Cara Mudah Mengatasi Virus Malware di Android

Pernah mengalami saat browsing atau di menu tiba - tiba keluar iklan tidak jelas atau iklan pop up ? Kemungkinan Hp android anda terserang virus malware. Bagaimana cara mengatasi virus dan malware di hp android ?  Sebelum menuju pembahasan yang lebih dalam ada baiknya anda mengetahui tanda - tanda Smartphone Kena Virus dan Cara Mencegahnya.
Mengatasi Virus Malware 
Pada saat ini kebanyakan HP atau Smartphone menggunakan operasi Open Source ( OS ), bukan berarti kebal akan serangan oleh virus  malah sebaliknya, smartphone Android adalah salah satu platform yang paling mudah atau rentan terhadap serangan virus Malwere.Baca juga : Ciri-ciri Smartphone Terkena Virus Malware.

Emangnya apa si Malwere itu ? Malware adalah sebuah program yang sengaja diciptakan untuk merusak, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan, atau mengubah data. Tidak hanya itu saja, terkadang malware sering menghabiskan paket data dan daya baterai. Sehingga, virus malware bisa menyebabkan perangkat Android sering bermasalah. Baca juga Penyebab Smartphone Cepat Panas.

Sebenarnya Malwere sering menyerang pada PC atau Laptop saja, tetapi baru baru ini juga menyerang perangkat Android yang menggunakan sistem operasi OS. Jika anda cukup jeli jika hp android anda bisa merasakan kehadirannya. Baca juga Aplikasi Anti Maling.

Berikut ciri - ciri Smartphone atau Hp Android terserang virus malware :

1. Sering mengirim atau menerima pesan sms yang aneh. 
2. Muncul iklan pop - up tidak jelas. 
3. Kuota cepat habis atau penggunaannya lebih boros dari biasanya. 
4. Waktu booting lebih lama. 
5. Baterai smartphone lebih boros. 
6. Smartphone lemot, penggunaan aplikasi sedikit padahal RAM masih lapang.

Di atas adalah ciri - ciri Smartphone atau Hp Android terserang virus malware, biasanya virus tersebut menyerang hp android anda saat anda browsing di internet dan di arahkan ke link yang tidak jelas, bisa juga virus malware disisipkan ke aplikasi, bila tidak segera ditangani virus malware akan menyebar  dan akan membuat hp android anda akan mengalami kerusakan yang tinggi. Oleh karena itu berikut ini cara - cara mengatasi virus malware di Android. Baca juga Melacak HP Hilang
Deretan Aplikasi Anti Virus Terbaik 
1. Memasang Anti Virus 
Jika hp android anda mempunyai RAM dan Memori Internal yang besar bisa anda instal aplikasi gratisan tetapi fiturnya terbatas, atau unlock semua fitur tersebut dengan membeli di Google Playstore. Jangan membeli di sumber lain yang tidak terpercaya, agar smartphone anda akan aman. Berikut ini beberapa Anti Virus terbaik yang ada di Playstore. 

- 360 Security, jangan kamera 360
- AVG Anti Virus 
- Avast Mobile Security 
- Clean Master 
- Security Master
Hapus Aplikasi Mencurigakan
2. Masuk Ke Safe Mode
Cara yang kedua, yang perlu anda lakukan masuk ke safe mode. Cara ini cukup efektif untuk menghapus virus malware di Android anda yang menyebabkan smartphone anda yang menurun performanya. Untuk cara ke Safe Mode Android anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini. 

- Tekan dan tahan tombol power untuk merestart smartphone anda.
- Lalu tekan dan tahan tulisan Power Off pada layar Android anda. 
- kemudian akan muncul pilihan pada layar Reboot to Safe Mode, lalu tekan Ok.

Bila smartphone anda sudah di Root, untuk masuk Safe Mode akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi Quik Reboot. Pada Safe Mode anda bisa menghapus file aplikasi yang dicurigai telah terkena virus malware, biasanya aplikasi tersebut berlambang android berwarna hijau. Dengan begitu, cara ini cukup ampuh untuk menghapus virus malware yang ada di hp android anda.
Fitur Keamanan Smartphone 
3. Gunakan Fitur Keamanan Smartphone 
Smartphone Xiaomi dan Asus biasanya sudah dibekali dengan fitur keamanan namanya bisa Mobile Manager atau Security Manager. Fitur ini cukup efektif untuk memindai dan menghapus virus di hp android atau di smartphone. 
Administrator Perangkat 
4. Hapus Hak Administrator Perangkat 
Jika ada aplikasi yang mencurigakan anda bisa menghapus atau un - instal aplikasi tersebut. Jika anda mengalami kesulitan untuk un - instal aplikasi tersebut karena memiliki hak administrator, anda bisa menghapus hak administrator dengan cara :

- Pertama masuk ke menu setting, kemudian masuk pilih Setelan Tambahan, lalu masuk ke Privasi dan lihat pada bagian Device Administrator.

- Cabut izin administrator pada aplikasi yang tidak bisa di hapus. Setelah izin dihapus anda bisa menghapus aplikasi yang mencurigakan tersebut.

- Yang terakhir, lakukan pengujian apakah langkah - langkah tersebut berhasil atau tidak, caranya dengan Restart smartphone anda. Setelah hp menyala, lihat kembali apakah smartphone anda telah bekerja secara normal kembali. 

Demikian beberapa cara mengatasi virus malware di hp android, semoga informasi dan cara - cara yang kami berikan bisa membantu mengatasi masalah di smartphone kesayangan anda. Kalau perlu share ke sosial media anda agar yang lain tahu cara mengatasi virus malware di Android. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga Cara Ubah Tampilan Android Jadi iPhone

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Virus Malware di Android "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel