Home » » Daftar Maskot FIFA World Cup

Daftar Maskot FIFA World Cup

Maskot Piala Dunia mulai digunakan pada tahun 1966, kala itu Negara Inggris yang menjadi Tuan Rumah Piala Dunia, Willie adalah maskot untuk kompetisi yang paling bergengsi di dunia di tahun 1966, dan juga menjadi maskot Piala Dunia pertama. Biasanya desain maskot itu mewakili ciri khas tersendiri dari kostum, flora, fauna, dll, untuk negara yang menjadi tuan rumah. Di bawah daftar maskot Piala Dunia dari masa ke masa, yang digunakan saat pagelaran Piala Dunia. 
1. World Cup England 1966.
WILLIE : SINGA, simbol khas dari Inggris Raya yang mengenakan jersey Union Flag dengan kata - kata WORLD CUP. Yang dirancang oleh ilustrtor buku anak freelance Reg Hoye dan Bill Titcombe membuat komik tentang karakter tersebut. 
2. World Cup Mexico 1970.
JUANITO : Seorang anak laki - laki mengenakan pakaian Meksiko dan sombrero yang bertuliskan MEXICO 70.
3. World Cup West Germany 1974. 
TIP AND TAP : Anak Anak yang memakai perlengkapan Jerman, bertuliskan WM (Weltmeisterschaft, Piala Dunia)  dan nomor 74 adalah tahun penyelenggaraan piala dunia.
4. World Cup Argentina 1978.
GAUCHITO : Seorang anak laki - laki memakai kit Argentina. Topinya bertuliskan ARGENTINA 78, neckerchief dan cambuk khas gauchos. 
5. World Cup Spain 1982. 
NARANJITO : Jeruk yang merupakan buah khas di Spanyol, memakai jersey timnas Spanyol. Naranja dalam bahasa Spanyol untuk oranye, dan ito yang diartikan sufiks kecil. 
6. World Cup Mexico 1986.
PIQUE : Lada jalapeƱo merupakan ciri dari masakan Meksiko, dengan kumis dan memakai sombrero. Namanya berasal dari picante, spanyol untuk paprika pedas dan saus.
7. World Cup Italy 1990. 
CIAO : Pemain tongka, pemain yang berkepala bola dan berbadan tricolore Italia.
8. World Cup United States 1994.
STRIKER : Seekor anjing, yang merupakan hewan peliharaan yang umum AS. Memakai seragam sepakbola berwarna merah, putih, biru dan bertuliskan USA 94.
9. World Cup France 1998. 
FOOTIX : Ayam betina yang merupakan salah satu simbol nasional Prancis, dan bertuliskan FRANCE 98 pada bagian dada. Tubuhnya berwarna biru, seperti jersey timnas Prancis.
10. World Cup South Korea-Japan 2002.
NIK, ATO, KAZ : Masing-masing warna futuristik, maklhuk yang dihasilkan komputer. Dipilih secara kolektif oleh anggota tim Atmoball atau olahraga sepakbola fiktif, Ato adalah pelatih sementara, serta Kaz dan Nik adalah pemain. Nama - nama yang diambil dari tiga individu dan dipilih oleh sebagian pengguna di internet dan di gerai McDonald's di negara tuan rumah. 
11. World Cup Germany 2006.
GOLEO : Singa yang mengenakan jersey Jerman dengan nomor 06, dan sebuah bola yang bisa berbicara bernama Pille. Geleo artinya portmanteo dari kata tujuan dan leo berasal dari kata latin untuk singa, sedangkan Pille adalah istilah untuk sepakbola di negara Jerman. 
12. World Cup South Africa 2010.
ZAKUMI : Macan tutul, binatang yang sering dijumpai di Afrika Selatan, warna hijau dan emas Zakumi mewakili warna timnas Afrika Selatan. Ciri - ciri Zakumi yang berambut hijau dan memakai kaos bertuliskan Afrika Selatan 2010. Zakumi berasal dari ZA, untuk Afrika Selatan, dan KUMI artinya sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. 
13. World Cup Brasil 2014.
FULECO : Seekor Armadillo Tiga Bandir Brasil yang mengenakan kaos putih bertuliskan Brasil 2014. Armadillo tiga bandir hanya bisa ditemukan di Brasil dan diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan.
14. World Cup Rusia 2018.
ZABIVAKA : Serigala dengan nama yang ditranslate dari bahasa Rusia seperti The Goalscorer.

Itulah, maskot piala dunia dari masa ke masa, disetiap pagelaran Piala Dunia yang diadakan empat tahun sekali. Dan setiap maskot pasti memiliki ciri khas tersendiri dari negara yang menjadi tuan rumah turnamen yang paling bergengsi di dunia. 

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan serta tidak menggunakan kata kata terlarang dan tidak sopan. Terima kasih atas perhatiannya

Artikel Baru

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Terbaru

Cara hitung THR - Tunjangan Hari Raya atau disingkat dengan THR merupakan tujangan hari raya yang lazim diberikan sebelum perayaan Hari Ra...