Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

Teryata istilah kutukan tak hanya ada di cerita masyarakat umum saja ntah itu sebuah kebetulan atau hanya mitos belaka, akan tetapi kutukan itu memang terjadi pada bidang olahraga tepatnya pada cabang sepakbola. Kutukan itu menimpa pada suatu tim setelah menjuarai ajang turnamen 4 tahun sekali atau liga yang bergulir setiap musim.
Untuk saat ini kutukan pada Olahraga Sepakbola kembali terjadi, yakni Jerman yang telah menjadi juara dunia pada tahun 2014 dan kini pada gelaran Piala Dunia 2018 gagal lolos fase grub. Padahal menurut padit football Jerman bakal diprediksi akan menjadi juara pada gelaran Piala Dunia tahun ini. Baca juga Daftar Maskot FIFA WORLD CUP 

Berikut 14 Daftar Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia Sejak Tahun 1966 :

1. Piala Dunia 1966 
Brasil yang sebelumnya berhasil menjadi juara dunia pada dua perhelatan sebelumnya, pada tahun ini Brasil gagal mempertahankan gelar juara mereka. Dan harus gagal lolos pada fase grup setelah dipermalukan Hungaria dan Portugal. 

2. Piala Dunia 1970
Inggris yang sebelumnya berhasil menjadi juara dunia di tahun 1966  menerima kutukan ini, pada ajang Piala Dunia tahun ini Inggris yang melawan Jerman Barat di babak perempat final. Inggris yang sebelumnya memimpin dengan skor 2-0, harus kalah setelah tim lawan membalikkan kedudukan menjadi 2-3.

3. Piala Dunia 1974
Brasil yang berhasil menjadi juara Piala Dunia 1970, kembali gagal mempertahankan gelar juara. Setelah mereka tersingkir di babak kedua kalah dari Belanda 0-2. Pada tahun ini Jerman Barat yang berhasil menjadi juara. 

4. Piala Dunia 1978
Pada tahun sebelumnya Jerman Barat berhasil menjadi juara, pada tahun ini juara bertahan kembali menerima kutukan. Kala itu Jerman Barat yang melawan Austria harus kalah di babak kedua dengan skor 2-3.

5. Piala Dunia 1982
Kutukan juara bertahan juga menghinggapi Argentina, pada saat itu yang di perkuat oleh legenda Argentina yakni Diego Armando Maradona, Tim Tango tak kuasa melawan takdir, mereka harus pulang lebih cepat pada babak kedua piala dunia. 

6. Piala Dunia 1986
Pada tahun ini Italia memperpanjang daftar negara yang terkena tuah tersebut. Italia harus angkat koper lebih awal setelah dikalahkan oleh Prancis si babak 16 besar. 

7. Piala Dunia 1990
Kutukan juara bertahan hampir saja akan dipatahkan oleh Maradona dan Argentina di tahun ini. Sampai dipartai puncak atau babak final, Argentina harus kalah setelah dipermalukan Jerman dengan skor 0-1.

8. Piala Dunia 1994
Jerman pada tahun ini harus bersusah payah merangkak keluar dari fase grup untuk meraih gelar juara secara beruntun. Namun sayang, tim panser di hentikan Bulgaria 1-2 di perempat final. Dan Brasil menjadi juara dunia untuk keempat kalinya di tahun ini. 

9. Piala Dunia 1998
Di tahun ini Brasil yang tampil secara meyakinkan dari babak penyisihan hingga masuk final, malah tak berdaya di hadapan tuan rumah Prancis, dikalahkan dengan skor telak 0-3.

10. Piala Dunia 2002
Mungkin Prancis merupakan juara bertahan yang mempunyai nasib paling apes, di fase grup Prancis harus angkat koper lebih cepat. Karena di tiga pertandingan babak fase grup Prancis memperoleh hasil yang buruk, 2 kali kalah dan 1 kali seri dan tanpa memasukkan satu biji gol ke gawang lawan. Dan Brasil berhasil meraih gelar mereka yang kelima, sekaligus menjadi negara yang paling banyak meraih gelar juara Piala Dunia. 

11. Piala Dunia 2006
Di tahun ini Prancis menjadi mimpi buruk bagi Brasil, bertemu di babak perempat final, gol tunggal Thieery Henry sukses mengiri Selecao pulang kampung. Prancis pun berhasil melaju hingga final sebelum dihentikan Italia lewat drama adu penalti. Partai final tahun ini juga diwarnai insiden kisruh antara Zinedine Zidan dan Marco Materazzi yang dikenal dengan tandukan Zidan. 

12. Piala Dunia 2010
Pada tahun ini Italia yang mendapatkan gelar juara bertahan harus merasakan pahitnya kutukan juara bertahan. Italia tidak lolos dari fase grup karena ditiga kali pertandingan tidak pernah meraih kemenangan, diantaranya 2 kali bermain imbang dan 1 kali kalah. Pada gelaran Piala Dunia yang di selenggarakan di Afrika Selatan ini Spanyol berhasil menjadi juara. 

13. Piala Dunia 2014
Spanyol yang menjadi favorit juara pun juga harus merasakan pahitnya tersingkir di fase grup dengan status juara bertahan. La Furia Roja hancur 1-5 dari Belanda dan kalah 0-2 dari Chili. Meski di pertandingan terakhir menang 3-0 atas Australia. Piala Dunia 2014 pada partai final yang mempertemukan Jerman dan Argentina, dan Jerman berhasil menjadi juara berkat gol dramatis Mario Gotze di menit menit terakhir. 

14. Piala Dunia 2018
Tim Panser yang saat ini di asuh oleh Jochim Loew juga harus menerima pahitnya kutukan juara bertahan. Pada piala tahun ini Jerman tidak lolos di fase grup karena di 3 pertandingan jerman hanya meraih 1 kali kemenangan dan 1 kali seri dan 1 kali kalah, kekalahan di terima dari tim Asia yakni Korea Selatan. 

Dan itulah bahasan untuk saat ini, Kutukan Juara Bertahan yang belum bisa di patahkan oleh tim yang berlaga di Piala Dunia. 

0 Response to "Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel