat wisata jawa tengah, destinasi wisata Wonogiri patut dimasukkan kedaftar tempat wisata di Indonesia.

Apabila anda bosan dengan tempat wisata di Wonogiri, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata terdekat dengan Wonogiri. Yakni wisata Klaten dan tempat wisata di Sukoharjo, yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan obyek wisata di Wonogiri.

Tempat wisata di Wonogiri banyak mempunyai spot foto unik dan kekinian loh, bila anda suka selfie selfie dan anda instagramable wajib untuk memasukkan daftar Wisata anda. Bila anda berlibur dan jalan - jalan ke Wonogiri Wonogiri sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata hits yang ada di Wonogiri, sebagai rekomendasi wisata Wonogiri berikut ini tempat wisata hits Wonogiri yang bisa anda kunjungi :

Daftar Wisata Wonogiri :
1. Tempat Wisata Soko Langit
2. Wisata Pantai Wonogiri
- Pantai Nampu
- Pantai Sembukan
3. Museum Karst
4. Goa Putri Kencono
5. Museum Wayang
6. Waduk Gajah Mungkur
7. Landasan Gantole
8. Soko Gunung
9. Puncak Joglo
10. Alun-Alun Giri Krida Bakti
11. Telaga Claket
12. Bukit Cumbri
13. Air Terjun Girimanik
14. Istana Parnaraya
15. Air Terjun Kalimas
16. Air Terjun Jurug Kemukus
17. Bukit Mbah Jonambang
18. Puncak Sucokro
19. Obyek Wisata Khayangan
20. Wisata Waduk Nawangan

Mari kita simak wisata andalan wonogiri yang sudah kami berikan deskripsi kan satu persatu, destinasi wisata Wonogiri Jawa Tengah yang bisa anda kunjungi :

Destinasi Tempat Wisata Wonogiri 
1. Tempat Wisata Soko Langit
Soko Langit merupakan wisata baru di Wonogiri, dan beberapa hari ini sedang viral di kalangan masyarakat. Tempat wisata dengan spot kolam renang dan view pegunungan dan persawahan seperti tempat wisata di Bali. Selain bisa berenang anda juga bisa memetik buah dan flying fox.
Lokasi Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

2. Wisata Pantai Wonogiri
- Pantai Nampu
 
Yang beralamat Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Untuk tarif masuk ke wisata pantai nampu cukup murah untuk hari libur biasa sekitar Rp. 2000 dan untuk hari libur panjang paling mahal Rp. 5000 per orang.
- Pantai Sembukan
Lokasi di Paranggupito untuk tiket masuk Rp. 5000. Konon katanya pantai sembukan merupakan gerbang ke 13 dari kerajaan Ratu Pantai Selatan, jadi pantai ini sering diadakan upacara Labuhan Ageng pada malam satu suro. Jadi wisata pantai Sembukan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
3. Museum Karst
Beralamat di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, untuk tiket masuk Rp. 4000. Museum Karst yang dikelilingi oleh goa menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat wisata Pracimantoro ini selain untuk destinasi wisata juga bisa menambah wawasan, karena museum Karst menggambarkan kehidupan jaman purba.
Selain goa dan museum di area wisata ini juga terdapat tempat ibadah dan masih berfungsi, dinamakan Pura Jagat Spiritual. Yang lokasinya di sebelah barat museum Karst.

4. Goa Putri Kencono
Beralamat di Dusun Wonosobo, RT 3/RW 1, Desa Wonodadi, Kec. Pracimantoro, Wonogiri. Jam Operasional dari Senin-Minggu 08.00 - 15.30. Dengan menyusuri Goa Putri Kencono anda akan memasuki beberapa ruangan, dan akan menyaksikan pemandangan indah dari batu stalagmid dan stalagnit yang berkembang baik. Di dalam ruangan tabuhan sangat menarik dimana stalagmid dan stalagnit jika dipukul dengan tangan akan mengeluarkan bunyi bak gamelan.

