Home » , , » Smartphone Cepat Panas ? Ini Penyebabnya

Smartphone Cepat Panas ? Ini Penyebabnya

Penyebab Smartphone Cepat Panas - Sebagai pengguna Smartphone Android pasti akan bertanya - tanya, saat menggunakan hp Android merasakan smartphone android anda cepat panas dan terasa lemot. Dan faktor apa saja yang menjadi penyebab smartphone android cepat panas? Mari kita cari tahu apa saja penyebabnya.
Penyebab Android Cepat panas
Sebenarnya para pembuat Smartphone Android selalu berusaha untuk memberikan upgrade yang terbaik dari produk - produk yang mereka pasarkan. Pada saat ini banyak merek smartphone canggih dengan teknologi yang menakjubkan dengan kapasitas RAM yang besar dan menggunakan prosesor yang sangat mendukung untuk memenuhi berbagai kebutuhan anda.

Baca juga : Aplikasi Anti Maling

Dalam hal ini mungkin anda tidak dapat membayangkan beberapa tahun yang lalu. Android adalah salah satu pengembang software OS Smartphone yang terkemuka, dan juga turut ambil bagian dalam perkembangan perangkat smartphone di dunia. Para pembuat Smartphone Android selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk para penggunanya.

Dengan ukuran yang kecil dan beragam smartphone android dengan tampilan stylish, terkadang muncul berbagai permasalahan. Salah satunya adalah suhu hp android cepat panas dan membuat penggunaan baterai cepat habis atau boros dan paling parah adalah hank atau lag.

Nah kali ini saya akan membahas tentang penyebab smartphone android cepat panas, dan berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat Smartphone Android cepat panas.

1. Menggunakan HP Android Saat Saat Pengisian Baterai
Mungkin ini salah satu penyebab panas yang paling umum dialami oleh para pengguna Android. Kebanyakan pengguna Android akan menggunakan gadgets mereka untuk bermain game atau membuka aplikasi saat pengisian baterai. Tentu saja ini akan menyebabkan Smartphone Android anda akan cepat panas, karena beban aplikasi yang berjalan bersamaan saat pengisian baterai akan menyebabkan panas yang tinggi, selain itu membutuhkan waktu yang lebih lama saat pengisian baterai smartphone android anda.

Sebaiknya jangan menggunakan hp android anda untuk bermain game pada saat melakukan pengisian baterai, kecuali ada keperluan yang penting atau mendesak dalam kegiatan sehari - hari anda.


2. Bermain Game Terlalu Lama
Menggunakan gadgets untuk bermain game dalam waktu yang lama dan menerus akan memberikan beban pada prosesor yang ada pada smartphone android. Kebanyakan smartphone android yang telah beredar dipasaran tidak memiliki sistem pendingin untuk mengatasi permasalahan overheating, kecuali smartphone android dari Asus. Pada merk ASUS ROG Phone ZS600KL sudah dilengkapi dengan sistem pendingin.

3. Faktor Lingkungan
Smartphone Android juga dapat menjadi panas atau mengalami overheat akibat lingkungan sekitar, atau terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu lingkungan yang panas dapat menyebabkan panas tambah pada smartphone android.

4. Pengisian Baterai Tidak Konsisten
Sebaiknya lakukan pengisian baterai smartphone android anda maksimal dua kali dalam sehari. Meskipun pada Hp android anda memiliki umur baterai yang buruk, sangat tidak disarankan untuk melakukan pengisian baterai android anda setiap saat.

Bila anda terlalu sering melakukan pengisian baterai secara tidak konsisten, ini akan memberikan pengaruh terhadap umur baterai dan dapat merusak bagian sirkuit yand ada dalam smartphone. Dengan melakukan pengisian baterai secara konsisten anda dapat membatu memperpanjang usia baterai pada android anda.

Baca Juga : Android One Terbaru

5. Tidak Menggunakan Charger Original
Dalam buku paduan manual dari Smartphone, para pembuat Smartphone Android pasti selalu mengingatkan untuk menggunakan charger original dan bukan yang imitasi. Pada charger imitasi kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai hp smartphone, karena pada bagian baterai adalah salah satu penyebab hp android cepat panas. Dan kemungkinan penggunaan charger yang tidak original dapat menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

6. Tidak Melakukan Pengecasan Dengan Benar
Dalam recharge hp android sebaiknya menggunakan charger original, dan jangan lakukan pengisian baterai terlalu lama. Sebaiknya pada siang hari lakukan pengisian baterai hingga 70% sampai 80% serta lakukan pengisian baterai secara penuh pada malam hari.

Karena tidak melakukan dengan tidak benar saat pengecasan dapat mempengaruhi usia baterai dan juga menjadi salah satu penyebab hp android cepat panas.

7. Membuka Beragam Aplikasi
Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan, hal ini akan memberikan beban tambahan, dan terkadang dapat menyebabkan kerja pada prosesor menjadi berat. Apabila hp android anda mengalami panas secara berkala, kemungkinan ada aplikasi yang tidak bisa di tangani oleh sistem perangkat android. Sebaiknya anda menutup aplikasi yang tidak sedang anda gunakan, untuk mengurangi beban yang ada pada smartphone android anda.

8.  Menonton Video Live Streaming Di Android
Dengan menonton video live streaming pada android sebenarnya dapat memberikan beban yang berat pada smartphone android. Di tambah dengan koneksi internet yang lambat serta kualitas video yang sedang anda putar, hal ini dapat menyebabkan android menjadi cepat panas dan batarai boros.

Gunakan jaringan wifi pada android untuk mempercepat koneksi internet, hal ini dapat mengurangi beban koneksi internet saat menonton video live streaming. Dan nantinya dengan menggunakan wifi dapat mengurangi penyebab hp android cepat panas dan batarai menjadi lebih awet.

9. Baterai Rusak
Baterai rusak adalah satu penyebab hp android cepat panas. Bila baterai hp android anda mengalami kerusakan sebaiknya segera diganti secepat mungkin, sebelum terjadi hal yang tidak anda inginkan.

10.  Sirkulasi Udara Yang Buruk
Biasanya bila hp android menjadi cepat panas apabila diletakkan di kantong, di tas, dan bahkan di dalam jok motor. Ini bisa terjadi karena kurangnya sirkulasi udara dan pada perangkat android susah mendapatkan sinyal. Apabila anda menemukan hal tersebut, sebaiknya ho android anda keluarkan ke tempat yang memiliki udara yang lebih banyak serta memiliki jangkauan sinyal yang baik sehingga panas pada smartphone android anda berkurang.

Sebenarnya tidak hanya 10 poin tersebut saja yang menjadi penyebab smartphone android cepat panas, ada diantara dari Pemakaian smartphone untuk waktu yang lama, Software yang tidak diupgrade, banyak file sampah dan cache yang tidak penting tidak dihapus di smartphone android anda. Nah demikian sedikit ulasan tentang penyebab smartphone android menjadi cepat panas, semoga bisa mengatasi permasalahan yang sedang anda alami saat ini, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Ingin Punya SIM Internasional Begini Cara Membuat SIM International

International Driving Permit atau SIM Internasional adalah surat izin mengemudi Internasional, bila mempunyai international driving licens...