5. Museum Wayang
Beralamat Jl. Raya Wuryantoro, dekat Kecamatan Wuryantoro dan jam operasional dari Senin - Sabtu 07.00-14.00. Museum Wayang yang diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri, mempunyai koleksi wayang tak hanya dari Jawa Tengah saja tetapi ada juga dari wilayah di Indonesia seperti Bali dan Jawa Barat. Museum Wayang memiliki ratusan koleksi aneka jenis wayang.

6. Waduk Gajah Mungkur
Berlokasi Sendang, Waduk Gajahmungkur untuk tiket masuk Rp 3.000/orang. Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu ikon wisata di Wonogiri. Danau buatan untuk membendung sungai Bengawan Solo, banyak para wisatawan datang kesini untuk rekreasi.

Di area wisata ini juga difasilitasi yang menarik seperti jetsky, boat dan landasan gantole. Jadi cocok untuk wisata keluarga, yang suka memancing di Waduk Gajah Mungkur juga terdapat spot yang bagus untuk memancing.

7. Landasan Gantole
Tak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, landasan gantole menawarkan pemandangan yang indah dari panorama waduk dan dan Kabupaten Wonogiri. Landasan gantole juga sering buat latihan para atlet paralayang.

8. Soko Gunung. 
Wisata baru di Wonogiri kali ini yang sedang hits, anda akan disuguhkan pemandangan indah memanjakan mata. Dari sini anda bisa melihat waduk, kota Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo jika suasana mendukung. Tempat wisata ini terkadang terlewati oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Puncak Joglo atau Landasan Gantole.

Lokasi: Sendang, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

9. Puncak Joglo 
Puncak Joglo cocok buat anda yang suka menghabiskan waktu sore hari untuk menyaksikan pemandangan sunset, dari sini juga anda akan disuguhkan pemandangan indah dari gunung cancep yang menjadi andalan di tempat wisata ini.

Lokasi: Kembang, Kelurahan Sendang, Wonogiri, Jawa Tengah.

10. Alun - alun Giri Krida Bakti
Beralih ke pusat kota, alun alun Wonogiri yang telah di renovasi ini sekarang terlihat makin bagus, selain tempat untuk nongkrong alun alun Wonogiri juga banyak memiliki spot foto yang keren untuk diupload ke media sosial anda.

11. Telaga Caklet Wonogiri
Telaga Caklet banyak memiliki spot foto yang keren dan cocok untuk refreshing. Dengan nuansa yang romantis dan sejuk tempat wisata ini juga cocok buat anda yang akan melakukan pengambilan foto preweding. Fasilitas destinasi wisata ini juga terdapat tempat outbond dan juga banyak spot untuk memancing.

Lokasi: Sendangijo, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

12. Bukit Cumbri 
Sempat viral beberapa waktu lalu, destinasi wisata ini memang mempunyai pemandangan yang indah dari nuansa pegunungan Jawa Timur yang memanjakan mata anda, jadi tidak heran jika para wisatawan lokal maupun dari luar kota juga tertarik untuk datang ke bukit cumbri ini.

Untuk akses jalur pendakian cukup menantang buat anda yang jarang berjalan kaki, untuk sampai ke puncak bukit yang indah ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Lokasi: Kepyar, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

13. Air Terjun Girimanik
Pada kawasan Girimanik anda akan terpesona oleh pemandangan tiga air terjun yang indah dan alami. Yaitu Air Terjun Condromoyo, Air Terjun Moyo yang memiliki ketinggian 30 meter dan Air Terjun Manikmoyo dengan ketinggian 70 meter. Disini anda akan mendapatkan pesona alam yang masih alami dan destinasi wisata ini memeliki banyak spot foto keren di lokasi air terjun.

Lokasi: Setren, Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

14. Istana Parnaraya
Tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota Wonogiri, desain bangunan seperti Istana Negara. Tempat ini selain untuk destinasi wisata juga bisa disewa untuk acara pertemuan seperti ulang tahun, reuni dan juga foto preweding. Jika berkunjung ke Istana Parnaraya dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, cafe dan juga mini studio.

Lokasi : Desa Kebon Agung, Kecamatan sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

15. Air Terjun Kalimas
Tempat wisata ini tergolong baru di Wonogiri, destinasi wisata ini anda akan disuguhkan pemandangan indah seperti air terjun niagara di Benua Amerika. Air Terjun Kalimas memiliki lebar 15 meter dan memiliki ketinggian 10 meter. Tempat ini dari pusat kota tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Kota Wonogiri.

Lokasi: Dungsono, Wonokerto, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

16. Air Terjun Jurug Kemukus
Karena lokasi yang ditempuh cukup sulit untuk mencapai lokasi air terjun kemukus, tempat wisata ini cocok buat anda yang berwisata berkonsep petualangan. Air Terjun kemukus memiliki tiga tingkatan yang akan membuat anda tidak berhenti untuk mengagguminya, dengan suasana alam akan membuat pikiran anda menjadi tenang dan untuk berselfi tentunya tempat ini sudah tidak diragukan lagi.

Lokasi : Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.

17. Bukit Mbah Jonambang Wonogoro
Bukit Mbah Jonambang merupakan destinasi wisata hits di daerah Baturetno, Wonogiri. Meskipun tergolong tempat wisata baru, keindahan alam di sana tidak boleh anda abaikan, Bukit Mbah Jonambang terdapat fasilitas Seperti sewa kuda, menara pemandangan dan gasebo untuk menemani anda untuk menikmati suasana sunset jika anda datang di sore hari. Dari bukit mbah jonambang anda bisa melihat hamparan waduk Gajah Mungkur dan gunung merapi jika suasana cerah.

Lokasi: Watuagung, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

18. Puncak Secokro
Puncak Secokro menawarkan pemandangan yang indah dari panorama dari pegunungan dan pepohonan hijau, tempat wisata ini tak kalah dengan destinasi wisata kekinian di Yogyakarta. Puncak Secokro juga menawarkan ratusan spot selfi, jembatan klangenan dan rumah pohon.

Lokasi: Sumberrejo, Bakalan, Purwantoro, Bakalan, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 

19. Objek Wisata Kahyangan
Objek wisata Kahyangan merupakan tempat wisata Spiritual yang terkenal di Kabupaten Wonogiri. Dan juga petilasan Raden Mas said untuk tempat bermeditasi di hari tertentu, disini juga dijadikan sebagai tempat sedekah bumi dan juga untuk pagelaran wayang kulit. Selain tempat wisata spiritual, disana juga terdapat panorama alam seperti air terjun dan juga sendang.

Lokasi : Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

20. Wisata Waduk Nawangan
Waduk Nawangan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 1 Juli 1976, merupakan danau buatan yang berguna untuk saluran irigasi pertanian di sekitar Kecamatan Giriwoyo.

Teryata memiliki potensi wisata yang menarik dan patut untuk anda kunjungi bersama keluarga, dan memiliki spot foto yang keren untuk diupload ke media sosial anda, dengan beckground pepohonan pinus, pegunungan dan pesona dari waduk nawangan itu sendiri. Dan di sekitar waduk nawangan juga tersedia gasebo untuk menemani anda untuk menikmati suasana di tempat rekreasi ini.

Lokasi : Dusun Nawangan, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Itulah daftar tempat wisata hits Wonogiri yang bisa anda kunjungi dan dimasukkan ke daftar tempat wisata di Indonesia, bila anda berlibur ke Wonogiri sempatkan juga untuk menikmati wisata kuliner Wonogiri yang akan membuat anda kangen dengan tempat wisata wonogiri yakni nasi tiwul. Untuk pesona wisata wonogiri yang pastinya sudah tidak diragukan lagi, jadi patut anda masukkan didaftar piknik anda bila berkunjung ke Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Demikian pembahasan tentang destinasi wisata Wonogiri semoga bisa menjadi referensi anda saat jalan - jalan ke Wonogiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...